Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalimantan Selatan Targetkan Lebih dari 11,2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

KOMPAS.com - Lebih dari 11,2 wisatawan ditargetkan untuk mengunjungi tempat wisata di Kalimantan Selatan pada tahun 2023. 

Hal ini lantaran jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke provinsi tersebut pada tahun 2022 sudah sebanyak 11,2 juta wisatawan.

  • 5 Oleh-oleh Kerajinan Khas Banjarmasin, Ada Batu Permata dan Kain Sasirangan
  • 6 Oleh-oleh Makanan Khas Banjarmasin, Ada Sambal Acan

"Sedangkan untuk wisatawan mancanegara itu sekitar 42.000," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan M Syarifuddin, dikutip dari Antara, Sabtu (14/1/2023).

Pihaknya optimistis akan tercapainya target tahun 2023 tersebut dan bangkitnya pariwisata Kalimantan Selatan berkat dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022 lalu.

"Makanya kita optimistis target naik 10 persen tahun ini," katanya.  

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kata dia, telah menetapkan sejumlah event (acara) pariwisata bernuansa budaya daerah di Kalimantan Selatan dalam daftar Karisma Event Nusantara 2023.

Event tersebut adalah Festival Kebudayaan Pasar Terapung di Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Festival Budaya Saijaan di Kabupaten Kotabaru, Festival Budaya Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Banjarmasin Sasirangan Festival di Kota Banjarmasin, dan Festival Budaya Adat Dayak di Kabupaten Balangan.

  • Goa Batu Hapu Kalimantan Selatan, Situs Geologi dengan Banyak Pesona
  • Ziarah ke Makam Ulama di Desa Wisata Kubah Basirih Kalimantan Selatan

Tidak hanya itu, Kalimantan Selatan juga memiliki beragam tempat wisata alam dan religi.

Untuk wisata religi, wisatawan bisa mendatangi makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan di Martapura, Kabupaten Banjar. 

Terdapat juga tempat wisata yang baru dikembangkan yaitu Gunung Batu, Kiram Park, dan Mandiangin.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/14/080554827/kalimantan-selatan-targetkan-lebih-dari-112-juta-kunjungan-wisatawan-pada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke