Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute, Jam Operasional, dan Tarif Bus Listrik DAMRI di Surabaya

KOMPAS.com - DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan layanan Trans Semanggi Bus Listrik berbasis buy the service (BTS) di Surabaya, Jawa Timur.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, jumlah armada yang akan dioperasikan adalah 17 unit bus tipe medium.

  • DAMRI Siapkan 1.093 Bus untuk Angkut Penumpang Saat Nataru
  • DAMRI Kupang-Dili Beroperasi November 2022

"17 unit bus listrik ini nantinya akan dibagi, yakni 15 bus akan beroperasi setiap hari dan dua bus digunakan sebagai cadangan," ujar Fikri, dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (22/12/2022).

Adapun layanan ini sudah beroperasi sejak Minggu (18/12/2022) dan telah diresmikan pada Selasa (20/12/2022) di Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur.

"Layanan bus listrik merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendekarbonisasi dengan mengajak masyarakat kembali menggunakan angkutan umum," ujar dia.

Menariknya lagi, bus listrik yang diresmikan di Surabaya ini merupakan bus yang pernah dioperasikan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November lalu.

Untuk rute, bus listrik melayani di Koridor 3 Terminal Purabaya-Kenjeran Park dan sebaliknya, melewati Jalan Ahmad Yani-Jalan Jemur Andayani-Jalan Zamhuri-Rungkut Madya-Dr Ir. H. Soekarno (MERR).

Keberangkatan bus listrik tersedia mulai pukul 05.00-23.00 WIB, setiap hari.

"Kapasitas bus tersedia untuk 24 orang dengan jumlah seat (bangku) 19 orang penumpang dan lima orang penumpang dapat berdiri," kata Fikri.

  • DAMRI Layani Rute Jawa-Bali, Tarif Mulai Rp 90.000
  • DAMRI Hadir di Ambon, Ini Jadwal Trayek dan Tarifnya
  • Angkutan Perintis DAMRI Hadir di Madiun Raya, Simak Rute dan Tarifnya

Adapun tarif bus listrik ini mulai Rp 6.200 per tiket dengan sistem pembayaran tap on bus (TOB) menggunakan uang elektronik atau QRIS.

Penumpang juga dapat memanfaatkan aplikasi Teman Bus untuk mengetahui jadwal dan melacak posisi bus.

"Pelanggan bisa mengetahui keberadaan bus, dan (memesan) tiket melalui aplikasi Teman Bus. Pembayaran pun bisa dilakukan secara cashless (non-tunai) dengan perangkat TOB yang terpasang di bus," tutupnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/22/220500427/rute-jam-operasional-dan-tarif-bus-listrik-damri-di-surabaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke