Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Akhir Tahun, Kapal Antarpulau di Kepri Beroperasi hingga Malam

BATAM, KOMPAS.com – Jelang peryaan Natal dan tahun baru 2023, pelayanan kapal atau ferry antarpulau di Kepulauan Riau (Kepri) dimaksimalkan hingga malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi mengatakan, hal ini dilakukan guna untuk memaksimalkan pelayanan, terutama bagi masyarakat yang merayakan Natal dan hendak berpergian disaat moment liburan akhir tahun.

Sebab hingga saat ini tidak ada jadwal penambahan kapal untuk penyebarangan antarpulau yang ada di Kepri.

“Hingga saat ini tidak ada penambahan kapal, makanya pelayanan dimaksimalkan hingga malam hari,” kata Junaidi melalui telepon, Sabtu (17/12/2022) malam tadi.

Pelayanan hingga malam hari berlaku untuk ferry yang ada di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Batam melalui pelabuhan Telaga Punggur.

Selain itu, kapal Roro juga dimaksimalkan hingga malam hari untuk penyebrangan dari Tanjung Uban, Bintan menuju Batam dan sebaliknya.

“Jadi intinya pelayanan diberikan (hingga malam hari) sampai tidak ada lagi penumpang di pelabuhan,” terang Junaidi.

Imbau penyedia jasa transportasi mengikuti

Untuk maksimal pelayanan, pihaknya juga menginformasikan kepada penyedia jasa tranfortasi laut untuk menerapkan waktu berlayar seperti jadwal harian.

Junaidi menambahkan, waktu berangkat kapal tidak lagi setiap periode waktu tertentu, misalnya setengah jam atau satu jam sekali, namun setiap kapal penuh.

“Begitu kapal penuh, kapal langsung berangkat, makanya pelayanannya sampai malam hari, sampai penumpang benar-benar tidak ada lagi di pelabuhan,” papar Junaidi.

Untuk pelayanan antar provinsi, Junaidi mengatakan hingga saat ini hanya ada PT Pelni dan PT Pelni hanya mengerahkan dua kapal penumpang, msing-masing dengan tujuan Batam-Belawan, sumatera Utara dan Batam-Tanjung Priok, Jakarta.

“Kapal Pelni yang di di Batam dilayani dengan Kapal Dorolonda yang berlayar pada 19 Desember 2022. Sedangkan yang di Pelabuhan Kijang Bintan dengan kapal Omsini yang telah berangkat sejak 13 Desember 2022 kemarin,” pungkas Junaidi.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/18/090500227/libur-akhir-tahun-kapal-antarpulau-di-kepri-beroperasi-hingga-malam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke