Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport Bisa Diakses Sampai 25 Januari 2023

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) memberikan fasilitas layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport untuk seluruh masyarakat Indonesia mulai 7 Januari sampai 25 Januari 2023.

"Layanan ini diberikan mencermati permohonan paspor yang terus meningkat, sekaligus memfasilitas masyarakat yang hanya memiliki waktu saat akhir pekan," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim pada Sabtu (06/01/2023) dalam siaran pers yang Kompas.com terima.

  • Cara Membuat Paspor Secara Offline, Simak Caranya
  • Cara Bayar Paspor di M-Paspor via ATM, M-Banking, dan Internet Banking

Untuk diketahui, Paspor Simpatik merupakan layanan paspor yang diberikan kepada masyarakat setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, dengan kuota paspor walk-in ditentukan oleh kantor imigrasi setempat.

Sementara Eazy Passport merupakan layanan paspor yang diberikan khusus untuk kelompok rentan setiap hari kerja, yakni Senin sampai Jumat.

Adapun masyarakat yang termasuk kelompok rentan di sini meliputi anak-anak usia bawah lima tahun (balita), lanjut usia (lansia) 60 tahun lebih, serta penyandang disabilitas.

  • 3 Tips Cepat Dapat Antrean Pendaftaran Paspor Online
  • Bikin Paspor dalam Sehari, Simak Caranya Berikut Ini

Khusus untuk layanan Eazy Passport, tidak ada jumlah minimal pemohon yang harus dikumpulkan untuk dilayani oleh pihak imigrasi setempat.

Guna memudahkan, khusus kantor imigrasi di wilayah DKI Jakarta menghadirkan Mobil Layanan Paspor untuk layanan Eazy Passport.

Peringati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73

Adapun tujuan pengadaan layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport ialah dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 yang diperingati pada 26 Januari 2023 mendatang.

Pelaksanaan layanan Paspor Simpatik dan Eazy Passport didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jendral Imigrasi Nomor IMI- 0005.KP.04.01 Tahun 2023 Tentang Panitia Nasional Hari Bhakti Imigrasi ke 73 Tahun 2023.

"Pembukaan Eazy Passport di setiap hari kerja hingga mendekati HBI dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di penjuru negeri," kata Silmy.

  • 14 Isu Travel Terpopuler Sepanjang 2022, Banyak Soal Paspor Indonesia
  • Syarat dan Panduan Lengkap Cara Bikin Paspor Tahun 2023

Ia juga berharap hadirnya dua layanan paspor ini bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan, khususnya bagi masyarakat kelompok rentan yang ingin mengurus paspor.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor melalui layanan Paspor Simpatik maupun Eazy Passport, dapat melakukan konfirmasi ke kantor imigrasi yang dituju.

Adapun informasi kontak kantor imigrasi se-Indonesia, dapat diakses di laman resmi imigrasi go.id. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/08/150300027/layanan-paspor-simpatik-dan-eazy-passport-bisa-diakses-sampai-25-januari-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke