Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebab Antrean Daftar Paspor Online Sering Penuh, Banyak Orang Pilih E-Paspor

KOMPAS.com - Antrean untuk mendaftar membuat paspor online akhir-akhir ini memang kerap penuh.

Kepala Subkordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Ahmad Nur Saleh menjelaskan, selalu penuhnya kuota antrean online paspor disebabkab oleh berbagai macam faktor.

Salah satunya, kata dia, karena pemohon sering kali memilih opsi e-paspor di Kantor Imigrasi terdekat saat mendaftar aplikasi di M-Paspor.

Padahal di Kantor Imigrasi terdekat itu belum tersedia e-paspor, hal itulah yang menyebabkan antrean paspor di aplikasi M-Paspor menjadi terlihat penuh.

Agar tidak antre saat bikin paspor online

Oleh karena itu, Ahmad menyarankan apabila kuota penuh ketika memilih e-paspor, baiknya pemohon mengubah permohonannya menjadi paspor biasa.

Dengan begitu, kuota akan tersedia dan Kantor Imigrasi yang terdekat akan terdeteksi. Tentunya, pastikan pengaturan lokasi di ponsel menyala dan aplikasi VPN mati.

"Terus diperhatikan juga waktu kapan kuota dibuka, yakni setiap awal bulan," ujar Ahmad.

Dikutip dari Kompas.com (5/6/2022), Direktorat Jenderal Imigrasi menambah kuota penerbitan paspor hingga tiga kali lipat di seluruh kantor imigrasi di Indonesia.

Ini dilakukan untuk menindaklanjuti tingginya permohonan paspor dalam beberapa waktu terakhir.

Peningkatan permintaan paspor akhir-akhir ini disebabkan oleh sejumlah hal, seperti situasi pandemi yang mulai membaik, relaksasi regulasi perjalanan internasional oleh sejumlah negara, serta dibukanya kembali penyelenggaraan ibadah umroh dan haji oleh Arab Saudi.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/05/143100627/sebab-antrean-daftar-paspor-online-sering-penuh-banyak-orang-pilih-e-paspor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke