Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

30 Tempat Wisata Akhir Tahun di Lembang yang Ramah Anak

KOMPAS.com - Momentum libur akhir tahun 2022 menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Para orang tua bisa mengajak anak-anak mengunjungi sejumlah obyek wisata karena berbarengan dengan libur sekolah.

Jika berencana berlibur ke Lembang, ada sejumlah tempat wisata akhir tahun yang ramah anak.

Lembang memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata akhir tahun di Lembang ramah anak

Kompas.com telah merangkum tempat wisata akhir tahun di Lembang yang ramah anak, sebagai berikut

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu ikon wisata Lembang yang sudah familiar di kalangan wisatawan. Farmhouse Lembang memiliki aneka wahan dan atraksi yang ramah anak.

Mengutip Kompas.com, Senin (24/09/2018), Farmhouse Lembang menawarkan wisata edukasi dan bermain bersama satwa. Bagi yang suka berfoto, ada sejumlah spot Instagramable antara lain bangunan-bangunan bergaya Eropa dan rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings.

Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Ikon wisata Lembang lainnya adalah Floating Market. Para orang tua bisa mengajak anak-anak merasakan sensasi menyantap kuliner di atas perahu.

Selain itu, ada beragam fasilitas dan wahana yang dapat menghibur keluarga.

Floating Market ini menyediakan wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api.

Lokasinya berada Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang, Bandung Barat.

Fairy Garden by The Lodge adalah wisata yang mengusung konsep negeri dongeng, sehingga sangat cocok untuk anak-anak.

Ketika masuk area Fairy Garden by The Lodge, para pengunjung akan disuguhi suasana bak negeri para peri, mulai dari kostum petugas, bangunan kastel, properti, dan taman. 

Mengutip laman Fairy Garden by The Lodge, ada empat kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di obyek wisata ini.  Meliputi, seni dan kriya, belajar dan menghias tanaman, membaca buku dan mendengarkan dongeng, serta belajar memberi makan pada hewan. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya km 3, RW 9, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Bermain di kebun binatang tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Jika berada di Lembang, maka cobalah kunjungi Lembang Park & Zoo.

Kebun binatang seluas 20 hektar ini, memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain. Terdapat sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo mempunyai banyak spot foto instagramable. Pengunjung sebaiknya jangan melewatkan untuk berfoto di Bird Aviary atau sangkar burung raksasa dan Restoran Mari Makan.

Setelah lelah berkeliling, para pengunjung bisa duduk santai menikmati kuliner di Neko Cat Cafe dan Quagga Green Cafe. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat. 

De’Ranch Lembang mengusung konsep perkampungan koboi yang lengkap dengan segala pernak-perniknya.

Mengutip laman resminya, De’Ranch Lembang mulanya adalah tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah. Tempat seluas 5 hektar ini akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Jika kamu mengajak si kecil, maka mereka bisa menunggangi kuda lengkap dengan kostum dan topi khas koboi. De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lain, seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat.

The Great Asia Afrika merupakan obyek wisata yang mengedukasi anak-anak tentang tujuh negara di Asia dan Afrika. Mengutip Kompas.com, Minggu (19/07/2020), terdapat miniatur destinasi wisata terkenal dari tujuh negara di The Great Asia Afrika.

Ikon negara-negara yang ditampilkan antara lain Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.

Serunya lagi, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara tersebut. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Obyek wisata dengan konsep keliling dunia adalah Sarae Hills. Obyek wisata ini menawarkan pengalaman keliling dunia di area World of Wonders (WOW).

Mengutip Kompas.com (1/3/2022), area  World of Wonders tersebut memiliki berbagai bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia.

Sebut saja, Arc de Triomphe, Menara Eiffel, Patung Liberty, Sphinx, Pyramid Giza, dan Amphitheatrum Flavium.

Selain mengenalkan bangunan ikonik itu kepada anak-anak, tentunya wisatawan bisa menjadikannya latar belakang foto Instagramable. 

Jika ingin beristirahat, kamu bisa mampir sejenak ke kafe yang berkonsep ala Santorini dengan ciri khas bangunan berwarna putih dan biru. Lokasinya berada di Jalan  Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

Apa kamu ingin merasakan sensasi menyantap makanan dengan suasana Eropa klasik? Tak perlu jauh-jauh ke Benua Biru, kamu bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Dago Bakery Punclut.

Mengutip laman Dago Bakery, restoran ini didesain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik bak negeri dongeng. Bangunan kastel didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan. 

Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut.

Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung, dua lampu menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura, dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya.

Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Serupa dengan Dago Bakery, tempat kuliner ini mengusung tema abad pertengahan dengan menghadirkan bangunan berbentuk kastel.

Mengutip Kompas.com (9/9/2020), nuansa khas Eropa tidak hanya terlihat dari bangunan kastil megah, tetapi juga dari dekorasi di sekitarnya.

Mercusuar Cafe & Resto terdiri dari enam lantai, sehingga pengunjung di area kastel rooftop bisa melihat panorama Bandung dari ketinggian. Selain itu, ada bangunan mercusuar yang bisa dikunjungi wisatawan.

Lokasinya di Jalan Lembah Pakar Timur 2 Nomor  7, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Orchid Forest bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi orang tua yang ingin mengenalkan anak-anak lebih dekat dengan alam.

Mengutip Kompas.com (20/1/2022), pengunjung akan disuguhi dengan panorama hutan pinus yang berjajar rapi. Sembari menikmati udara hutan yang segar, wisatawan bisa mencoba sejumlah aktivitas bersama buah hati.

Misalnya, mini golf, bermain bersama kelinci, dan menunggang kuda. Lokasinya berada di Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat.

Serupa dengan Orchid Forest, Jungle Milk Lembang juga menawarkan pemandangan hutan pinus. Jadi, orang tua bisa mendekatkan anak-anak dengan alam.

Mengutip Kompas.com (13/1/2022), Jungle Milk Lembang menyediakan fasilitas camping dan piknik di tengah hutan pinus. Obyek wisata yang berada di ketinggian 1.600 mdpl ini memiliki hawa sejuk khas hutan pinus.

Uniknya, piknik di Jungle Milk Lembang akan ditemani kuda dan sapi terlatih yang dilepaskan di alam bebas. Lokasinya berada di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat.

Obyek wisata lainnya untuk mendekatkan anak-anak dengan alam adalah The Lodge Maribaya. Obyek wisata alam ini dilengkapi dengan fasilitas glamorous camping atau glamping. 

Mengutip Kompas.com (27/9/2021), ada sejumlah wahana di The Lodge Maribaya yang menarik untuk dicoba wisatawan. Ada ayunan tinggi di wahana Valley Swing, Mountain Swing, dan Extreme Swing.

Adapula wahana yang menantang adrenalin, yaitu Zip Bike dan Gantole.  Wisatawan juga bisa menaiki balon udara atau mencoba berjalan di atas jembatan kaca yang tinggi, maupun berfoto di  Sky Tree dan Bamboo Sky. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat

Obyek wisata hutan pinus di Lembang lainnya adalah Grafika Cikole. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru, seperti camping,  kuliner, dan outbound. 

Dengan suasana yang tenang dan sejuk, Grafika Cikole menjadi destinasi yang cocok untuk bersantai bersama anak-anak.

Lokasinya berada di Jalan Tangkuban Perahu km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata Lembang yang satu ini adalah area perkemahan eksklusif yang dikeliling dengan hutan pinus.

Fasilitas di area perkemahan ini terbilang cukup lengkap. Selain kamar mandi umum dan mushala, ada pula jalur trekking, area api unggun, gazebo, dan aula terbuka.

Pengunjung juga bisa menikmati sejumlah permainan outbound, seperti flying fox, high rope, dan low rope. Lokasinya berada di Suntenjaya, Lembang, Bandung Barat.

Jendela Alam adalah kawasan eduwisata yang cocok untuk anak-anak. Ada beragam kegiatan edukatif bagi anak di Jendela Alam, seperti memberi makan ternak, menunggang kuda poni, membuat makanan olahan dari hewan ternak, serta melakukan aktivitas berkebun.

Anak-anak juga bisa belajar berbagai karya seni, seperti mengkreasikan tanah liat, prakarya dari daun kering, dan aktivitas menarik lainnya.

Lokasinya di Jalan Sersan Bajuri KM4,5, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat.

Gunung Tangkuban Parahu atau lebih dikenal sebagai Tangkuban Perahu merupakan ikon wisata Bandung.

Mengutip Kompas.com (27/7/2019), gunung dengan tinggi 2084 mdpl ini tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif.  Tangkuban Perahu sangat dekat dengan legenda Sunda, yaitu Sangkuriang.

Salah satu pesona gunung ini adalah memiliki sembilan kawah. Meliputi, Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. 

Tiga kawah terbesar dengan diameter sekitar 500 meter menjadi tujuan utama wisata, yakni Kawah Ratu, Domas, dan Upas. Lokasinya berada di Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.

17. Bukit Strawberry

Belum lengkap rasanya jika berwisata ke Lembang tanpa mampir ke kebun stawberry. Salah satu obyek wisata kebun strawberry di Lembang adalah  Bukit Strawberry.

Anak-anak bisa memetik sendiri buah strawberry langsung dari pohonnya, kemudian dibawa pulang. Adap beberapa spot swafoto seperti balon udara, stroberi berukuran bersar, atau maskot Bukit Strawberry.

Lokasinya ada di Jalan Tangkuban Parahu nomor 109, Lembang, Bandung Barat.

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman bermain yang seru kepada anak-anak. Mengutip Kompas.com (11/8/2020), ada banyak wahana yang dapat dinikmati para pengunjung.

Misalnya, Snow Village yang didesain sedemikian rupa sehingga wisatawan bisa merasakan sensasi berada di Kutub Utara. Selain itu, ada wahana unik seperti Sweet Field, Magic Forest, dan Taman Ice Cream. 

Tak hanya ramah anak-anak, wahana di Lembang Wonderland bisa menjadi latar belakang foto Instagramable. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang nomor 177, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat.

Obyek wisata seluas 13 hektar ini memiliki beragam fasilitas dan wahana menarik untuk anak-anak

Salah satu aktivitas populer di Dago Dreampark adalah wisata swafoto, termasuk berfoto di Up House atau dekorasi mirip rumah di film kartun UP.

Aktivitas lain yang juga bisa dijajal seperti bermain paint ball, naik ATV, sky gliding alias flying fox, dan lainnya. Lokasinya di Jalan Dago Giri KM2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

Nama Taman Lembah Dewata berarti tempat bersemayam para dewa dan dewi, yakni tanah Parahyangan. Sebab, obyek wisata ini memiliki pemandangan alam yang mengagumkan.

Pengunjung bisa menyaksikan hamparan perbukitan dan danau. Sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak-anak adalah sepeda air, perahu dayung, berkuda, bersepeda, dan lainnya.

Lokasinya ada di Jalan Raya Tangkuban Parahu nomor KM3,7, Cibogo, Lembang, Bandung Barat.

Ikon obyek wisata ini adalah bangunan dome alias kubah berbentuk pentagon yang berisi perpustakaan mini. Bangunan dome tersebut begitu unik sehingga kerap dijadikan latar berfoto bagi pengunjung.

Pagerwangi Dome bisa menjadi pilihan wisata Lembang untuk berkemah atau piknik santai bersama anak-anak.

Pada malam hari, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota atau langit malam bertabur bintang. Alamatnya di Jalan Sukanagara, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

Kebun Bunga Begonia menyajikan kolekasi aneka tanaman hias. Bunga begonia menjadi ikon utama obyek wisata ini.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/10/2020), selain menikmati aneka bunga hias wisatawan bisa menjajal beragam aktivitas, antara lain flying fox, berkuda, memetik sayur, dan bermain paint ball.

Kebun Bunga Begonia juga memiliki fasilitas kebun sayur, restoran dan kafe, toko suvenir, area parkir, mushala, toilet, dan lainnya.

Obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 120 A, Langensari, Lembang, Bandung Barat.

Jika ingin mengenalkan anak-anak dengan Negeri Kincir Angin, maka cobalah kunjungi Rumah Belanda.

Mengutip Kompas.com (15/11/2020), Rumah Belanda merupakan taman bunga, restoran, sekaligus tempat rekreasi yang mengusung konsep Negeri Kincir Angin. 

Ada beragam pernak-pernik khas Belanda seperti kincir angin, rumah klompen, dan patung sepatu klompen. Lokasinya di Jalan Raya Maribaya Sukamaju RT 03, RW 04, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Obyek wisata ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dan anak-anak. Para pengunjung bisa menikmati panorama pepohonan dan perbukitan hijau yang masih asri.

Lereng Anteng juga menyediakan spot foto Instagramable. Lokasinya berada di Kampung Pageurmaneuh, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

D'Dieuland memiliki konsep hampir serupa dengan Lereng Anteng yakni panorama Kota Bandung dari ketinggian serta hamparan perbukitan.

Mengutip Kompas.com (23/4/2022), ada spot foto Instagramable seperti jembatan hias lampung gantung yang berbentuk unik. Ada pula fasilitas outbond untuk anak-anak, seperti flying fox. 

Lokasinya berada di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmanah, Lembang, Bandung Barat.

Hutan Menyala merupakan obyek wisata yang bisa dinikmati pada malam hari. Obyek wisata ini adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda yang bertransformasi menjadi area petualangan fantasi pada malam hari.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (20/12/2021), Tahura Djuanda merupakan sebuah hutan konservasi dan kebun raya di Bandung yang membentang dari wilayah Dago Pakar hingga Maribaya di Lembang.

Untuk menghasilkan pengalaman unik, obyek wisata ini dilengkapi dengan teknologi audio visual menggunakan hiasan lampu LED dan video mapping sehingga menciptakan efek penuh warna.  

Jadi, wisatawan bisa menjelajahi area hutan, sembari mendengar alunan musik. Lokasinya berada di Jalan Maribaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

Siapa bilang liburan akhir tahun pasti mahal? Kamu bisa mengajak anak-anak untuk menikmati liburan murah meriah di Alun-alun Lembang.

Selain bersantai, pengunjung bisa menikmati aneka kuliner di sekitar alun-alun. Bagi anak-anak, terdapat area playground.

Lokasi taman hiburan rakyat ini berada di Jalan Raya Lembang, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat.

28. Situ Lembang

Situ Lembang adalah salah satu obyek wisata danau buatan tertua di Bandung yang dibangun sejak 1914. Berada di ketinggian 1.567 mdpl, obyek wisata ini berhawa sejuk.

Situ Lembang memiliki panorama indah karena dikeliling gunung, antara lain Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Sunda, dan Gunung Burangrang.

Lokasi ini cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga. Lokasinya ada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang, Bandung Barat.

Dusun Bambu merupakan wisata kuliner yang menyatu dengan alam. Wisatawan bisa merasakan sensasi makan di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan. 

Selain menyantap kuliner, wisatawan bisa berkeliling danau dengan perahu, berkemah, serta glamping. Dusun Bambu juga menyediakan penginapan bergaya khas Sunda yakni bangunan terbuat dari bambu.

Lokasinya ada di Jalan Kolonel Masturi No.KM11, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Serupa dengan Dusun Bambu, Curug Maribaya atau Curug Cikawari merupakan restoran dengan konsep alam terbuka.

Daya tarik obyek wisata ini adalah pengunjung bisa menikmati panorama curug dari restoran. Curug alias air terjun tersebut memiliki ukuran yang tak terlalu tinggi. 

Obyek wisata ini cocok untuk bersantai bersama keluarga dan anak-anak. Lokasinya  berada di kawasan Maribaya Natural Hot Spring and Resort tepatnya di Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Bandung Barat.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/08/180500027/30-tempat-wisata-akhir-tahun-di-lembang-yang-ramah-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke