Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ancaman Resesi 2023, Indonesia Atur Ulang Target Negara Wisman

KOMPAS.com - Indonesia akan menyesuaikan target pasar wisatawan mancanegara (wisman) di tengah ancaman resesi ekonomi dunia tahun 2023. Salah satunya ialah membidik wisman asal India.

Sebab, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, ancaman resesi semakin terlihat setelah tiga lokomotif ekonomi dunia yakni Amerika, China, dan negara-negara Eropa diprediksi akan melambat ekonominya.

  • Perbatasan Dibuka, Maskapai Asal China Buka Banyak Rute Internasional Baru
  • Indonesia Siap Gaet 650.000 Wisman Malaysia Lewat Wisata Religi

"Oleh karena itu kami langsung melakukan penyesuaian dari segi fokus untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya wisatawan mancanegara," kata Menparekraf Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (9/1/2023).

Lebih lanjut, penyesuaian fokus diarahkan pada negara-negara yang menjadi pasar besar Indonesia.

Saat ini, jumlah kunjungan wisatawan negara-negara seperti India, Australia, dan Selandia Baru, menunjukkan peningkatan luar biasa.

"Untuk wisatawan mancanegara, kami arahkan fokus kita pada pasar besar kita, termasuk India yang peningkatannya sangat luar biasa."

"Australia dan Selandia Baru yang tidak termasuk zona resesi, Malaysia dan Singapura yang terus bertumbuh," paparnya.

Buka lebih banyak rute penerbangan internasional

Dalam menggaet pasar ini, pemerintah mendorong pembukaan rute penerbangan langsung dari negara-negara tersebut menuju Indonesia.

Bahkan, Presiden Joko Widodo telah memberi arahan langsung agar penerbangan dari India bisa segera diupayakan.

"Diperintahkan langsung oleh bapak presiden, penerbangan langsung dari India. Nah, ini yang kami upayakan di kuartal pertama bersama Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan," tutur Sandiaga. 

Pembukaan rute dari India ke Indonesia menurutnya diperlukan agar India sebagai pasar yang sangat potensial bisa terlayani lebih maksimal. Utamanya dengan penerbangan langsung ke dua destinasi unggulan, yaitu Denpasar dan Jakarta.

Selain itu, kata Sandiaga, akan ada pula penambahan penerbangan langsung dari Australia menuju destinasi unggulan, Bali, dalam waktu dekat.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/10/185720927/ancaman-resesi-2023-indonesia-atur-ulang-target-negara-wisman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke