Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Cari Tempat Makan Murah di Jakarta dari Perantau

KOMPAS.com - Mencari tempat makan murah di Jakarta bisa cukup menantang, apalagi bagi perantau atau wisatawan dari luar daerah yang belum pernah menjejakkan kaki di Ibu Kota.

Walau harga murah itu relatif, namun para perantau dan wisatawan harus tetap berhati-hati agar tidak salah pilih. Dilansir oleh Kompas.com, Minggu (19/1/2020), tidak sedikit warung kaki lima yang mematok harga selangit.

  • Bawa Rp 60.000-an ke Chillax Sudirman, Bisa Beli Makanan dan Minuman
  • Bawa Uang Rp 20.000-an ke Kota Tua Jakarta, Bisa Jajan Apa Saja?

Namun, di sisi lain berdasarkan laporan Kompas.com, Rabu (2/11/2022), tidak sedikit pula tempat nongkrong hits di Jakarta yang harganya murah meriah. 

Simak tips mencari tempat makan dengan harga terjangkau di Jakarta berdasarkan pengalaman para perantau:

Cara cari tempat makan yang murah di Jakarta

1. Pilih lokasi dekat universitas

Seorang perantau dari Selayar, Sulawesi Selatan, bernama Mustika Rini atau Karin, mengatakan bahwa ia biasanya mencari tempat makan yang dekat dengan universitas agar harganya lebih terjangkau.

"Cari tempat makan atau kos-kosan di dekat kampus (karena) biaya hidup mahasiswa biasanya lebih minim dibanding tempat makan atau tempat tinggal yang kawasannya (dekat) pekerja," tutur Karin kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022). 

  • 8 Tips Liburan Akhir Tahun agar Murah meski High Season 
  • Kapan Waktu Terbaik Pesan Kamar Hotel agar Dapat Harga Murah?  

Karyawan startup di Jakarta ini mencontohkan salah satu area dekat universitas di Jakarta Barat. Tempat makan di tempat tersebut mematok harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan sebuah area komersial di Jakarta Selatan. 

"Biasanya aku mencari seperti itu, patokannya ada universitas yang membuat harga di sekitarnya jadi lebih murah," ujarnya.

Hal yang hampir senada juga diucapkan oleh Aqil, seorang perantau yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, dan tinggal di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Ia menganjurkan para perantau dan wisatawan untuk jeli dalam melihat posisi tempat makan tersebut.

  • 3 Tempat Makan Murah Meriah di Kota Tua Jakarta, Mulai Rp 10.000
  • 9 Hotel Murah Sekitar Bundaran HI, Harga Mulai Rp 140.000-an

"Misalnya restoran atau bahkan (warung) kaki lima kalau di pusat distrik bisnis atau pemerintahan pasti mahal. Tapi kalau dekat daerah permukiman (semakin jauh dari "segitiga emas" apalagi) pasti lebih murah," terangnya.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.com, Minggu (22/1/2017), segitiga emas atau golden triangle merupakan area perkantoran di Sudirman-Thamrin-Kuningan.

Menurut perantau lain bernama Yusuf, harga makanan di Jakarta cukup variatif walau tidak terlalu jauh bila dibandingkan dengan kota-kota lain. 

"Hanya saja di Jakarta banyak sekali variasi makanan yang bisa ditemui, bahkan banyak yang inovatif sehingga tidak bosan untuk mencoba makanan-makanan baru," ujar Yusuf kepada Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Perantau yang lahir di Medan, Sumatera Utara, dan besar di Makassar, Sulawesi Selatan, ini menganjurkan para perantau atau wisatawan untuk rajin mengeksplor tempat-tempat makan yang direkomendasikan oleh orang-orang sekitar atau kenalan yang sudah lama tinggal di Jakarta. 

"Ada baiknya jangan mengejar makanan yang viral di socmed (media sosial), karena bisa mengecewakan dan perlu effort (upaya) lebih buat mendapatkannya," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/06/141500027/3-tips-cari-tempat-makan-murah-di-jakarta-dari-perantau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke