Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Jokowi, Mampir ke 4 Tempat Ini Saat Wisata di Sulawesi Utara

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendatangi sejumlah tempat di Sulawesi Utara, sehubungan dengan kunjungan kerjanya ke provinsi tersebut sejak Rabu (18/1/2023).

Di tempat-tempat itu, Presiden tidak hanya melakukan peresmian tapi juga berjalan-jalan, menyantap makan malam, dan menyapa masyarakat.

  • Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo Masih Tutup usai Diresmikan Jokowi
  • Mengenal Wogo, Kampung Adat di NTT yang Pernah Dikunjungi Jokowi

Berikut daftar tempat di Sulawesi Utara yang dikunjungi oleh Jokowi sebagai inspirasi saat berwisata di provinsi tersebut:

Berlokasi di Teluk Manado, Bunaken dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam dengan daya tarik berupa ekosistem bawah laut dan beragam aktivitas olahraga air.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (20/1/2023), Jokowi dan rombongan berangkat dari Dermaga Mega Mas, Kota Manado, menuju Bunaken menggunakan moda transportasi laut. 

Sesampainya di Dermaga Pulau Bunaken, Presiden meninjau kawasan dan homestay yang ada. Diharapkan, wisatawan mancanegara (wisman) bisa kembali berwisata ke kawasan tersebut.

  • Itinerary 3 Hari 2 Malam di Manado, Indahnya Bawah Laut TN Bunaken
  • Bunaken Akan Punya Dermaga Baru

"Ini telah kita perbaiki paling tidak untuk mukanya sudah kelihatan, homestay untuk turis juga sudah disiapkan, ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Jika berkunjung ke Bunaken, wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari berfoto-foto dengan latar pantai, menikmati pemandangan terumbu karang dari atas kapal, snorkeling, hingga menyelam.

Terdapat sekitar 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang berbeda-beda sehingga bisa dieksplor oleh wisatawan.

Jokowi dan rombongan juga dijadwalkan mengunjungi Pantai Malalayang pada Jumat (20/1/2023) guna meresmikan penataan kawasan pantai dan Ecotourism Village Bunaken. 

Adapun Pantai Malalayang berlokasi di Kecamatan Malalayang yang jaraknya 8-10 kilometer dari pusat Kota Manado.

  • 25 Tempat Wisata Manado dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi
  • 5 Tempat Instagramable di Manado dan Sekitarnya

Di pantai ini, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/7/2019), wisatawan bisa menikmati panorama alam sambil duduk santai atau menyelam. 

Pantai Malalayang juga menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam (sunset).

Pada Kamis (19/1/2023) lalu, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara. 

"Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya sudah lima setengah tahun, dibangun dengan anggaran Rp 1,9 triliun," kata Jokowi, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Jumat (20/1/2023). 

Memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektar, Bendungan Kuwil Kawangkoan berfungsi sebagai pembangkit listrik sekaligus mengurangi banjir.

  • Kawasaran, Ritual Berusia 1.800 Tahun dari Minahasa
  • Kisah Kuburan Orang Minahasa Kuno di Desa Sawangan

Uniknya, di bendungan ini terdapat tempat wisata budaya yang bisa dikunjungi.

"Di Bendungan ini ada Kawasan Wisata Waruga sebagai wisata budaya untuk mengenal para leluhur di Sulawesi Utara," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dilansir dari Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

4. Manado Town Square

Setelah meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, pada malam hari tepatnya pukul 20.00 Wita, Jokowi mengunjungi Manado Town Square di Kota Manado.

Di pusat perbelanjaan ini, Jokowi tidak hanya berjalan-jalan dan menyapa pengunjung, tapi juga berbelanja pakaian.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (20/1/2023), Jokowi membeli celana panjang hitam dan tiga baju anak berwarna merah, kuning, dan hijau.

Selepas berbelanja, Presiden menyantap makan malam di restoran Gula Merah. 

Beberapa hidangan yang dinikmati oleh Jokowi adalah empal cabai hijau, empal balado, tempe bacem, nasi goreng, es teh manis, dan es campur.

Sebagai informasi, mal yang dibuka tahun 2006 ini berlokasi di Jalan Pierre Tendean. Mal ini berjarak sekitar 16,7 kilometer dari Bandara Internasional Sam Ratulangi.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/20/151302827/seperti-jokowi-mampir-ke-4-tempat-ini-saat-wisata-di-sulawesi-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke