Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop: 22 Tempat Wisata Viral Sepanjang 2022

KOMPAS.com - Sepanjang 2022, ada sejumlah tempat wisata yang viral di kalangan masyarakat. Sebagian viral karena merupakan obyek wisata baru, sementara lainnya usai renovasi dan menjadi lokasi event. 

Tempat wisata viral 2022 tersebut tersebar berbagai kota di Indonesia. Jadi, obyek wisata tersebut bisa menjadi alternatif ketika wisatawan hendak berlibur.

Tempat wisata viral sepanjang 2022

Kompas.com merangkum sejumlah wisata viral 2022 sebagai berikut:

Florawisata D'Castello merupakan taman bunga yang dilengkapi dengan berbagai spot foto instagramable. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu, Subang sehingga udaranya sejuk.

Mengutip Kompas.com (8/5/2022), keunikan dari Florawisata D'Castello adalah keberadaan bangunan kastel berwarna-warni di tengah taman bunga. Memadukan arsitektur Turki dan Belanda, kastel berdiri megah di kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Selain kastel, Florawisata D'Castello memiliki beberapa spot foto Instagramable lainnya, seperti patung Micky Mouse ukuran besar, terasering yang ditumbuhi bunga berwarna-warni, dan bangunan berbentuk sangkar.

Lokasinya berada di Jalan Palasari Dua - Babakan Gn. Nomor 16, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Obyek wisata ini buka pada pukul 08.00 - 17.00 WIB pada weekday dan 08.00 - 18.00 WIB pada weekend. Harga tiket masuknya sebesar Rp 30.000 per orang pada weekday dan Rp 40.000 saat weekend.

Obyek wisata Rengganis Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis viral di kalangan wisatawan pada pertengahan tahun lalu.

Mengutip Kompas.com (23/5/2022), obyek wisata ini baru soft launching pada 3 Mei 2022 lalu.

Rengganis Suspension Bridge diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan gantung ini membentang sepanjang 370 meter, dengan ketinggian 75 meter.

Panjang Rengganis Suspension Bridge melebihi jembatan gantung Situ Gunung Suspension Bridge, Sukabumi yang saat ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. 

Jembatan gantung tersebut menghubungkan wisatawan dari pintu masuk Kawah Rengganis ke lokasi kawah. Lokasinya berada di Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Obyek wisata viral selanjutnya adalah Dusun Semilir yang berada di Semarang, Jawa Tengah.

Mengutip Kompas.com (1/5/2022), ikon wisata Dusun Semilir adalah bangunan yang bentuknya menyerupai candi yang terinspirasi dari Candi Borobudur.

Daya tarik lainnya  yang banyak diburu pengunjung adalah perosotan warna-warni berukuran raksasa. Perosotan raksasa itu memiliki tinggi 40 meter dan panjang lintasan 120 meter.

Dusun Semilir juga punya wahana permainan lain, mulai dari kereta, boom-boom car, trem, playground, panahan, naik ATV, sepeda listrik, atau masuk ke wisata omah suwung

Ada wahana baru di Dusun Semilir yaitu Dusun Salju. Seperti namanya, wahana yang dibuka sejak Juli 2022 itu menawarkan sensasi bermain salju untuk semua usia dan kalangan.

Lokasi Dusun Semilir mudah dijangkau karena berada di jalan utama Semarang-Bawen. Tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang. 

Jembatan gantung Girpasang merupakan obyek wisata baru yang berada di Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Mengutip Kompas.com (15/9/2022), wisatawan bisa naik jembatan dan gondola yang menghubungkan Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang.

Selain menikmati panorama alam dari ketinggian, wisatawan yang menjajal kedua wahana tersebut bisa melihat pemandangan siluet Gunung Merapi dan merasakan sensasi diselimuti kabut.

Jembatan gantung Girpasang memiliki panjang 120 meter serta membentang di ketinggian 150 meter. Harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut mulai dari Rp 2.000 per orang.  Bila ingin naik gondola, pengunjung harus membayar mulai dari Rp 60.000 per empat orang.

Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta viral di media sosial akhir-akhir ini. Masjid tersebut baru diresmikan pada Senin (14/11/2022) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Mengutip Kompas.com (14/11/2022), arsitektur masjid megah itu menyerupai Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA.

Usai peresmian, Masjid Raya Sheikh Zayed langsung ramai dikunjungi masyarakat yang penasaran akan kemegahan masjid berwarna putih tersebut.

Selain megah, banyak area masjid yang dimanfaatkan untuk latar belakang foto seperti lorong dan area taman.

Sebagai info, Masjid Raya Sheikh Zayed tepatnya berlokasi di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Pura Mangkunegaran menjadi viral karena merupakan lokasi resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu (11/12/2022) kemarin.

Pura Mangkunergaran merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya di Solo. Istana ini merupakan kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran. 

Pengunjung dapat menikmati kemegahan dan keindahan istana Mangkunegaran serta mengunjungi museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah.

Sejumlah aktivitas wisata di Pura Mangkunegaran meliputi berlatih tari tradisional, mengunjungi museum, melihat gamelan, mengunjungi perpustakaan, menikmati arsitektur Pura Mangkunegaran, dan royal dinner.

Taman Ismail Marzuki (TIM) menjadi buah bibir usai revitalisasi selama kurang lebih tiga tahun. TIM akhirnya buka kembali untuk umum mulai 3 Juni 2022 lalu secara bertahap.

Wajah baru TIM yang unik dan instagramable menjadi incaran wisatawan di DKI Jakarta. Mengutip Kompas.com (24/6/2022), bangunan di TIM yang memiliki tema masing-masing.

Meliputi, galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat. 

Salah satu ikon wisata ibu kota ini juga baru selesai revitalisasi. Wajah baru TMII pasca revitalisasi pun menjadi viral karena banyak wisatawan yang penasaran.

Mengutip Kompas.com (21/11/2022), TMII ditata dengan lebih apik serta lebih ramah lingkungan dan pejalan kaki.

Perubahan TMII antara lain adalah penataan Danau Archipelago yang menjadi tempat miniatur Indonesia dari gundukan tanah.

Salah satu spot ikonik di TMII itu menjadi sangat instagramable karena ditata dengan apik dan rapi, serta dilengkapi tanaman dan jalur pedestrian.

Secara umum kondisi anjungan provinsi juga terlihat cantik dan segar dengan polesan seperti cat baru atau perbaikan lainnya.

Setelah dua tahun ditutup, tugu Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka secara penuh untuk umum pada Jumat (01/07/2022). Jadi, warga bisa melihat tampilan baru ikon wisata ibu kota ini.

Monas terdiri dari tiga bagian, yakni Pelataran Bawah atau Pelataran Cawan, Pelataran Puncak, dan Lidah Api. Pengunjung bisa menyaksikan banyak benda bersejarah di Monas termasuk diorama berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas, wajib melakukan pendaftaran secara online lebih dahulu.  Pendaftaran online bisa dilakukan pada H-1 atau hari H untuk mengurangi antrian melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @monumen.nasional.

Serupa, pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat ini juga baru selesai direnovasi. Usai bersolek, Sarinah menjadi tempat wisata viral karena memiliki banyak spot instragramable.

Sebut saja, amphitheater, skydeck, museum, dan galeri foto. Pengunjung juga bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno yang dulunya di belakang gerai makanan cepat saji.

Pengunjung Sarinah juga bisa berbelanja aneka produk UMKM lokal.

Tak jauh dari Sarinah, ada tempat wisata viral selanjutnya yakni Halte Transjakarta Bundaran  Hotel Indonesia (HI).

Kini, kawasan ikonik tersebut semakin cantik usai renovasi Halte Transjakarta.

Mengutip Kompas.com (18/10/2022), halte yang berada di Jalan MH Thamrin tersebut kini memiliki sejumlah spot foto menarik.

Bangunan halte terdiri dari dua lantai. Pada lantai dua, terdapat anjungan atau sky deck. Sementara lantai pertama tetap berfungsi sebagai ruang penumpang Transjakarta.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Monumen Selamat Datang yang berada di tengah Bundaran HI.

Tak mau ketinggalan, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat juga baru selesai direvitalisasi. Wajah baru Kota Tua ini lantas viral di kalangan wisatawan.

Mengutip Kompas.com (27/8/2022), usai revitalisasi masyarakat bisa menikmati area pejalan kaki yang lebih luas dan transportasi publik lebih terintegrasi.

Beberapa ruas jalan diubah menjadi bebas motor sehingga ramah bagi pejalan kaki. Sepanjang jalan  juga terlihat beberapa tempat duduk untuk warga beristirahat.

Salah satu taman publik di Jakarta Selatan ini baru selesai direvitalisasi. Usai bersolek, Tebet Eco Park menjadi viral di media sosial sehingga pengunjung pun membludak.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), taman seluas 7 hektar ini memiliki beragam wahana baru antara lain Infinity Link Bridge, Tebet Eco Park Plaza, taman tematik, area UMKM, Wetland Boardwalk, taman bermain anak, dan sebagainya.

Tebet Eco Park juga memiliki banyak spot foto instagramble sehingga pengunjung bisa mengabadikan momentum liburan. 

Terowongan Jalan Kendal atau lebih terkenal dengan nama Terowongan Kendal merupakan sebuah terowongan yang menghubungkan Stasiun KRL Sudirman dengan Stasiun BNI City.

Terowongan Kendal sempat viral karena menjadi lokasi fenomena Citayam Fashion Week. Banyak anak muda yang nongkrong di terowongan yang berada di kawasan Jalan Sudirman tersebut.

Mengutip Kompas.com (26/01/2022), terowongan Kendal merupakan tempat foto Instagramable karena dindingnya dihiasi mural warna-warni. Menariknya, mural tersebut dilukis langsung dari seniman asal Jerman, yaitu Snyder dan Darbotz pada 2019 lalu. 

Chillax merupakan tempat nongkrong kekinian di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan yang baru dibuka pada awal November 2022 ini.

Mengutip Kompas.com (19/11/2022), Chillax, singkatan dari chill and relax. 

Area ini merupakan suatu kawasan komersil baru dengan konsep food & beverages (F&B) bertema alfresco dining alias restoran dengan ruang terbuka.

Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 23, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pengunjung bisa merasakan atmosfer Eropa saat berkunjung ke Chillax. Sembari menikmati kuliner, wisatawan bisa berfoto di spot instagramable.

Kawasan Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) merupakan salah satu destinasi wisata populer di ibu kota. Ikon dari kawasan PIK 2 ini adalah pantai pasir putih.

Mengutip Kompas.com (23/7/2022), banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai pasir putih PIK 2 untuk menikmati hari libur.

Selain pantai pasir putih, kawasan PIK 2 memiliki beragam destinasi lain mulai dari wisata kuliner, hutan mangrove, kafe instagramable, dan wisata belanja.

Sejumlah destinasi populer di kawasan PIK 2 antara lain, pantai pasir putih, Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk atau Hutan Mangrove PIK, Cove at Batavia, dan Pantjoran PIK. 

Usai diresmikan pada Kamis (10/3/2022) lalu, jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman viral di media sosial sehingga ramai dikunjungi warga. 

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut. 

Mengutip Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS). JPO Phinisi mengusung konsep modern, dilengkapi dengan anjungan yang menyerupai kapal pinisi.

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan salah satu ikon wisata Bali. Karya seni yang megah tersebut sempat viral usai menjadi lokasi gala dinner KTT G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. 

Permainan cahaya lampu saat gala dinner, membuat GWK tampak eksotis sekaligus menawan.

Mengutip Kompas.com (26/3/2022), patung megah tersebut merupakan karya seniman Nyoman Nuarta. Patung GWK memiliki tinggi 121 meter, dengan lebar 46 meter. 

Dengan tinggi itu, GWK menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. Lokasinya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Pantai Kuta Mandalika sempat viral karena lokasinya berdekatan dengan Sirkuit Mandalika yang menjadi lokasi perhelatan MotoGP 2022 pada Maret lalu.

Jarak Pantai Kuta Mandalika ke Sirkuit Mandalika tak terlalu jauh, yaitu sekitar 7 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Pantai di  Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini terkenal akan pasir putihnya.

Selain itu, Pantai Kuta juga menjadi lokasi upacara besar di Lombok, yakni Upacara Sasak. Garis pantainya cukup panjang mencapai lebih dari 7 km.

Selain Pantai Kuta Mandalika, obyek wisata lain di Lombok yang viral adalah Bukit Seger. Bukit tersebut menjadi pusat perhatian karena menjadi spot foto pebalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez. 

Pada waktu itu, Marquez datang ke Lombok bersama beberapa pebalap lainnya saat mengikuti tes pramusim MotoGP di Pertamina Mandalika Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022). 

Mengutip Kompas.com (17/3/2022), wisatawan bisa menikmati panorama sunset  dari ketinggian di Bukit Seger

Selain itu, ada sejumlah spot foto yang banyak diincar oleh wisatawan karena menawarkan latar pemandangan alam.  Salah satunya adalah tempat Marquez berfoto dengan latar perbukitan dan pantai. 

Kemudian, di puncak tertinggi Bukit Seger, wisatawan bisa berfoto dengan latar Tikungan 10 Sirkuit Mandalika. 

Taman Nasional Komodo atau TN Komodo viral di media sosial akibat rencana pengenaan tarif konservasi sebesar Rp 3,75 juta.

Mengutip Kompas.com (31/10/2022), rencananya tarif baru tersebut diberlakukan pada Agustus 2022 lalu. Rencana ini sempat menuai polemik, termasuk reaksi protes dari pelaku wisata setempat.

Untuk itu, rencana kenaikan tarif masuk tersebut dinyatakan ditunda hingga 1 Januari 2023. Terbaru, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan, tarif konservasi tersebut batal.

TN Komodo merupakan salah satu obyek wisata unggulan Indonesia yang tersohor di mancanegara. Wisatawan bisa melihat hewan langka yang dilindungi, yakni komodo saat berkunjung ke TN Komodo.

Mengutip laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, TN Komodo memiliki tiga pulau besar, meliputi Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Selain ketiga pulau utama tersebut, taman nasional ini juga memiliki banyak pulau-pulau kecil lainnya, antara lain Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode.

Nama Kepulauan Widi menjadi pusat perhatian beberapa waktu terakhir karena akan dilelang melalui situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS. 

Tak banyak yang tahu, gugusan pulau di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara ini menyimpan banyak pesona wisata.

Mengutip Kompas.com (24/11/2022), Kepulauan Widi merupakan kepulauan terindah di Maluku Utara, seperti dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. 

Pulau-pulau di Kepulauan Widi memiliki hamparan pasir putih yang luas serta laut  jernih bagaikan kristal. Sementara, kekayaan dalam laut tak kalah menariknya, seperti  terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan.

Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut, sehingga menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling. Bahkan, Kepulauan Widi dapat disandingkan dengan Kepulauan Maladewa atau Raja Ampat, Papua Barat. 

https://travel.kompas.com/read/2022/12/15/140300627/kaleidoskop--22-tempat-wisata-viral-sepanjang-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke