Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DIY Punya 21 Warisan Budaya Tak Benda Baru pada 2022

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi provinsi yang paling banyak mendapat sertifikat penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 2022.

Dari 200 Warisan Budaya Takbenda yang ditetapkan tahun ini, DI Yogyakarta menyumbang 21 warisan budaya. 

"Ini menunjukkan komitmen dan keseriusan pemerintah daerah DIY dalam melestarikan budaya, sekaligus menjadi bukti nyata Yogyakarta sebagai pusat budaya terutama budaya Mataram," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) DIY Singgih Raharjo, kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022). 

  • 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah
  • 10 Tempat Glamping di Yogyakarta buat Libur Tahun Baru 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penetapan ini juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Yogyakarta, sekaligus mendorong daerahnya sebagai pusat budaya dan pariwisata bukan hanya di tanah air, tetapi di tingkst dunia.

"Ini yang harus kita teruskan, bukti nyata komitmen pemda DIY untuk menjadi pusat budaya dan pariwisata terkemuka di Asia Tenggara," lanjutnya. 

Singgih mengatakan, penetapan dan pelestarian warisan budaya menjadi sangat penting karena dapat berfungsi salah satunya sebagai nilai promosi pariwisata di mata dunia. 

Ia meyakini penetapan warisan budaya takbenda bakal membuat sektor pariwisata punyajilai jual dan promosi lebih.

Sebab, suatu karya menjadi semakin unik dan spesial, sehingga pasti akan semakin menarik.

"Misalnya saat bicara tentang kuliner, bakpia, dengan narasi bahwa ini mendapat warisan budaya takbenda, maka orang yang membeli dan menikmati akan semakin lebih punya experience tersendiri," tutur dia.

Contoh lainnya, kata Singgih, batik nitik yang mendapat sertifikasi WBTb juga memiliki nilai geografis dan sejarah dari daerah asalnya yaitu Bantul.

Sejarah seperti inilah yang bisa meningkatkan nilai tambah, karena berkaitan dengan ekonomi kreatif. 

Lebih lanjut, wisatawan juga bisa menjadi lebih perhatian, tidak asal membeli dan tidak tahu menahu mengenai filosofi suatu karya.

"Sehingga orang akan semakin mantap membeli batik nitik. Jadi ketika mereka menggunakan pun mereka akan bercerita kepada orang lain, dan itu bagian dari promosi," ungkapnya.

Daftar WBTb nasional dari DIY tahun 2022

Tahun ini, DIY menyumbangkan 21 karya budaya untuk ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda (WBTb) nasional.

Warisan budaya tersebut antara lain:

Sehingga, budaya bangsa tidak diklaim oleh bangsa lain.

Karya-karya budaya tersebut, kata dia, menjadi kebanggaan masyarakat di seluruh tanah air, yang dapat semakin mengokohkan Indonesia sebagai pusat budaya di dunia.

"Semakin kita mendalami, semakin kita kagum akan produk budaya di masa lalu. Jadi wajib kita lindungi, lestarikan, sekaligus manfaatkan untuk berbagai macam kegiatan pendidikan, pariwisata, dan budayanya sendiri," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan penetapan telah dilakukan sejak 2013 dan hingga saat ini telah ditetapkan sebanyak 1.728 WBTb Indonesia. 

Pada tahun 2022, sebanyak 718 usulan dari 34 Provinsi didaftarkan untuk dinilai menjadi WBTb Indonesia. Melalui sidang penetapan, sebanyak 200 usulan dari 32 provinsi resmi menjadi WBTb nasional.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/18/150804727/diy-punya-21-warisan-budaya-tak-benda-baru-pada-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke