Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Akhir Tahun, Wisatawan di Keraton Yogyakarta Naik 300 Persen

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun 2022, kunjungan wisatawan di Keraton Yogyakarta membeludak. Tiap harinya, kunjungan wisatawan mencapai 3.000 orang.

Carik kawedanan Radyo Kartiyoso R.A Siti Amirul Nur Sundari menjelaskan, melonjaknya jumlah wisatawan saat libur akhir tahun di Keraton Yogyakarta mencapai 300 persen.

"Rata-rata 2.000 sampai 3.000 orang per hari. Kenaikannya bisa 200 sampai 300 persen," ujar dia, Jumat (30/12/2022).

Ia menambahkan kenaikan dirasakan saat pemerintah mulai memperbolehkan masyarakatnya untuk berwisata. Ditambah memasuki Desember 2022, sekolah sudah mulai libur.

Saat libur sekolah, sambung Ami, wisatawan pelajar sudah banyak yang datang ke Keraton Yogyakarta.

Bahkan, saat ini tidak hanya satu tingkatan yang berkunjung, tetapi sudah satu sekolah mulai melakukan kunjungannya.

"Biasanya sekolah hanya satu level misalnya kelas 1 saja atau kelas 2 saja. Ini enggak karena kan mereka menahan diri 2 tahun ini. Sekolah memberikan kompensasi kepada angkatan sebelumnya untuk ikut. jadi tambah banyak," ucap dia.

Pameran di Keraton Yogyakarta

Selain faktor libur akhir tahun dan libur sekolah, penambahan jumlah wisatawan juga dipengaruhi dengan adanya pameran yang digelar oleh pihak Keraton Yogyakarta.

Pameran dengan tajuk Sumakala Temaram Yogyakarta yang digelar di area Pagelaran juga menjadi magnet bagi wisatawan yang datang ke Keraton Yogyakarta.

"Kami buka pameran Oktober kemarin di pagelaran dengant ema HB 3 dan 4 karena bertahta jangka waktu pendek hanya 10 tahun tajuknya Sumakala Temaram Yogyakarta, sampai Januari akhir," jelas dia.

Aturan untuk memasuki area Keraton Yogyakarta saat ini mulai dilonggarkan dengan tidak ada pembatasan jumlah kunjungan, tetapi dengan catatan wisatawan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung.

"Prokes tetap, masker boleh dibuka kalau di tempat terbuka kalau tertutup tetap pakai," kata dia.

Waktu kunjungan tiap harinya dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB. Keraton Yogyakarta tutup pada hari Senin.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/31/203100727/libur-akhir-tahun-wisatawan-di-keraton-yogyakarta-naik-300-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke