Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Jenis Wisata yang Baik Dikunjungi pada Tahun Kelinci Air 2023

KOMPAS.com - Tahun Baru China 2574 Kongzili atau Imlek 2023 jatuh pada Minggu (22/1/2023). Dalam kalender China, tahun 2023 merupakan tahun kelinci air.

Tahun kelinci air diprediksi membawa sejumlah pengaruh pada sektor pariwisata. Salah satunya, jenis wisata yang baik untuk dikunjungi wisatawan dan difokuskan oleh para pelaku wisata.

Pakar feng shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, Angelina Fang, menjelaskan, pada dasarnya ilmu feng shui melihat potensi bencana alam yang berpotensi muncul di tahun kelinci air.

“Jadi, kita bisa menghindari berwisata ke daerah atau negara yang berpotensi mengalami bencana alam tersebut,” terangnya kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Ia menuturkan, kelinci mewakili elemen kayu kecil (kayu yin) yang datang bersamaan dengan elemen air kecil (air yin) pada 2023 ini. Elemen ini diprediksi berdampak pada cuaca buruk, seperti hujan, cuaca dingin, angin kencang, dan gelombang tinggi. 

Dengan prediksi tersebut, Angelina menyarankan wisatawan untuk menghindari tempat wisata air, daerah berpotensi gempa dan longsor, serta wisata ke area barat dunia ataupun sisi barat dari sebuah pulau di Indonesia. 

Jenis wisata yang baik pada tahun kelinci air

Angelina mengatakan, selain tempat yang sebaiknya dihindari tersebut, obyek wisata lainnya boleh dikunjungi wisatawan. Prediksi tersebut juga berlaku bagi pelaku bisnis pariwisata.

Setidaknya, ada tiga jenis wisata yang disarankan dikunjungi wisatawan dan difokuskan para pelaku bisnis pariwisata pada tahun kelinci air ini.

“Yang yang disarankan adalah wisata berhubungan dengan kuliner, wisata berhubungan dengan religi, serta wisata yang berhubungan dengan romantisme,” kata Angelina.

Secara umum, Angelina menuturkan, sektor pariwisata memiliki tantang pada tahun 2023 ini lantaran memiliki elemen air.

“Dengan demikian, kita bisa mengaitkan bidang travel ke elemen yang oke di tahun ini untuk membantu,” terangnya.

Ia mengatakan, bidang bisnis yang diproyeksi cukup bagus pada tahun kelinci air ini adalah memiliki elemen tanah dan elemen api. Lantas, apa saja jenis wisata yang memiliki elemen tanah dan elemen api? Berikut penjelasannya.

Angelina menjelaskan, wisata religi mewakili elemen tanah sehingga diperkirakan memiliki peruntungan yang cukup bagus pada tahun kelinci air.

“Kalau elemen tanah sifatnya bisa lebih religius maupun kekeluargaan, maka bisnis travel bisa difokuskan ke travel religi,” jelasnya.

Sementara itu, elemen api berkaitan dengan sektor kuliner atau restoran. Oleh sebab itu, wisatawan ataupun pelaku wisata disarankan memilih wisata kuliner.

“Kalau elemen api berhubungan dengan restoran atau kuliner, maka bisa travel yang dikhususkan pada wisata kuliner,” jelasnya.

Menariknya, pilihan wisata romantis diprediksi ramai diburu masyarakat pada 2023.

Pakar feng shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, Yulius Fang, menjelaskan, tahun kelinci air merupakan tahun yang romantis sehingga diperkirakan perasaan romantis akan lebih menonjol.

Hal ini diramal membuat orang ingin melakukan perjalanan wisata bersama pasangan. Oleh sebab itu, Yulius memperkirakan pilihan wisata romantis bakal ramai.

“Jadi perjalanan wisata romantis untuk pasangan maupun keluarga, juga bisa menjadi salah satu target pasar yang bisa dibidik oleh para pelaku bisnis pariwisata,” ujar Yulius.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/19/154800327/3-jenis-wisata-yang-baik-dikunjungi-pada-tahun-kelinci-air-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke