Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Wisata Dekat Taman Gajah Tangerang, Bisa Jalan Kaki

KOMPAS.com - Wilayah Kota Tangerang, Banten, memiliki sejumlah taman ramah anak yang pas untuk dikunjungi keluarga saat liburan. Salah satunya adalah Taman Gajah Tunggal.

Taman yang diresmikan tahun 2017 ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

  • Taman Gajah Tunggal Tangerang: Jam Buka, Aktivitas, dan Tiket Masuk
  • 10 Wisata Menarik Tangerang, Pas untuk Liburan Akhir Pekan

Bila sudah puas menghabiskan waktu di taman tersebut, wisatawan bisa mampir ke sejumlah tempat wisata lainnya yang berlokasi tidak jauh bahkan ada juga yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Kampung Bekelir memiliki jarak 270 meter dari Taman Gajah Tunggal dengan lama berjalan kaki hampir lima menit. Dari taman tersebut, wisatawan tinggal berjalan lurus di tepi Sungai Cisadane.

Beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kampung Bekelir dulunya merupakan kampung kumuh yang kemudian diubah menjadi kawasan dengan berbagai spot Instagramable.

Taman Bambu berjarak sekitar 650 meter dari Taman Gajah Tunggal. Wisatawan bisa mencapainya dengan berjalan kaki hampir 10 menit dan tidak perlu menyeberang.

Sesuai namanya, terdapat pepohonan bambu dan jembatan yang terbuat dari bambu di taman ini. Pengunjung pun bisa berjalan santai sembari menikmati suasana.

3. Tangcity Mall

Wisatawan yang ingin berbelanja bisa mampir ke Tangcity Mall. Pusat perbelanjaan ini berada sekitar 800 meter dari Taman Gajah Tunggal sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. 

Terdapat beragam restoran dan pertokoan di tempat ini. Tangcity Mall juga menjadi salah satu titik pemberhentian Bus Rapid Trans (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) atau Bus Tayo Tangerang.

Setelah mengunjungi Taman Bambu, wisatawan bisa menyeberangi Jalan Perintis Kemerdekaan untuk tiba di Taman Potret.

Ruang terbuka hijau tanpa tiket masuk ini terletak sejauh 950 meter dari Taman Gajah Tunggal dengan durasi berjalan kaki selama kira-kira 15 menit. 

Beragam aktivitas bisa dilakukan di Taman Potret, antara lain berolahraga, berfoto-foto di depan sejumlah patung, wisata kuliner, dan bersantai.

Museum Benteng Heritage berjarak 1,5 kilometer dari Taman Gajah Tunggal, jadi wisatawan dianjurkan untuk berkendara selama sekitar 15 menit agar bisa sampai di lokasi. 

Terletak di kawasan Pasar Lama Tangerang, museum ini dikenal sebagai museum warisan budaya peranakan yang didirikan tahun 2011. Di tempat ini, wisatawan bisa mengetahui lebih jauh soal sejarah kaum Tionghoa di Tangerang.

Wisatawan yang ingin berbelanja atau berwisata kuliner pada malam hari bisa berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang. 

Jarak dari Taman Gajah Tunggal ke Pasar Lama Tangerang mencapai 2,4 kilometer dengan lama berkendara sekitar 20 menit. 

Beragam hidangan bisa ditemukan di kawasan ini, mulai dari hidangan Indonesia hingga Korea.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/09/080822727/6-tempat-wisata-dekat-taman-gajah-tangerang-bisa-jalan-kaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke