Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hotel-hotel di Kabupaten Malang Incar 100 Persen Okupansi Selama Nataru

MALANG, KOMPAS.com - Hotel-hotel di Kabupaten Malang mengincar angka okupansi atau tingkat keterisian kamar yang maksimal selama periode Natal dan tahun baru 2023 (Nataru).

Berdasarkan catatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Malang, okupansi selama periode Nataru pada tahun-tahun sebelumnya rata-rata mencapai 90 persen.

"Semoga Nataru tahun ini bisa mencapai 100 persen," ucap Ketua PHRI Kabupaten Malang, Wahyu Indriyanti saat dihubungi, Minggu (25/12/2022).

Optimisme itu diungkapkannya karena melihat tren positif dari pergerakan okupansi dan reservasi kamar yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Apalagi, lanjut dia, selama pandemi Covid-19 masyarakat banyak menahan diri untuk berlibur. Momen Nataru pun banyak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bagi wisatawan yang bepergian ke luar kota, Kabupaten Malang pun tidak luput dijadikan daftar tempat untuk mereka kunjungi.

"Berdasarkan data dari tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Malang lebih banyak dikunjungi wisatawan luar daerah," ujarnya.

Okupansi naik signifikan sepanjang 2022

Wahyu mengungkapkan, okupansi hotel-hotel di Kabupaten Malang meningkat secara signifikan usai situasi pandemi yang membaik.

Apalagi, selama sekitar dua tahun pandemi, industri perhotelan mengalami kemerosotan. Beberapa hotel bahkan sempat tutup.

Adapun total hotel yang tercatat di PHRI Kabupaten Malang sudah berjumlah lebih dari 35 hotel.

"Tingkat okupansi hotel tahun ini rata-rata sudah hampir mendekati 80 persen. Begitu juga dengan perkembangan restoran," ungkapnya.

"Kami wajibkan vaksin booster karena penting untuk antisipasi. Serta tidak mengabaikan protokol kesehatan," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/25/171400027/hotel-hotel-di-kabupaten-malang-incar-100-persen-okupansi-selama-nataru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke