Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

The Heritage Palace: Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas 

KOMPAS.com - The Heritage Palace merupakan obyek wisata bertema bangunan ala Eropa klasik yang menawarkan banyak spot foto Instagramable.

Lokasinya berada di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo Rt. 002 Rw. 008, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. 

Direktur Marketing dan Operasional Franky Hardy menjelaskan, The Heritage Palace merupakan wisata keluarga karena bisa dinikmati segala usia.

“Konsep kami wahana wisata keluarga tentang pengenalan gedung tua peninggalan kolonial dan fotografi,” jelasnya kepada Kompas.com, Minggu (1/1/2023).

Daya tarik The Heritage Palace adalah bangunan bekas Pabrik Gula (PG) Gembongan peninggalan kolonial Belanda yang berdiri sejak 1899 silam. Bangunan bergaya Eropa klasik tersebut telah diakui sebagai Bangunan Cagar Budaya, seperti dikutip dari situs resminya.

“Bangunan tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda yang awalnya didirikan pada 1899 sebagai pabrik gula dengan nama PG Gembongan,” jelasnya.

Berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektar, The Heritage Palace memiliki sembilan gedung megah bergaya khas Eropa klasik. Namun, Franky menuturkan baru lima gedung yang berfungsi sebagai destinasi wisata.

Fasilitas The Heritage Palace 

The Heritage Palace menawarkan sejumlah fasilitas wisata menarik bagi pengunjung. Fasilitas wisata tersebut bisa dinikmati pengunjung dari berbagai usia sehingga cocok menjadi pilihan tempat libur bersama keluarga.   

Secara umum, The Heritage Palace terbagi menjadi dua area wisata yakni indoor dan outdoor.

“The Heritage Palace memberikan fasilitas spot-spot foto gedung tua, taman, konsep spot foto tiga dimensi, Omah Kwalik, dan museum transportasi di area indoor,” terang Franky.

Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan hasil foto maksimal, Franky menyarankan pengunjung menggunakan jasa petugas foto di The Heritage Palace.

“Ada fasilitas petugas yang bisa membantu pemotretan di setiap wahana yang ada. Mereka sudah kami latih teknik pengambilan gambar dengan angle yang maksimal,” imbuhnya.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang bangunan ala kastel Eropa klasik. Bangunan The Heritage Palace yang didominasi warna abu-abu tampak megah sebagai latar belakang foto.

Spot favorit wisatawan adalah pintu masuk bangunan dengan tulisan The Heritage Palace di atasnya.

Terdapat taman di area The Heritage Palace yang dilengkapi dengan patung hias, bangku taman, lampu taman, dan tanaman hias.

Jika wisatawan membeli tiket outdoor, bisa berfoto di area taman outdoor ini. Ada beberapa mobil antik parkir di area taman sehingga bisa dijadikan tambahan properti foto.

Museum transportasi berada di area indoor The Heritage Palace. Wisatawan yang berkunjung ke museum ini bisa melihat koleksi mobil antik.

Tidak ketinggalan, wisatawan bisa berfoto dengan mobil antik tersebut.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang lukisan tiga dimensi sehingga tampak nyata. Selain foto individu, spot foto tiga dimensi ini bisa digunakan untuk rombongan sehingga semakin seru.

Omah Kwalik merupakan spot foto unik karena properti yang digunakan terbalik. Namun, jangan khawatir karena properti tersebut telah diatur sedemikian rupa sehingga aman digunakan.

Jam buka The Heritage Palace 

The Heritage Palace buka setiap hari. Adapun, jam buka The Heritage Palace adalah 09.00 sampai dengan 16.30 WIB untuk penjualan tiket.

Namun, untuk pengunjung yang sudah membeli tiket dan berada di dalam The Heritage Palace diperbolehkan berkeliling area hingga pukul 19.00 WIB.

Harga tiket masuk The Heritage Palace 

Tiket masuk The Heritage Palace terbagi menjadi dua macam. Pertama, tiket outdoor seharga Rp 30.000 per orang.

“Tiket ini hanya bisa untuk akses di area outdoor saja, meliputi view taman dan gedung cagar budaya,” jelas Franky.

Kedua, tiket terusan seharga Rp 55.000 per orang pada weekday dan Rp 65.000 per orang saat weekend dan hari libur. Tiket terusan ini berlaku untuk semua wahana indoor dan outdoor.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/02/210200327/the-heritage-palace--harga-tiket-jam-buka-dan-fasilitas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke