Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ASEAN Tourism Forum di Yogyakarta, Sandiaga Harap Ada Penerbangan Langsung ke YIA

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) pada Februari 2023.

Terkait ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap ada penerbangan langsung menuju Yogyakarta International Airport (YIA)

Sandi mengatakan bahwa setelah 10 tahun ATF akhirnya kembali digelar di Indoensia dan kali ini yang menjadi tuan rumah adalah DIY. 

"Akan ada, mudah-mudahan penerbangan langsung dari luar negeri ke YIA. Kita sudah koordinasi dengan beberapa maskapai penerbangan," kata Sandiaga kepada Kompas.com di Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (17/12/2022).

Ia menambahkan target dari ATF adalah membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif bukan hanya di Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) saja, tetapi di seluruh wilayah di Indonesia.

Sandi juga membeberkan bahwa saat rapat kerja nasional (rakernas) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), DI Yogyakarta menjadi yang pertama dalam kunjungan pariwisata.

"Hotel sudah habis terjual dan tiket sudah diatas 5 juta ke sini. Ini tantangan sekaligus peluang karena ada desa wisata yang kita kembangkan di ekosistem Joglosemar," kata dia.

Seputar ASEAN Tourism Festival

Sebelumnya, ASEAN Tourism Festival (ATF) akan digelar pada 2 hingga 5 Februari 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sesuai dengan namanya, gelaran ATF ini rencananya akan diikuti oleh negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Dinas Pariwisata DIY menyiapkan berbagai kesenian untuk ditampilkan keapda tamu-tamu ATF. Akan ada pula pameran ekonomi kreatif yang ada di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan, ATF yang akan digear di DIY memiliki dua agenda. Agenda pertama adalah pertemuan menteri pariwisata di ASEAN dan ditambah dari 5 negara lain.

"Pertemuan antar menteri akan digelar di Hotel Marriot. Nanti mereka berdiskusi, dan mungkin ada deklarasi yang terkait dengan perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif," ucap dia, Sabtu (26/11/2022).

Ia melanjutkan, agenda kedua adalah Travel Exchange yang akan dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC). Ada dua sub-agenda di dalamnya, yakni bussiness to consumers (b to c) dan B to B (business to business).

"B to C itu pameran untuk masyarakat dan delegasi untuk umum. Kalau B to B diperuntukkan bagi delegasi saja. Di situ akan ditampilkan para travel agent, hotel, desa wisata yang jual paket wisatanya," Jelas Singgih.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/17/150300727/asean-tourism-forum-di-yogyakarta-sandiaga-harap-ada-penerbangan-langsung-ke

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke