Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atraksi Gajah di Way Kambas Akan Ditiadakan, Demi Kesejahteraan Satwa

KOMPAS.com - Taman Nasional (TN) Way Kambas di Lampung Timur akan meniadakan atraksi menunggang gajah saat pembukaan kembali yang direncanakan pada pertengahan tahun 2023.

Humas TN Way Kambas, Sukatmoko menyebutkan bahwa keputusan ini sejalan dengan konsep baru yang akan diterapkan, yaitu animal welfare atau kesejahteraan satwa dari yang sebelumnya mass tourism (wisata massal).

  • 7 Wisata Alam Lampung Barat yang Wajib Dikunjungi
  • Pulau Pahawang di Lampung, Punya Pesona Bawah Laut yang Menawan

"Kami sedang menyiapkan konsep baru wisata yang ada di Way Kambas, yang kemaren kita dipandang orang eksploitasi satwa, nantinya kita akan mengedepankan animal welfare, kesejahteraan satwanya," terang Sukatmoko kepada Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Jadi, dengan konsep ini tidak ada lagi namanya atraksi gajah, dan tidak ada lagi menunggang gajah.

Ganti dengan aktivitas edukasi wisatawan TN Way Kambas

Sebagai gantinya, pengunjung akan disuguhkan edukasi seperti cara memandikan gajah atau kenapa gajah itu harus dilatih, dan pengetahuan lain seputar kehidupan gajah di Way Kambas.

"Karena kemaren itu (gajah) dilihat sebagai atraksi, tetapi nanti akan disampaikan pentingnya melatih gajah karena akan mempermudah meng-handle satwa. Jadi lebih pada animal welfare yang kita konsepkan," imbuhnya.

Selain itu, pihak TN Way Kambas juga sedang merencanakan pemberlakuan pembatasan kuota kunjungan.

"Jadi benar-benar ini wisata yang punya minat khusus, orang ke Way Kambas memang ingin tahu tentang gajah, belajar tentang gajah, jadi tidak hanya ke Way Kambas untuk naik gajah saja, atau untuk melihat atraksi gajah, itu kan bisa di kebun binatang," pungkas dia.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/01/070700727/atraksi-gajah-di-way-kambas-akan-ditiadakan-demi-kesejahteraan-satwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke