Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Cara Naik Bandros Bandung Buat Keliling Kota

KOMPAS.com - Bandung Tour on Bus atau lebih dikenal sebagai Bandros adalah bus wisata keliling Kota Bandung.

Keunikan Bandros adalah tampilannya yang bergaya art deco, dengan warna cerah seperti merah, kuning, ungu, merah muda, hijau, dan putih.

Satu unit Bandros Bandung mampu mengangkut 23 hingga 24 orang berkeliling kota. Mengutip Kompas.com (15/2/2022), para penumpang akan ditemani pramuwisata yang memperkenalkan gedung, nama jalan, dan lokasi-lokasi yang dilewati oleh Bandros.

Cara naik Bandros Bandung 

Cara naik Bandros Bandung terbilang mudah bagi wisatawan. Berikut panduan naik Bandros Bandung, seperti dikutip dari Tribun Travel.

1. Wisatawan mendatangi shelter Bandros Bandung. Setidaknya ada tiga lokasi shelter Bandros Bandung, meliputi Gasibu atau tepatnya di depan Museum Geologi, Taman Balai Kota Bandung, dan Alun-alun Kota Bandung.

2. Membeli tiket Bandros Bandung langsung kepada petugas ketika penumpang hendak naik bus.

Harga tiket Bandros adalah Rp 20.000 per orang untuk sekali jalan dan Rp 40.000 per orang untuk multitrip atau full day.

Berikut jadwal bus Banros seperti dihimpun dari laman Instagram resminya @bus.bandros dan Kompas.com.

Bus Bandros beroperasi setiap hari, dari Senin sampai dengan Minggu. Sementara, jadwal bus Bandros mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

“Tidak perlu bingung mau naik Bandros, karena Bandros kami beroperasi pada Senin ‑ Minggu dari jam 08.00 ‑ 16.00 WIB,” bunyi keterangan dalam akun Instagram @bus.bandros, dikutip Kompas.com, Minggu (8/1/2023).

Rute Bandros Bandung

Informasi mengenai rute bus Bandros perlu diketahui wisatawan sehingga bisa menentukan perjalanan yang diinginkan.

Berdasarkan informasi dari Tribun Jabar (28/12/2022), penumpang bisa menaiki Bandros dari Alun-alun Kota Bandung atau Jalan Diponogoro (Gasibu).

Rute Alun-alun Kota Bandung

Untuk rute ini, penumpang bus Bandros akan diajak berkeliling melewati Alun-alun Kota Bandung, Banceuy, Cikapundung, Braga, Suniaraja, Perintis Kemerdekaan, Wastukancana, LLRE Martadinata, Ir H Djuanda, Diponogoro, Citarum, Lombok Aceh, Sumatera, Tamblong, Asia Afrika, dan kembali ke Alun-alun Kota Bandung.

“Titik naik dan turunBbandros yang berada di pusat Kota Bandung ada di Alun-alun Bandung, tepatnya berada di seberang Pendopo Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum,”  bunyi keterangan dalam akun Instagram @bus.bandros. 

Rute Jalan Diponogoro (Gasibu)

Untuk rute ini, penumpang bus Bandros akan diajak berkeliling melewati Jalan Diponogoro, Citarum, Lombok Aceh, Sumatera, Tamblong, Asia Afrika, Alun-alun, Banceuy, Cikapundung, Braga, Suniaraja, Perintis Kemerdekaan, Wastukancana, LLRE Martadinata, Ir H Djuanda, dan kembali ke Jalan Diponogoro.

“Selain di Alun-alun Kota Bandung, warga juga bisa naik dari Jalan Diponegoro lebih tepatnya berada di seberang Museum Geologi,” bunyi keterangan dalam akun Instagram @bus.bandros. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/08/200200227/catat-cara-naik-bandros-bandung-buat-keliling-kota-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke