Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Naik Kereta Bandara YIA, Beli Tiket Online

KOMPAS.com - Kehadiran kereta bandara menambah alternatif moda transportasi dari Stasiun Yogyakarta menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, dan sebaliknya.

Kereta bandara YIA memangkas waktu tempuh antara Stasiun Yogyakarta menuju Bandara YIA, dari 90 menit menggunakan kendaraan, menjadi 39 menit.

Ada sejumlah tips agar perjalanan penumpang menggunakan kereta bandara YIA menjadi lebih nyaman dan lancar. Utamanya, bagi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat terbang agar tidak ketinggalan penerbangan.

Berdasarkan informasi dari laman Railink selaku operator kereta bandara, rute kereta bandara YIA melalui Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan berakhir di Stasiun Bandara Yogyakarta, serta sebaliknya.

Tips naik kereta bandara YIA

Berikut tips naik kereta bandara YIA seperti dihimpun oleh Kompas.com dari Public Relations PT Railink Diah Suryandari dan Kreator Konten Mateo Jubileo Singgih.

1. Pesan tiket online 

Diah menyarankan calon penumpang untuk membeli tiket kereta bandara melalui online, guna mengantisipasi tiket habis pada waktu keberangkatan.

“Untuk mengantisipasi kehabisan tiket kereta, penumpang dapat melakukan pembelian secara online,” ujarnya kepada Kompas.com (29/12/2022).

Untuk diketahui, pembelian tiket kereta bandara YIA dapat dilakukan melalui online dan offline.

Pembelian offline dapat melalui meja informasi stasiun dan vending machine yang tersedia di stasiun kereta bandara YIA. Sementara, pembelian tiket kereta bandara YIA lewat online melalui aplikasi KA Bandara, website Railink di reservation.railink.co.id, serta KAI Access di menu KA bandara.

Khusus pembelian tiket lewat online, lanjut Diah, dapat dilakukan sejak H-7 sebelum jadwal keberangkatan. 

 “Sebaiknya pembelian tiket KA Bandara Yogyakarta dapat dilakukan secara online  H-7 jadwal keberangkatan,” ujarnya.

Senada, Mateo menyarankan calon penumpang kereta bandara YIA membeli tiket online. Berdasarkan pengalamannya, pembelian tiket kereta bandara YIA secara langsung di stasiun cepat habis.

“Tips naik kereta bandara YIA, yang pastinya pesan tiket sebelum berangkat karena sampai sana waktu mau beli tiket, sama petugasnya dibilang sudah habis untuk sisa jadwalnya,” ujar Mateo kepada Kompas.com.

Berkaca dari pengalaman pribadinya, Mateo menyarankan calon penumpang kereta bandara YIA membeli tiket maksimal sehari sebelum jadwal keberangkatan agar tidak kehabisan.

2. Datang 30 menit sebelum keberangkatan

Diah menganjurkan calon penumpang kereta bandara YIA untuk tiba di stasiun maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Sebab, calon penumpang akan melalui proses verifikasi tiket lebih dulu, serta pengecekan syarat naik kereta bandara lainnya.

“Sebaiknya penumpang disarankan hadir selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangatan yang dikehendaki,” tuturnya.

Sementara Mateo menyarankan calon penumpang berada di stasiun maksimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

“Yang perlu diperhatikan penumpang kereta bandara YIA, yaitu bisa standby di stasiun itu maksimal satu jam sebelum. Jadi, kalau misalkan ada panggilan kita sudah standby,” kata Mateo.

Meliputi, aplikasi Peduli Lindungi, atau kartu vaksin Covid-19 minimal  dosis pertama, kode booking tiket, dan kartu identitas.

“Hal yang perlu dipersiapkan oleh calon penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airport adalah scan aplikasi Peduli Lindungi saat memasuki area stasiun atau dapat menunjukkan kartu vaksin minimal  dosis pertama,” tuturnya.

4. Ketahui batas maksimal beli tiket langsung 

Perlu diperhatikan, pembelian tiket kereta bandara YIA secara langsung di stasiun memiliki batas waktu maksimal pembelian. Oleh sebab itu, calon penumpang harus memperhitungkan batas waktu pembelian tiket tersebut agar tidak ketinggalan kereta.

“Untuk pembelian tiket go show (langsung di stasiun) dapat dilakukan hingga lima menit sebelum jadwal keberangkatan,”terang Diah.

Selain itu, calon penumpang diimbau mempersiapkan kartu identitas karena wajib memasukkan data nomor kartu identitas saat pembelian tiket.

5. Cek jadwal kereta bandara 

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah calon penumpang diimbau mengecek lebih dulu jadwal kereta bandara YIA. Dengan mengetahui jadwal kereta, maka calon penumpang bisa memilih perjalanan kereta bandara yang sesuai dengan jadwal penerbangan.

“Calon penumpang dapat melihat jadwal kereta bandara YIA pada media sosial KA Bandara, atau dapat melihat melalui aplikasi KA Bandara dan website Railink” kata Diah.

Adapun media sosial KA Bandara meliputi, Instagram @kabandararailink, Facebook @KABandaraRailink, dan Twitter @KAIBandara.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/01/220100527/5-tips-naik-kereta-bandara-yia-beli-tiket-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke