Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puncak Bau Nyale Digelar 10-11 Februari 2023

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTT) menetapkan puncak Bau Nyale atau menangkap cacing laut akan digelar pada 10 dan 11 Februari 2023 di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Tanggal tersebut ditentukan berdasarkan hasil ritual sangkap warige tokoh budayawan maupun tokoh agama setempat.

"Sesuai hasil sangkap warige atau musyawarah, Bau Nyale di Pantai Seger itu ditetapkan Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari," kata Tokoh Budayawan, Agus Fathurrahman di Desa Wisata Ende Desa Sengkol di Praya, Rabu (11/1/2023), seperti dikutip Antara.

Adapun ritual sangkap warige penentuan puncak Bau Nyale digelar satu kali setahun dan dipusatkan di Desa Wisata Adat Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Lendek Jayadi mengatakan, penetapan puncak Bau Nyale 2023 dilakukan berdasarkan tanda-tanda alam yang terjadi.

Tanda-tanda tersebut di antaranya bunyian tengkere, bintang rowot, penanggalan sasak, serta tanda alam lain sesuai yang disampaikan oleh para tokoh dalam ritual sangkap warige.

"Bau Nyale ini akan menjadi rangkaian menyambut ajang Wold Supebike (WSBK) di Sirkuit Mandalika bulan Maret 2023 mendatang," ucap Lendek Jayadi.

Adapun dalam tradisi Bau Nyale, warga dari berbagai daerah turun ke laut untuk berburu cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, sebab memiliki jiwa yang bersih dan telah berkorban untuk kesejahteraan masyarakat.

Konon, sang Putri Mandalika memilih terjun ke laut di Pantai Seger saat para raja ingin menjadikannya sebagai istri. Namun, dirinya tidak bisa memilih salah satu dari raja tersebut.

  • Itinerary 2 Hari 1 Malam di Lombok, ke Pantai hingga Sirkuit Mandalika
  • 5 Pilihan Hotel di Lombok, Dekat Sirkuit Mandalika

Demi mencegah pertumpahan darah, Putri Mandalika terjun ke laut dan akan kembali dalam bentuk cacing laut pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak.

Tradisi Bau Nyale diselenggarakan sekitar bulan Februari untuk nyale awal dan Maret untuk nyale akhir di Pantai Seger atau di sepanjang pantai selatan Lombok Tengah.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/11/161922127/puncak-bau-nyale-digelar-10-11-februari-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke