Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Isu Travel Terpopuler Sepanjang 2022, Banyak Soal Paspor Indonesia

KOMPAS.com - Ada banyak isu travel yang menjadi sorotan sepanjang 2022. Mulai dari berbagai inovasi pariwisata hingga masalah kenaikan tarif wisata dan transportasi.

Isu travel terpopuler sepanjang 2022 kali ini tidak hanya meliputi peristiwa dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

  • Kaleidoskop: Tempat Wisata yang Punya Wajah Baru pada 2022 
  • Kaleidoskop: Tempat Wisata Hits di Jakarta Sepanjang 2022

Simak 14 isu travel terpopuler sepanjang 2022 yang Kompas.com rangkum berikut ini.

Isu travel terpopuler 2022

1. Kenaikan tiket masuk Taman Nasional Komodo 

Kabar kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo (TNK) di Nusa Tenggara Timur (NTT) bermula pada awal Agustus 2022.

Awalnya Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menetapkan biaya kawasan konservasi Taman Nasional Komodo (TNK) sebesar Rp 3,75 juta per orang untuk periode satu tahun.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa kenaikan tarif TNK ditunda dan mulai berlaku pada Januari 2023.

Akan tetapi, pada Kamis (15/12/2022) lalu, Menparekraf menyampaikan bahwa kenaikan tarif TNK resmi dibatalkan.

Paspor Indonesia yang mulanya berlaku selama lima tahun diperpanjang menjadi 10 tahun. Perubahan tersebut resmi diimplementasikan sejak Rabu (12/10/2022).

Menurut Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) yang diteken oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, paspor biasa dengan masa berlaku paling lama 10 tahun hanya diberikan kepada warga negara indonesia (WNI) yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah.

  • Mulai Besok, Paspor Indonesia Berlaku 10 Tahun
  • Paspor 10 Tahun Berlaku 12 Oktober 2022, Segini Biaya Pembuatannya

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana mengatakan, tidak ada kenaikan biaya pembuatan paspor terbaru.

Adapun biaya pembuatan paspor masih mulai dari Rp 350.000 untuk paspor biasa non-elektronik, dan mulai Rp 650.000 untuk paspor biasa elektronik. 

Isu seputar paspor Indonesia sempat menjadi pembicaraan warganet dalam beberapa bulan lalu, hal ini karena paspor terbaru Indonesia tidak memiliki kolom tanda tangan.

Beberapa negara diketahui menolak pemegang paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan, antara lain Jerman, Belanda, Belgia, dan Luksemburg.

  • Cara Dapat Pengesahan Tanda Tangan di Paspor Indonesia
  • Belanda, Belgia, Luksemburg Tolak Paspor Indonesia Tanpa Tanda Tangan

Menyikap hal tersebut, Direkur Lalu Lintas Keimigrasian Amra Aris mengatakan bahwa masyarakat dapat memperoleh pengesahan paspor dengan cara mendatangi kantor imigrasi.

4. Lion Air jadi maskapai terburuk di dunia

Sebuah platform layanan perjalanan Bounce beberapa waktu yang lalu mengeluarkan daftar maskapai penerbangan terbaik dan terburuk di dunia.

Hasilnya daftar itu menunjukkan, dua posisi terbawah ditempati oleh Lion Air dan Wings Air.

  • Maskapai Indonesia Terburuk di Dunia, Bisa Hambat Pemulihan Pariwisata
  • Tanggapan Lion Air Soal Maskapai Terburuk di Dunia dalam Survei

Adapun alasan Bouncer memberi penilaian terburuk kepada dua maskapai penerbangan tersebut karena aspek tingkat kedatangan tepat waktu, layanan staf, serta makanan dan minuman.

Pihak Lion Air dan Wings Air pun mengatakan, mereka terus melakukan upaya perbaikan pelayanan dan ketepatan waktu kedatangan.

Kebijakan visa rumah kedua atau visa second home sudah resmi diberlakukan di Indonesia sejak Rabu (21/12/2022).

Warga negara asing (WNA) yang memiliki visa second home dapat tinggal selama lima atau 10 tahun di Indonesia, serta melakukan berbagai macam kegiatan, salah satunya investasi.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, kebijakan ini dilatarbelakangi oleh fenomena migrasi orang asing ke Indonesia dengan berbagai tujuan, salah satunyadaya tarik alamnya.

Adapun tarif pembuatan visa second home ialah mulai Rp 3 juta.

Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sempat menjadi perbincangan warganet lantaran adanya kegiatan revitalisasi untuk sementara waktu.

Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai Rabu (26/01/2022) dan dibuka kembali untuk penerbangan komersial pada Kamis (01/09/2022).

  • Bandara Halim Perdanakusuma Tutup Sementara per 26 Januari
  • Bandara Halim Buka Kembali Mulai 1 September 2022

Kegiatan revitalisasi ini dilakukan dalam rangka meningkakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan. 

Adapun tiket naik Candi Borobudur direncanakan menjadi mulai Rp 750.000 per orang untuk warga lokal, mulai Rp 1.4 juta untuk wisatawan mancanegara, dan Rp 5.000 untuk pelajar.

Luhut mengatakan, kenaikan tarif ini dilakukan guna membatasi jumlah kunjungan serta menjaga kelestarian Candi Borobudur.

  • Perjalanan Wacana Tiket Candi Borobudur Rp 750.000 yang Akhirnya Batal
  • Harga Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750.000 Ditunda
  • Tiket Naik Candi Borobudur Jadi Rp 750.000, Ini Tanggapan Pengelola

Mulanya kenaikan tarif tersebut menimbulkan pro dan kontra, kemudian sempat ditunda. Hingga akhirnya resmi dibatalkan pada Sabtu (17/12/2022).

Sebagai jalan tengahnya, pemerintah membatasi kuota pengunjung yakni sebanyak 1.200 orang per hari. Tidak hanya itu pengunjung juga akan wajib memakai alas kaki khusus dan wajib memakai jasa pemandu wisata

Beberapa bulan lalu, beredar video seorang warga negara asing (WNA) yang berpose tanpa busana di sebuah pohon keramat di kawasan suci Pura Babakan di Bali. 

Perilaku WNA tersebut kemudian mendapat kecaman dari warganet, khususnya masyarakat Bali. Ia pun kemudian diproses secara hukum oleh pihak berwenang setempat pada Rabu (04/05/2022).

Kejadian serupa setelahnya juga kembali terjadi, kali ini seorang WNA asal Australia memanjat pohon sakral di Bali. Lokasinya di Pura Dalem Prajapati Banjar Dadakan, Desa Adat Kelaci Kelod, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali pada Sabtu (11/06/2022).

  • Video Viral Wisatawan Cemari Pohon Sakral di Bali, Tanda Kurangnya Edukasi
  • Kejadian Turis Asing Tak Senonoh di Tempat Sakral Bali Terus Berulang, Ini Kata Ahli

WNA tersebut menuturkan, dirinya tidak mengetahui jika kawasan tersebut ialah sakral bagi umat Hindu.

Usai mendapat penjelasan, dirinya meminta maaf dan menyesali perbuatannya kepada pihak Desa Adat. Sebagai konsekuensi perbuatannya, WNA tersebut dikenakan sanksi Rp 500.000 untuk membayar upacara guru piduka.

Setelah adanya kelonggaran pemakaian masker dan dicabutnya syarat tes Covid 19 untuk pelaku perjalanan, harga tiket pesawat terpantau masih terbilang mahal pada pertengahan tahun.

Menyikapi hal tersebut, Menparekraf Sandiaga memprediksi harga tiket pesawat akan berangsur turun pada akhir tahun ketika musim liburan.

  • Harga BBM Naik dan Tiket Pesawat Mahal Pengaruhi Pariwisata, Ini Saran Asita
  • Tiket Pesawat Mahal, Ini Solusi Menparekraf Sandiaga

Sebagai solusi, ia menganjurkan wisatawan untuk beralih menggunakan kendaraan jalur darat, terutama untuk tujuan wisata yang tidak terlalu jauh. 

Seiring dengan harga tiket pesawat yang belum turun, harga bahan bakar minyak (BBM) pun juga ikut naik per Sabtu (3/9/2022).

Pemerintah Provinsi Bali pada awal tahun 2022 mengusut adanya dugaan mafia visa untuk jalur cepat berwisata ke Bali. 

Temuan adanya dugaan mafia visa tersebut diketahui melalui akun instagram sebuah perusahaan yang menawarkan jasa pengurusan visa dengan cepat. Tarif yang dipatok untuk mengurus visa pun cenderung mahal, yakni hingga Rp 5,5 juta.

Tarif tersebut terbilang jauh lebih mahal dibanding dengan tarif pembuatan visa yang berlaku yakni Rp 718.000 untuk visa satu kali kunjungan perjalanan. Ada pula tarif Rp 1,57 juta untuk visa kunjungan beberapa kali perjalanan.

  • Dugaan Mafia Visa, Ketua ASITA Bali Usul Mudahkan Syarat Turis Asing
  • Dugaan Mafia Visa di Bali, Urus Jalur Cepat Dipatok Rp 5,5 Juta

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pengurus Daerah Association of the Indonesian Tours ada Travel Agencies (DPD ASITA) Bali Putu Winastra berpendapat, agen visa tersebut muncul akibat aturan pembuatan visa yang menyulitkan wisatawan mancanegara.

Ia menyarankan supaya Permenkumham Nomor 34  Tahun 2021 sebaiknya diubah dan diganti dengan aturan khusus wisman dan visa turis.

11. Nama panjang kota Bangkok

Awal tahun 2022 menjadi momen bersejarah bagi masyarakat Thailand karena nama ibu kota Thailand yang semula Bangkok diganti menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Pergantian nama ibu kota Thailand ini sempat menjadi perbincangan warganet saat diketahui nama lengkap Bangkok disematkan sebagai nama kota terpanjang di dunia versi Guinness World Records.

Adapun nama lengkap Bangkok adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Penduduk Thailand menyebutnya Krung Thep, yang dalam bahasa Inggris berarti City of Angels atau Kota Para Malaikat.

Ngopi in the sky adalah inovasi yang menawarkan pengalaman minum kopi di atas ketinggian kawasan Pantai Nguluran, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggunakan gondola.

Isu ini sempat populer di kalangan warganet lantaran menimbulkan polemik seputar keamanan bagi penggunanya.

  • Pertama di Indonesia, Ngopi sambil Terbang Naik Gondola di Teras Kaca Pantai Nguluran Gunungkidul
  • Ngopi In The Sky Tutup Permanen, Pengelola Ubah Jadi Ngopi In The Sea

Demi keamanan dan keselamatan pengunjung, wisata Ngopi in the sky kemudian ditutup sementara waktu oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga pihak pengelola wisata mengantongi sertifikasi keselamatan.

Wisata Ngopi in the sky kemudian ditutup permanen dan pihak pengelola mengubahnya menjadi Ngopi in the Sea. 

Pada awal tahun, pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro, DIY, direlokasi ke tempat baru yakni ke Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2.

Lokasi Teras Malioboro 1 merupakan bekas gedung Bioskop Indra, sedangkan lokasi Teras Malioboro 2 merupakan bekas gedung Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

  • PKL Malioboro Direlokasi, Pindah ke Mana?
  • Setelah PKL Direlokasi, Aura Malioboro Jadi Beda dan Sepi...

Relokasi ini bertujuan mengatur Malioboro supaya lebih tertata dan tidak penuh sesak. Akan tetapi, usai relokasi, suasana Malioboro dirasa tak lagi sama.

Beberapa pengunjung Malioboro merasa daya tarik kawasan Malioboro pun berkurang sejak pindahnya PKL.

14. Kereta panoramic

Kabar hadirnya kereta panoramic pertama di Indonesia diketahui mulai muncul sekitar bulan September 2022. Video uji coba kereta tersebut bahkan sempat beredar di media sosial.

Kereta api panoramic pertama di Indonesia rencananya akan dilengkapi dengan sunroof serta ukuran kaca kereta yang lebih besar sehingga memungkinkan penumpang melihat pemandangan lebih luas.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) mengatakan, bahwa pihaknya masih melalui tahap uji laik secara statis maupun dinamis sebelum kereta beroperasi.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/23/111458627/14-isu-travel-terpopuler-sepanjang-2022-banyak-soal-paspor-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke