Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Jeruk Identik dengan Imlek di Indonesia?

KOMPAS.com - Jeruk merupakan salah satu buah yang erat kaitannya dengan Imlek. Jelang Imlek pada hari Minggu (22/1/2023), kamu bisa menemukan banyak dekorasi maupun suguhan jeruk. 

Guru Besar Program Studi China Universitas Indonesia (UI) Hermina Sutami menyampaikan, jeruk identik dengan Imlek, bukan hanya di Indonesia saja, tetapi di negara-negara yang juga merayakan Imlek.

"Kata jeruk berbunyi cheng, tetapi cheng juga berarti ‘sukses’. Jadi memberi jeruk secara simbolis bermakna semoga sukses," ujar Hermina kepada Kompas.com. 

  • Kenapa Imlek Identik dengan Warna Merah?
  • 7 Ucapan Tahun Baru Imlek 2022 dalam Bahasa Mandarin dan Maknanya

Lebih lanjut, kata Hermina, bila dilihat dari sudut warna, jeruk melambangkan warna cerah yang dianggap untuk kehidupan yang akan cerah.

"Jeruk juga terdiri dari bagian-bagian yang semua bagian tersebut akan menyatu membentuk satu kesatuan yang bundar,” imbuhnya.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com (1/2/2019), jeruk dalam Bahasa Mandarin berbunyi "ju" yang dekat dengan bunyi kata keburuntungan yakni "ji", menjadi simbol pengharapan baik.

Kebiasaan dan kepopuleran jeruk saat Imlek

Jeruk sangat populer dari minggu-minggu sebelum Imlek, seperti ditulis dalam Kompas.com (11/1/2023). Tanaman pot jeruk mini mungkin bisa banyak ditemukan di tempat orang-orang yang merayakannya.

Warna oranye terlihat seperti matahari dan selaras dengan prinsip Yang (positif). Dengan demikian, jeruk menjadi simbol kelimpahan dan kebahagiaan yang sangat menguntungkan. 

Tidak hanya pot, ada juga tradisi menempatkan jeruk mandarin bersama dengan amplop merah di samping bantal anak-anak di setiap rumah tangga Tionghoa untuk memberi mereka keberuntungan.

Selain itu, jeruk juga ditempatkan di wadah nasi untuk membawa berkah yang baik bagi keluarga serta untuk hadiah.

  • Itinerary Seharian di Glodok, Cocok Dikunjungi Saat Libur Imlek
  • Tak Cuma Jeruk, 6 Buah Ini Dianggap Bawa Keberuntungan Saat Imlek

Tidak hanya jeruk, ada beberapa buah lainnya yang sering menjadi dekorasi atau digunakan saat Imlek, seperti dikutip Kompas.com (2/1/2022). 

Beberapa di antaranya ada kumquat, apel, semangka, jeruk bali, nanas, delima, dan anggur.

Masing-masing buah juga memiliki pemaknaan tersendiri, seperti simbol kekayaan dan keberuntungan, simbol harmoni dan perdamaian, hingga simbol keberuntungan dan persatuan keluarga. 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/15/190700027/kenapa-jeruk-identik-dengan-imlek-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke