Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Wisata Tahun Baru Yogyakarta yang Hits, Banyak Tempat Instagramable

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja menjadi salah satu destinasi favorit untuk libur tahun baru 2023.

Agar libur tahun baru lebih seru, kunjungi tempat wisata hits di Jogja. Jadi, selain menikmati momentum libur tahun baru, kamu juga bisa menambah koleksi foto-foto yang instagramable.

Berikut wisata tahun baru di Yogyakarta yang hits seperti dirangkum Kompas.com

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mengunjungi Jalan Malioboro. Apalagi, jalan hits di Jogja tersebut memiliki wajah baru usai relokasi pedagang kaki lima (PKL).

Mengutip Kompas.com (6/2/2022), para PKL tidak lagi berjualan di area trotoar Malioboro. Sejak Selasa (1/2/2022), PKL Malioboro mulai menempati lokasi baru yang disiapkan pemerintah daerah yakni Teras Malioboro.

Nah, jika kamu penasaran seperti apa wajah baru Jalan Malioboro maka bisa berkunjung saat libur tahun baru. Jangan lupa untuk berfoto di ikon tulisan Jalan Malioboro.

Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih adalah ikon Kota Jogja. Lokasi hits ini ternyata memiliki makna sejarah berkaitan dengan Sri Sultan Hamangku Buwono I, seperti dikutip dari Kompas.com (21/2/2022).

Tugu memiliki nilai simbolis dan magis karena dianggap menghubungkan laut selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. Fungsi lainnya adalah sebagai patokan arah saat Sri Sultan Hamangku Buwono I melakukan meditasi menghadap puncak Gunung Merapi.

Tugu Jogja mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Saat ini, Tugu dipercantik dengan bola-bola batu yang dipasang melingkar sebagai pagar. Banyak wisatawan menjadi lokasi Tugu Jogja sebagai tempat berburu foto cantik alias hunting foto.

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa mengunjungi wisata bersejarah. Salah satu wisata sejarah yang hits di kalangan wisatawan adalah Taman Sari.

Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta.  Secara administratif, Taman Sari masuk dalam wilayah Rukun Kampung Taman, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Dari Keraton Yogyakarta, wisatawan dapat menuju ke Taman Sari dengan berjalan kaki, naik becak, andong, dan kendaraan lainnya. Spot foto instagramable di Taman Sari adalah antara lain kolam air atau Pasiraman Umbul Winangun, gerbang, dan tangga. 

Lava Tour Merapi adalah jenis wisata adventure yang hits di kalangan wisatawan. Para pengunjung akan diajak lereng Gunung Merapi serta bekas aliran lahar dingin menggunakan mobil jeep.

Dalam perjalanan, wisatawan juga akan diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata. Mengutip Kompas.com (2/6/2021), terdapat tiga paket tour yang dapat dipilih oleh wisatawan. Meliputi, paket short route, paket medium route, dan paket long route.

Adapun tempat wisata yang disinggahi selama rute perjalanan antara lain Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Alien, bekas rumah Mbah Maridjan di Desa Kinah Rejo, dan sebagainya.

Jika ingin berfoto di batuan Stonehenge, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Inggris. Sebab, ada wisata Stonehenge Merapi yang merupakan replika Stonehenge di Inggris.

Stonehenge Merapi merupakan salah satu destinasi hits Jogja di kalangan wisatawan. Lokasinya berada dalam kompleks wisata The Lost World Castle.

Konsep dari tempat wisata ini adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang, seperti dikutip dari Kompas.com (28/2/2022).

The Lost World Castle juga menyediakan berbagai wahana permainan seru yang dapat dicoba oleh anak-anak maupun dewasa. Lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

6. Merapi Park

Merapi Park adalah taman rekreasi yang menghadirkan miniatur landmark paling terkenal di dunia.

Mengutip dari situs resminya, Merapi Park memiliki sejumlah wahana. Meliputi, The World Landmark yang merupakan taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lainnya.  

Adapula wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Museum ini berisi koleksi benda peninggalan Kerajaan Mataram Islam. Selain menampilkan kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam, Museum Ullen Sentalu juga menampilkan kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Ikon Ullen Sentalu Museum yang hits di kalangan wisatawan adalah relief yang ditata miring.

Mengutip Kompas.com (4/5/2022), sejumlah koleksi yang dipamerkan pada museum ini antara lain gamelan, lukisan, arca, batik, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah familiar di kalangan wisatawan. Namanya kembali viral setelah menjadi lokasi foto prewedding putra ketiga Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono

Mengutip laman Visiting Jogja, obyek wisata ini sangat unik, bahkan diklaim hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan lokasi favorit untuk pemotretan. Gundukan pasir yang tak beraturan justru membuat penoramanya semakin menarik.

Selain itu, terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa jadi spot foto. Pengunjung juga bisa mencoba olahraga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Berlibur di Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika belum melihat jajaran Pantai Selatan. Salah satu wisata pantai di Jogja yang hits di kalangan wisatawan adalah HeHa Ocean View.

Obyek wisata ini menawarkan pemandangan laut selatan dari tepi tebing.

Menurut Kompas.com, Kamis (4/2/2021), HeHa Ocean View menyediakan 11 spot foto Instagramable bagi pengunjung dengan pemandangan laut selatan. 

Selain foto di spot Instagramable, wisatawan bisa duduk santai di area taman dan kolam sambil menikmati penampilan live music. Pengunjung juga bisa membeli makanan dari restoran, food stall atau konter makanan, dan angkringan.

Lokasinya berada di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Teras Kaca adalah obyek wisata yang menyajikan panorama laut dari atas tebing Pantai Nguluran. Namun, wisatawan tidak bisa bermain di tepi pantai.

Spot foto hits di Teras Kaca adalah balkon yang lantainya terbuat dari kaca, yang menjadi ikon dari tempat ini. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang laut lepad dari atas balkon.

Spot foto lainnya adalah becak terbang, giant Chair, Giant Terazzz, dan Glass Boat. Lokasinya berada di Pantai Nguluran Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

11. Tebing Breksi 

Tebing Breksi merupakan obyek wisata berupa perbukitan batuan breksi bercorak unik. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang yang berhenti operasi pada 2014 lalu.

Batuan breksi yang ada di kawasan tersebut diketahui sebagai hasil aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang batuan tebing unik.

Lokasinya terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

Wisatawan bisa menyaksikan panorama Jogja dari ketinggian saat berkunjung ke Obelix Hills. Dilansir dari situs resminya, obyek wisata ini mengusung tagline sunset on the rock sebab pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) dari tebing.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (12/5/2021), perbedaan Obelix Hills dengan tempat wisata perbukitan lainnya di Yogyakarta adalah Obelix Hills berdiri di atas perbukitan dengan batu asli.

Selain itu, tersedia 30 spot foto Instagramable bagi pengunjung yang dapat diakses dengan cuma-cuma, berdasarkan informasi dari situs web resminya.

Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Eagle Nest.  Spot foto ini cukup menguji adrenalin pengunung, karena menawarkan sensasi berada di atas jaring tali dari ketinggian.

Obyek wisata satu ini sangat hits di kalangan wisatawan. Pronosutan View merupakan hamparan persawahan ini terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Keunikan dari Pronosutan View adalah hamparan sawah hijau yang dikelilingi dengan panorama perbukitan menoreh.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Sabtu (21/11/2020), para wisatawan yang datang ke Pronosutan View dapat melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berfoto, bersepeda, hingga wisata kuliner.

Ada sejumlah tempat wisata kuliner terkenal di Pronosutan View antara lain, Mahaloka Paradise dan Geblek Menoreh. 

Spot foto favorit adalah jalan beton yang membelah hamparan sawah. Penduduk sekitar juga menyediakan sepeda sewaan bagi pengunjung yang ingin berfoto. 

Sesuai namanya, restoran ini memiliki bangunan berbentuk heksagonal seperti tumpeng, dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/2/2022).

Tempat wisata kuliner yang baru dibuka pada Mei 2021 ini dibangun oleh musisi Erix Soekamti, bersama pemuda setempat yang dinamakan komunitas Gelangprojo. 

Tumpeng Menoreh menawarkan pemandangan pemandangan Bukit Menoreh dan tiga gunung di Jawa, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati panorama kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Suwatu By Mil & Bay merupakan restoran dan villa dengan konsep Bali. Mengutip Kompas.com Jumat (27/11/2020), daya tarik Suwatu By Mil & Bay adalah pemandangan Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh. 

Restoran ini menyajikan aneka kuliner lokal. Vila di Suwatu By Mil & Bay mempunyai kolam renang, tiga kamar tidur, tiga kamar mandi, area parkir, dapur, ruang makan, WiFi, AC, dan pemanas air.

Kapasitas vila mampu menampung hingga enam orang. Lokasi Suwatu By Mil & Bay berada di Sumberwatu, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

16. Pantai Parangtritis 

Berkunjung ke Jogja tidak lengkap rasanya tanpa menjelajahi pantai. Salah satu pantai hits di Jogja adalah Pantai Parangtritis.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (12/01/2022), obyek wisata ini dikelilingi tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk.

Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman di sepanjang pinggiran pantai. Waktu yang tepat berkunjung ke Pantai Parangtritis adalah sore hari, sehingga kamu bisa menyaksikan panorama sunset di pantai ini.

Lokasinya berada di Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul.

17. Pantai Indrayanti

Kabupaten Gunungkidul merupakan surganya pantai-pantai di Yogyakarta. Salah satu pantai di Gunungkidul yang populer adalah Pantai Indrayanti. 

Berdasarkan laman resmi Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Indrayanti terkenal akan pasir putihnya yang membentang di sepanjang garis pantai. 

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap, mulai dari restoran, penginapan atau homestay, musala, lahan parkir, hingga toko suvenir. Jadi, pantai ini cocok sebagai tempat libur tahun baru bersama keluarga. 

Pantai Nglambor populer di kalangan wisatawan sebagai spot snorkeling. Pantai ini memiliki ciri khas, yakni dua batu karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa di bagian depan.

Kura-kura raksasa yang bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul tersebut berfungsi untuk memecah ombak, sehingga air laut di Pantai Nglambor menjadi lebih tenang, dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi, pengunjung tidak perlu takut untuk melakukan snorkeling di Pantai Nglambor. Alam bawah laut Pantai Nglambor menyimpan beragam biota laut, ikan hias, dan terumbu karang.

Studio Alam Gamplong merupakan lokasi syuting film milik sutradara Hanung Bramantyo yang dijadikan obyek wisata. Berdasarkan informasi dari Kompas.com  (29/12/2019), pengunjung dapat melihat beragam bangunan yang digunakan sebagai latar belakang film.

Sejumlah film yang mengambil gambar di lokasi ini adalah Sultan Agung: The Untold Love Story dan Bumi Manusia. Obyek wisata ini mulai terkenal seiring penayangan film-film tersebut di layar lebar.

Pengunjung bisa melihat kereta kuno, kolam ikan, dan berbagai properti syuting film lainnya. Studio Alam Gamplong berlokasi di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman.

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu tempat wisata favorit wisatawan. Obyek wisata ini kerap disebut negeri di atas awan karena wisatawan bisa menyaksikan kabut tampak melayang di atas Sungai Oyo.

Untuk bisa menyaksikan keindahan negeri di atas awan itu, pengunjung hendaknya datang pagi hari. Kabut bahkan berkelok mengikuti aliran sungai.

Wisata Kebun Buah Mangunan berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/06/220442027/20-wisata-tahun-baru-yogyakarta-yang-hits-banyak-tempat-instagramable

Terkini Lainnya

Panduan Lengkap ke Desa Wisata Koto Kaciak, Simak Sebelum Datang

Panduan Lengkap ke Desa Wisata Koto Kaciak, Simak Sebelum Datang

Travel Tips
Traveloka Resmikan Wahana Baru di Kidzania Jakarta, Ada Diskon 25 Persen

Traveloka Resmikan Wahana Baru di Kidzania Jakarta, Ada Diskon 25 Persen

Travel Update
Barcelona Hapus Rute Bus dari Google Maps, Ini Alasannya

Barcelona Hapus Rute Bus dari Google Maps, Ini Alasannya

Travel Update
4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

Travel Tips
Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Jalan Jalan
4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

Travel Tips
Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Travel Update
Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Jalan Jalan
Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Jalan Jalan
 7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

Jalan Jalan
5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

Travel Tips
Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Travel Update
Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Travel Update
Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke