Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Hotel Melati? Berikut Penjelasannya

KOMPAS.com - Ada beragam tipe penginapan yang tersedia bagi para tamu, mulai dari hotel, resort, vila, guest house, dan homestay. Dari berbagai tipe penginapan tersebut, kita kerap mendengar istilah hotel melati.

Lantas, apa itu hotel melati? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian hotel melati adalah hotel dengan tarif murah. Hotel melati kerap menjadi pilihan bagi para tamu yang mencari penginapan dengan budget terbatas.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menjelaskan, hotel melati adalah sebutan untuk hotel yang memiliki standar manajemen dan fasilitas yang minimal.

“Hotel non bintang mempunyai standar yang minimal,” jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023).

Namun, Maulana mengatakan bahwa penyebutan hotel melati tidak lagi berlaku sejak penerbitan UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan aturan turunannya, Peraturan Menteri (Permen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.

“Penyebutan hotel melati sudah lama tidak disebut hotel melati, tapi sekarang sudah menjadi hotel nonbintang,” tuturnya.

Dalam Permen tentang Standar Usaha Hotel klasifikasi hotel dibagi dua yakni hotel bintang dan hotel nonbintang.

Hotel bintang adalah hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel bintang satu, dua, tiga, empat, dan bintang lima.

Sedangkan, hotel nonbintang adalah hotel yang tidak memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel sebagai hotel bintang satu.

“Sejak itu, penggunaan istilah untuk beda klasifiaksi hotel menyebutkannya hotel bintang dan nonbintang,” imbuhnya.

Senada, Pengamat Pariwisata dan CEO Sevenfold Asia, Arief Gunawan menjelaskan bahwa istilah hotel melati merujuk kepada penginapan kecil.

“Hotel tersebut berkategori hotel kecil atau rumah inap dengan fasilitas terbatas atau cukup hanya untuk tidur,” terangnya.

Ia menjelaskan, sejak pemerintah menertibkan tipe usaha hotel dan membagi kategori hotel berbintang, ada sejumlah hotel melati yang masuk hotel bintang satu atau dua.

“Banyak hotel yang berkategorikan melati atau sederhana masuk dalam kategori hotel berbintang satu paling rendah atau hotel bintang dua,” katanya.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/13/150500427/apa-itu-hotel-melati-berikut-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke