Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Wahana Dufan yang Ramah untuk Penyandang Disabilitas

KOMPAS.com - Dunia Fantasi (Dufan) merupakan salah satu unit rekreasi di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, yang memiliki puluhan atraksi menarik sekaligus menantang. 

Sebagian besar wahana di Dufan umumnya harus dinaiki dengan ketentuan tertentu, salah satunya memiliki kondisi tubuh yang sehat.

  • Seharian Keliling di Dufan Ancol Bersama Penyandang Disabilitas
  • 2 Bus Malang City Tour yang Ramah Disabilitas, Segera Beroperasi di Kota Malang

Kendati demikian, Dufan juga menyediakan beberapa permainan yang ramah untuk pengunjung penyandang disabilitas. 

Seperti pada Kamis (22/12/2022) lalu, Kompas.com berkesempatan mengikuti Trip to Dufan bersama sekitar 40 penyandang disabilitas, yang diadakan oleh Wisata Kreatif Jakarta. 

Terkait wahana yang ramah bagi penyandang disabilitas, pendiri Wisata Kreatif Jakarta sekaligus ketua kegiatan Ira Lathief mengatakan, hal itu tergantung dengan kebutuhan khusus yang dimiliki.

Ia menjelaskan, ada beberapa wahana ekstrem yang tidak bisa dinaiki penyandang tunadaksa, serta penderita penyakit jantung atau epilepsi.

"Pihak Dufan memang menyampaikan, ada tiga wahana yang bisa dinikmati secara nyaman untuk semua disabilitas, seperti Turangga-rangga, Bianglala, dan Istana Boneka, itu secara fisik bisa untuk yang pakai kursi roda atau tunadaksa lainnya," ujar Ira.

Adapun kata dia, untuk tunarungu atau tunawicara pada dasarnya bisa menaiki wahana apa saja, selama berhati-hati dan ikut arahan. 

"Mereka yang tunarungu atau tunawicara tidak memiliki keterbatasan fisik yang bisa mengganggu atau menghambat saat naik wahana ekstrem. Tadi anak-anak juga semangat mau naik semua," imbuhnya. 

Wahana Dufan yang ramah untuk penyandang disabilitas

Berikut informasi mengenai wahana-wahana di Dufan yang aman untuk penyandang disabilitas, dikutip dari laman resminya, Selasa (3/1/2023). 

Di wahana ini, pengunjung bisa menaiki perahu yang melintas di atas "sungai" sambil melihat sekitar 600 boneka animatronic yang lucu di sisi kanan dan kiri.

Tak hanya melihat boneka-boneka berpakaian baju tradisional dan dunia, kamu juga akan mendengar lagu yang menghibur sepanjang perjalanan. 

Adapun boneka-boneka tersebut dapat menyapa dan bergerak secara sendirinya. Ini menjadi wahana yang cocok dinikmati siapa saja, termasuk penyandang disabilitas.

Wahana Turangga- Rangga adalah sebuah komidi putar yang dilengkapi 40 "kuda" tunggangan serta dihiasi ribuan lampu yang membuatnya semakin meriah.

Wahana klasik di Dunia Fantasi ini akan berputar secara pelan sehingga tidak membuat tegang para pengunjung. Ada juga tempat duduk yang bisa diisi dengan kursi roda atau alat bantu bagi tunadaksa lainnya. 

Permainan ini akan mengajak pengunjung memasuki romantisme saat kanak-kanak, sehingga tak heran Turangga-Rangga cukup digandrungi pengunjung segala usia.

Wahana Bianglala merupakan sebuah kincir besar yang siap membawa pengunjung pada ketinggian kurang lebih 33 meter di atas permukaan laut.

Berkapasitas 180 orang, wahana ini tepat untuk dinikmati bersama keluarga, teman, pasangan, atau kerabat. Penyandang disabilitas termasuk tunadaksa juga bisa menikmati wahana ini dengan aman dan nyaman. 

Walaupun dapat dinikmati kapan saja, banyak pengunjung yang memilih untuk menikmati wahana ini pada sore hari.

Sebab, selain dapat menikmati panorama taman bermain dari ketinggian, mereka juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam yang silih berganti dengan gemerlap lampu-lampu di kawasan Ancol. 

Tidak hanya tiga wahana tadi, Ira mengatakan bahwa sebenarnya aneka pertunjukan atau show yang ada di Dufan bisa menjadi opsi bagi penyandang disabilitas, khususnya tunadaksa atau yang mengidap kelainan jantung. 

"Sebenarnya kan ada show juga, di Dufan ada sekitar tiga show setiap harinya, misalnya Dinoland," kata Ira. 

Menurut dia, pertunjukan hiburan di panggung dengan cerita musikal dan plot yang mendidik bisa menjadi hiburan sekaligus edukasi bagi para pengunjung, termasuk bagi penyandang disabilitas. 

Mereka bisa tinggal duduk tenang dan nyaman sambil menikmati penampilan dari Dufan yang menghibur, pungkasnya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/03/201500327/4-wahana-dufan-yang-ramah-untuk-penyandang-disabilitas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke