Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

57 Naturalist Guide di TN Komodo Mulai Kegiatan Konservasi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sebanyak 57 orang naturalist guide dari Kampung Komodo, Rinca, dan Papagarang mulai melaksanakan program penguatan konservasi di Loh Liang Pulau Komodo dan Pulau Padar Utara, Taman Nasional Komodo.

Kegiatan sudah dilakukan sejak 1 Januari 2023.

Untuk diketahui, dikutip dari situs Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, naturalist guide adalah kelompok interpreter binaan Koperasi Serba Usaha Taman Nasional Komodo yang anggotanya merupakan tenaga masyarakat sekitar.

"Di sana mereka menjalani apa yang sudah kami latih, baik itu kegiatan patroli, pengawetan pohon, maupun penghitungan satuan satwa," tutur Direktur Operasional PT Flobamor, Abner Runpah kepada Kompas.com di Labuan Bajo, Kamis (19/1/2022).

  • Alasan Tarif Masuk TN Komodo Batal Naik, Fokus Kaji Ulang Daya Tampung
  • Tarif Masuk TN Komodo Rp 3,75 Juta Batal, Segini Harga Tiketnya

Ia menambahkan, selain kegiatan patroli dan pengawasan, para naturalist guide juga membantu membuka jalur trekking baru di kawasan Padar Utara, serta membersihkan sampah di sekitar.

"Jalur trekking sudah kami buka baru, sudah dibersihkan," ungkapnya.

Abner menjelaskan, keterlibatan penuh ke-57 naturalist guide itu merupakan upaya mendukung keberlangsungan program penguatan konservasi di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

Sebelum diturunkan di lapangan, ke 57 naturalis guide itu mendapatkan sejumlah pelatihan baik dari anggota BTNK maupun tenaga profesional dari Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) yang merupakan bagian dari TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan).

Selama mengikuti pelatihan, 57 peserta diberikan materi terkait pengenalan kawasan, konservasi, dan keramahtamahan (hospitality).

  • Liburan Hemat ke Labuan Bajo dari Jakarta Bisa Naik Apa?
  • Kisaran Biaya ke Labuan Bajo; Transportasi, Penginapan, dan Makan

Sebelumnya, Saptono, Koordinator TWNC yang menjadi salah seorang mentor dalam pelatihan ke 57 warga lokal itu menyebutkan sebelum turun bekerja, para naturalist guide sebelumnya telah dibekali sejumlah pengetahuan dasar mulai dari wawasan kebangsaan, konservasi hinggah kepada kemampuan membaca peta dan hospitality.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/20/080250527/57-naturalist-guide-di-tn-komodo-mulai-kegiatan-konservasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke