Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qantas Jadi Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia 2023

KOMPAS.com - Qantas dinobatkan sebagai maskapai penerbangan paling aman di dunia tahun 2023 oleh AirlineRatings.com, salah satu situs web pemeringkat keselamatan dan produk penerbangan di dunia. 

Maskapai penerbangan asal Australia ini kembali mendapatkan posisi teratas dalam Top Twenty Safest Airlines 2023. Qantas berhasil mengungguli pemenang tahun lalu yakni Air New Zealand dengan perbedaan skor yang tipis.

  • Cara Transit Pesawat Bagi Pemula dengan Satu atau Beda Maskapai
  • Daftar 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022 Versi World Airline Awards

"(Peringkat) Top Twenty Safest Airlines kami semuanya menonjol di industri dan berada di garis depan keselamatan, inovasi, dan peluncuran pesawat baru," ujar Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas, dikutip dari laman resminya, Selasa (3/12/2022).

Ia menjelaskan, margin antara dua puluh maskapai teraman tahun 2023 sangat kecil.

"Mereka semua adalah maskapai yang luar biasa,” imbuh Thomas.

Faktor penilaian

Dalam membuat peringkat ini, AirlineRatings.com mempertimbangkan berbagai faktor.

Faktor tersebut termasuk tingkat insiden serius, kecelakaan fatal, audit dari badan pengatur penerbangan dan industri, profitabilitas, inisiatif keselamatan terkemuka di industri, penilaian pelatihan pilot ahli, dan usia armada.

Dalam memilih Qantas sebagai maskapai penerbangan teraman di dunia untuk tahun 2023, editor AirlineRatings.com mencatat bahwa selama 100 tahun sejarah operasionalnya, maskapai penerbangan ini telah mengumpulkan rekor luar biasa.

"Rekornya adalah sebagai yang pertama dalam pengoperasian dan keselamatan, lalu sekarang diakui sebagai maskapai yang paling berpengalaman di industri perusahaan penerbangan," tutur Thomas.

Ia mengatakan, Qantas sebagai maskapai penerbangan Australia telah menjadi yang terbaik dalam pengembangan Sistem Navigasi Udara Masa Depan; perekam data penerbangan untuk memantau pesawat dan kinerja awak; pendaratan otomatis menggunakan Sistem Satelit Navigasi Global, serta pendekatan presisi di sekitar pegunungan dalam segala cuaca menggunakan RNP.

"Qantas adalah maskapai terdepan dengan pemantauan mesin secara real-time di seluruh armadanya menggunakan komunikasi satelit, ini memungkinkan maskapai mendeteksi masalah sebelum menjadi persoalan utama," terangnya.

Berikut daftar 20 maskapai penerbangan paling aman berdasarkan peringkat versi AirlineRatings.com:

20 maskapai berbiaya rendah (low-cost) paling aman tahun 2023

AirlineRatings.com juga memberi peringkat 20 besar maskapai penerbangan bertarif rendah teraman. Berikut daftarnya sesuai urutan abjad:

Tidak seperti sejumlah maskapai berbiaya rendah lainnya, kata Thomas, semua maskapai di atas telah lulus Audit Keselamatan Operasional Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IOSA) yang ketat dan memiliki catatan keselamatan yang baik.

Ia menjelaskan, penilaian dari AirlineRatings hanya melihat insiden yang serius atau fatal, bukan insiden sehari-hari pesawat karena manufaktur. 

“Semua maskapai mengalami insiden setiap hari dan banyak yang merupakan masalah pembuatan pesawat, bukan masalah operasional maskapai,” katanya.

“Cara awak pesawat menangani insiden itulah yang menentukan maskapai yang terbaik dari peringkat tersebut," imbuh Thomas. 

Sebagai informasi, AirlineRatings diluncurkan pada Juni 2013 untuk menilai produk keselamatan dan penerbangan dari 385 maskapai menggunakan sistem peringkat bintang tujuh.

Penilaian AirlineRatings telah digunakan oleh jutaan penumpang dari 180 negara dan telah menjadi standar industri penerbangan untuk menilai suatu produk dan tingkat keselamatannya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/03/220400427/qantas-jadi-maskapai-penerbangan-paling-aman-di-dunia-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke