Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Pariwisata Indonesia, AP II Hadirkan Tourism Activity Center di 2 Bandara

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II baru saja meluncurkan Tourism Activity Center (TAC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandar Internasional Minangkabau pada Selasa (13/12/2022).

Toursim Activity Center (TAC) merupakan sebuah pusat layanan informasi, aktivasi kegiatan pariwisata, pusat edukasi budaya Indonesia, serta sarana pemasaran produk UMKM dan kerajinan dari seluruh provinsi.  

"AP II ingin menyambut wisatawan di bandara dengan layanan terbaik, salah satunya melalui Tourism Activity Center," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam rilis resmi yang Kompas.com terima pada Jumat (16/12/2022).

  • Penerbangan Internasional Lion Air Group Terbang dari Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta per 16 Desember
  • Pilihan Layanan Jemputan Bandara, Ada Diskon Rp 50.000

Menurut dia, bandara merupakan pintu gerbang suatu negara atau daerah, sehingga dapat menjadi lokasi yang tepat sebagai etalase pariwisata Indonesia.

TAC di sini berfungsi sebagai pendorong komunitas untuk mengembangkan kreativitas, berkolaborasi, serta berkarya untuk melestarikan dan menumbuhkan pariwisata Indonesia.

Aktivitas di TAC nantinya akan melibatkan pelaku pariwisata seperti traveler, Forum Komunikasi Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (FORKAPPSI), dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Director of Commercial & Services AP II M Rizal Pahlevi menuturkan, peluncuran TAC ini dilakukan berbarengan dengan Hari Nusantara pada 13 Desember. 

“Peringatan Hari Nusantara 2022 digelar di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang merepresentasikan keindahan alam Indonesia. Dengan semangat Hari Nusantara, melalui TAC di bandara-bandara, AP II juga ingin mengenalkan lebih luas lagi berbagai keindahan alam Indonesia,” ujar Rizal.

Menurutnya, momentum peluncuran TAC ini dirasa tepat karena sejalan dengan peningkatan penerbangan di Bandara AP II, termasuk untuk tujuan wisata.

  • Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani Lagi Rute Hong Kong-Bali PP
  • Garuda Indonesia Layani Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

Ia mengatakan, kondisi lalu lintas penerbangan di rute domestik maupun internasional saat ini mengalami peningkatan dan memasuki periode pemulihan di tengah tekanan pandemi. 

Diperkirakan peningkatan lalu lintas penerbangan ini akan terus terjadi seiring libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. 


Fasilitas di TAC

Ada berbagai kegiatan aktivasi yang ditampilkan di TAC, di antaranya ada parade budaya untuk mempertunjukkan pakai adat, alat musik tradisional, dan kesenian khas daerah lainnya.

“Melalui berbagai kegiatan aktivasi, kami menargetkan Tourism Activity Center di bandara AP II nantinya juga dapat menjadi suatu destinasi baru bagi masyarakat untuk melihat pertunjukan seni dan budaya Indonesia," kata Muhammad.

Beberapa fasilitas utama yang dihadirkan di TAC, yaitu monitor informasi yang akan menayangkan video destinasi wisata.

Ada juga rak informasi berisi booklet, brosur, dan map pocket untuk wisatawan. Lalu ada data informasi yang akan menampilkan informasi mengenai jadwal atraksi wisata, kalender wisata, kuliner, akomodasi, transportasi, dan pusat perbelanjaan.

  • Bandara Jember Siap Beroperasi Kembali Pada Awal 2023
  • Citilink Tambah Rute Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma

Selanjutnya, ada galeri nusantara, yang akan menampilkan foto-foto destinasi wisata di seluruh Indonesia, dan ornamen budaya seluruh provinsi.

Serta dihadirkan juga fasilitas virtual reality untuk memberikan pengalaman berbeda dalam menjelajahi destinasi wisata melalui VR 360 derajat. 

Lokasi layanan TAC dapat ditemui di area check-in keberangkatan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dan area keberangkatan di BIM. Ke depannya layanan TAC direncanakan juga akan dibuka di bandara-bandara AP II lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/16/190700127/dorong-pariwisata-indonesia-ap-ii-hadirkan-tourism-activity-center-di-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke