Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Romokalisari Adventure Land Surabaya Tambah Satwa Baru di Mini Zoo

KOMPAS.com - Romokalisari Adventure Land di Kota Surabaya, Jawa Timur, menambah satwa baru yaitu delapan jenis burung dan ayam di area Mini Zoo.

"Dari awal Romokalisari Adventure Land memang kita siapkan ada Mini Zoo, mulai dari ikan, rusa, kura-kura, kelinci, dan domba hias. Kemudian yang terbaru juga ada beberapa jenis satwa burung," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (20/1/2023).

  • Harga Tiket Wahana Romokalisari Adventure Land, Wisata Baru Surabaya
  • Pemerintah Kota Surabaya Susun Paket Wisata Adventure Land Romokalisari

Ditempatkan di kandang khusus, delapan jenis unggas yang ada di Mini Zoo Romokalisari Adventure Land adalah burung jalak hitam enam ekor, jalak suren enam ekor, burung murai enam ekor, dan burung nuri enam ekor.

Kemudian ada pula parkit australia (burung falk) enam ekor, burung kepodang enam ekor, burung gelatik enam ekor, dan ayam golden pheasant tiga ekor.

Selain unggas tersebut, Mini Zoo Romokalisari Adventure Land juga memiliki satwa lainnya, di antaranya kura-kura sulcata delapan ekor, domba merino 10 ekor, dan kelinci rex dewasa 33 ekor.

Jika mengunjungi Mini Zoo, wisatawan tidak hanya bisa melihat tapi juga memberi makan satwa. Di area itu sudah ada pedagang yang khusus menjajakan makanan satwa.

"Yang menjual makanan satwa dari warga MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di sana. Jadi pengunjung yang datang bisa kasih makan kelinci, makan rusa, domba, dan kura-kura," ujar Antiek.

Ke depannya, Mini Zoo Romokalisari Adventure Land berencana mendatangkan satwa baru yakni ikan hias yang akan ditempatkan di akuarium kaca.

"Dalam waktu dekat ada ikan hias. Harapan kita tentu mereka (pengunjung) kalau masuk menikmati itu ada yang baru," tutur Antiek.

"Kita juga melakukan evaluasi apakah ke depan perlu ada tiket masuk untuk Mini Zoo," imbuhnya.

Animo pengunjung Romokalisari Adventure Land dinilai tinggi

Antiek menerangkan bahwa sejauh ini antusiasme masyarakat terhadap Romokalisari Adventure Land cukup tinggi, khususnya saat libur tahun baru 2023 dan akhir pekan. 

"Pada saat libur tahun baru itu bisa 2.000 hingga 3.000 kunjungan dalam satu hari. Kalau hari biasa normal, Sabtu-Minggu kunjungan bisa mencapai 500 hingga 1.000 (kunjungan)," jelasnya. 

  • 10 Wisata Indoor di Surabaya, Ada Tempat Main Salju
  • 5 Tempat di Surabaya untuk Memperingati Hari Pahlawan

Mini Zoo, kata dia, menjadi salah satu daya tarik Romokalisari Adventure Land, selain wahana berbayar dan aktivitas lainnya.

Untuk diketahui, Romokalisari Adventure Land berada dekat dengan Rusun Romokalisari di Kecamatan Benowo.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (26/9/2022), dari Patung Suro dan Boyo jaraknya 21 kilometer dengan waktu berkendara hampir satu jam.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/20/130000127/romokalisari-adventure-land-surabaya-tambah-satwa-baru-di-mini-zoo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke