Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Car Free Night Malioboro Ditiadakan Saat Malam Tahun Baru

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Car free night yang biasanya diadakan pada malam tahun baru pukul 18.00-21.00 WIB di kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditiadakan.

"Untuk saat ini pada perayaan pergantian tahun tidak ada penutupan, Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kota Yogyakarta, dan Keraton Yogyakarta," kata Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Alfian Nur Rizal saat konferensi pers, Sabtu (31/12/2022).

  • 6 Tips Hindari Harga Mahal Tidak Wajar Saat Liburan Akhir Tahun di Malioboro
  • 20 Wisata Ramah Keluarga di Yogyakarta untuk Libur Akhir Tahun 

Ia menambahkan, tujuan dari dibukanya kawasan Tugu, Malioboro, dan Keraton (Gumaton) agar masyarakat dapat menikmati pergantian tahun 2023.

Untuk mencegah terjadinya kemacetan di area Malioboro, Dirlantas Polda DIY melakukan rekayasa lalu lintas.

Bagi wisatawan atau masyarakat sekitar DIY yang akan menikmati malam pergantian tahun di Malioboro dapat melalui Jalan Mataram.

"Kalau dari Tugu bisa melanjutkan perjalanan ke Kleringan atas hingga ke Kridosono, nanti masuk ke persimpangan Cafe Legend, dan bisa memasuki Jalan Malioboro," jelas dia.

  • Turis Dilarang Parkir di Sekitar Bukit Bintang Yogyakarta Saat Malam Tahun Baru
  • Hindari Cuaca Ekstrem, Kunjungi 11 Wisata Indoor di Yogyakarta 

Sementara itu, masyarakat atau wisatawan dari kawasan Gunungkidul yang akan ke Malioboro dapat melalui Jalan Janti lalu ke Jalan Sultan Agung, masuk ke Jalan Suryo Utomo, dan Masuk Jalan Mataram.

Wisatawan yang akan ke Malioboro dari arah Bantul dapat melewati juga harus melalui Jalan Mataram.

"Wisatawan yang akan ke Malioboro melewati Jalan Mataram," ucapnya.

Wisatawan atau masyarakat yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di area Malioboro diminta memarkirkan kendaraan bermotor di beberapa kantung parkir yang sudah disiapkan.

"Biasanya saat mendekati malam pergantian tahun 23.30 (WIB) sudah dipadati motor. Oleh sebab itu motor dan roda empat bisa diparkir di beberapa tempat yang sudah disediakan," katanya.

Ia menyebutkan, ada beberapa kantung parkir yang disiapkan, seperti di Ngabean, Senopati, Parkir Mall Malioboro, dan Parkiran Angkringan Jaman Edan.

"Titik Senopati maupun Ngabean diperuntukkan hanya untuk roda empat saja dan dua. (Bus) tidak diperkenankan untuk masuk hanya bisa untuk drop off (menurunkan penumpang) saja tapi tidak boleh parkir di daerah Senopati, Ngabean, dan di Aba. Ini informasi dari Dishub (Dinas Perhubungan). Hasil koordinasi bersama," terangnya.

Ia menambahkan, lahan parkir untuk bus-bus wisata sudah disiapkan di sekitar perbatasan Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul.

"Mereka (bus) sudah disiapkan lahan di Bantul. Hanya untuk drop off, melintas setelah pergantian tahun boleh," jelas dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/31/133353927/car-free-night-malioboro-ditiadakan-saat-malam-tahun-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke