Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Akhir Tahun ke Malang, Waspadai Titik Kemacetan Berikut

MALANG, KOMPAS.com - Meski tidak ada cuti bersama untuk momen Natal dan Tahun Baru 2023, namun Dinas Perhubungan Kota Malang telah melakukan antisipasi terjadinya kepadatan arus kendaraan. Termasuk dengan memetakan potensi titik kemacetan.

Malang diperkirakan bakal dikunjungi banyak wisatawan pada libur akhir tahun, termasuk wisatawan dari luar daerah.

"Dari riset Kemenhub (Kementerian Perhubungan) akan terjadi pergerakan manusia sekitar 44,17 juta orang (secara nasional) saat akhir tahun ini, termasuk sangat mungkin juga di Malang Raya karena menarik untuk dikunjungi wisatawan, dengan kendaraan roda dua maupun roda empat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Kamis (15/12/2022).

Peningkatan arus kendaraan saat periode libur akhir tahun diprediksi mencapai 30 persen jika dibandingkan hari biasanya, dengan pengendara diperkirakan didominasi dari daerah Jawa Timur.

Beberapa prediksi titik kemacetannya antata lain di Exit Tol Madyopuro, Jalan Ahmad Yani, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Basuki Rahmat, Alun-alun Bundaran Tugu, Alun-alun Merdeka Kota Malang, dan Jalan Mayjen Sungkono.

Selain itu, juga di simpang tiga Dinoyo hingga Jembatan Tunggulmas, kemudian Jalan Ranugrati, dan lainnya.

"Mudah-mudahan tidak seluruh wilayah, Insya Allah hanya di beberapa titik saja," katanya.

Imbauan untuk liburan akhir tahun

Widjaja memberikan beberapa imbauan bagi calon wisatawan yang akan berwisata atau melintasi Malang pada periode libur akhir tahun.

Dianjurkan memeriksa kondisi kendaraan dan memastikannya dalam kondisi prima sebelum bepergian untuk menghindari mogok ketika berkendara di jalan.

Kemudian, masyarakat diimbau tidak memaksakan berkendara ketika cuaca ekstrem, seperti saat hujan angin. Adapun saat ini di Kota Malang memasuki musim hujan sehingga rawan terjadi bencana seperti pohon tumbang.

Untuk menghindari kemacetan, periksa terlebih dahulu situasi lalu lintas dari jalan yang akan dilalui, seperti melalui kamera CCTV yang ada di situs Kota Malang. Sehingga, pengendara bisa memilih ruas jalan yang lebih lancar.

"Tetapitentu kami berharap masyarakat kalau ada macet, ya bersabar, jangan berebut, karena ini tanggungjawab keselamatan bersama," katanya.

Sebagai antisipasi, Dishub Kota Malang juga akan menurunkan para personelnya untuk membantu mengatur lalu lintas bersama jajaran dari Satlantas Polresta Malang Kota.

"Saya belum bisa memastikan apakah harus ada contraflow, apakah satu jalur saja, tetapi semoga tidak terjadi. Kami optimalkan sumber daya yang ada, di antaranya personel kami, pengaturan traffic light ATCS, dan lainnya," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/15/184115627/libur-akhir-tahun-ke-malang-waspadai-titik-kemacetan-berikut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke