Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Naik Bus Tingkat Semarang, Bisa Bawa Rombongan 

KOMPAS.com - Ingin mencoba cara baru berkeliling Kota Semarang? Wisatawan bisa naik bus tingkat alias double decker yang bernama Si Denok, Si Kenang, dan Si Kuncung.

Sebelum naik bus wisata Semarang, wisatawan perlu mengetahui cara naik bus tingkat Semarang.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi keliling Kota Semarang naik bus tingkat, maka tidak dipungut biaya alias gratis. 

“Untuk menikmati bus wisata itu tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis,” bunyi informasi dari akun Instagram Bus Wisata Kota Semarang, @buswisata_kotasemarang, dikutip Sabtu (14/1/2023).

Berikut cara naik bus tingkat Semarang berdasarkan informasi dari laman Pemerintah Kota Semarang dan akun Instagram Bus Wisata Kota Semarang.

Untuk diketahui, bus tingkat Semarang melayani penumpang individu (perorangan) dan rombongan.

1. Cara naik bus tingkat Semarang perorangan 

1. Bagi penumpang perorangan, bisa langsung datang ke loket bus tingkat Semarang di Museum Ranggawarsita. Lokasinya berada di Jalan Abdulrahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. 

“Tidak ribet, tidak ada biaya apapun, langsung saja daftar ke loketnya di Museum Ranggawarsita,” bunyi informasi di laman Pemerintah Kota Semarang.

2. Menunjukkan kartu identitas kepada petugas. Adapun satu identitas pendaftar bisa mendapatkan alokasi dua tempat duduk.

2. Cara naik bus tingkat Semarang rombongan 

1. Penumpang rombongan lebih dulu mengirimkan surat permohonan City perihal Tour Kota Semarang. Surat permohonan tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang.

“Surat permohonan dikirimkan ke Dinas Perhubungan Kota Semarang alamtnya di Jalan Tambak Aji Raya No.5, Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang,” bunyi informasi di laman Pemerintah Kota Semarang.

2. Dalam surat permohonan, cantumkan jumlah peserta. Adapun peserta minimal adalah 30 orang dan maksimal 60 orang.

3. Selain itu, dalam surat permohonan harus tertera nomor kontak dari penanggung jawab rombongan

4. Setelah surat dikirim, rombongan tinggal menunggu jadwal naik bus tingkat Semarang dari pihak pengelola.

Jadwal bus tingkat Semarang

Jadwal bus tingkat Semarang adalah Sabtu dan Minggu bagi wisatawan perorangan. Ada tiga jadwal bus tingkat Semarang yakni 08.00 WIB, 11.00 WIB, dan 15.00 WIB.

“Khusus Jumat, keberangkatan pukul 11.00  WIB siang dialihkan ke 13.00 WIB,” bunyi informasi di laman Pemerintah Kota Semarang.

Sedangkan bagi wisatawan rombongan, bisa melakukan tur di luar jadwal tersebut menyesuaikan jadwal kelompok. Namun, wisawatan rombongan harus lebih dulu mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang.

Rute bus tingkat Semarang 

Selama perjalanan, bus tingkat Semarang akan melewati ikon dan tempat wisata Kota Semarang. Adapun titik mulai dan berakhirnya tur bus tingkat Semarang adalah dari Museum Ranggawarsita.

Berikut rute bus tingkat Semarang, berdasarkan informasi dari akun Instagram Bus Wisata Kota Semarang.

Museum Ranggawarsita- sepanjang Kalibanteng (Jalan Jenderal Sudirman)-Banjir Kanal Barat (BKB) Jalan Sugiyopranoto-Tugu Muda-Jalan Imam Bonjol-Stasiun Poncol, Kota Lama, Jalan Pemuda, dan Balai Kota Lawang Sewu.

Kemudian, kembali memutar di Tugu Muda-Pandanaran-Simpang Lima-Pusat Oleh-oleh Pandanaran-Kampung Pelangi-Taman Kasmaran-RS. Kariadi-Kaliagarang-Sam Poo Kong-Pamularsih-dan berakhir di Museum Ranggawarsita.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/14/140700827/cara-naik-bus-tingkat-semarang-bisa-bawa-rombongan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke