Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Wisata Dekat Munggur Park Klaten, Ada Beach Club ala Bali

KOMPAS.com - Munggur Park Klaten adalah taman rekreasi dengan konsep pasar malam yang dikemas secara modern serta dilengkapi dengan area bermain (playground).

“Jadi, wahana pasar malam kami kemas secara modern, kemudian menetap, dan konsepnya taman berman seperti playground,” ujar General Manager Munggur Park Klaten, Ovick Raharja kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Taman bermain seluas 5.000 meter persegi ini berlokasi di Jalan Kaswari, Gatak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pengunjung bisa menikmati aneka wahana permainan seperti jet coaster, kereta mini, gajah terbang, taman kelinci, rumah balon, taman Cappadocia, bianglala, kora-kora, trampolin, dan terbaru rumah hantu Misteri Pabrik Karung Goni.

Seperti layaknya pasar malam, Munggur Park Klaten buka dari sore hingga malam hari. Jam buka Munggur Park Klaten adalah 16.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Nah, sambil menunggu jam bukanya, pengunjung bisa bermain ke tempat wisata dekat Munggur Park Klaten berikut ini.

Wahana Soko Alas adalah obyek wisata baru yang buka pada Selasa (20/12/2022) lalu. Lokasinya berada di Desa Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Jarak Munggur Park ke Wahana Soko Alas sekitar 8,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh 16 menit.

Mengutip Kompas.com (27/12/2022), obyek wisata baru ini mengusung konsep The Art of Destination, yakni menyuguhkan ilustrasi-ilustrasi yang berkaitan dengan kesenian dan kerajinan tangan, terutama dari kayu.

Sejumlah aktivitas di Wahana Soko Alas antara lain berfoto di instalasi karya seni dari kayu, berfoto di tempat instagramable, memberi makan di embung, berenang, makan di restoran, dan gathering.

Tiket masuk di Wahana Soko Alas yakni Rp 10.000 per orang pada weekdays dan Rp 15.000 per orang pada weekend dan libur nasional.

Obyek wisata yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan. Umbul Ponggok adalah wisata bawah air yang memiliki spot foto Instagramable di dalamnya.

Lokasinya berada di Jalan Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Jarak Munggur Park ke Umbul Ponggok sekitar 9,4 km dengan waktu tempuh 18 menit.

Mengutip Kompas.com (8/8/2020), keunikan Umbol Ponggok adalah dasar kolam berupa pasir dan berisi berbagai jenis ikan. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidak bau amis karena terus mengalir.

Wisatawan yang masuk ke dalam kolam bisa menemui beberapa properti foto menarik, seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop.

Selain berfoto bersama ikan dan beberapa properti, wisatawan juga bisa snorkeling dan diving di Umbul Ponggok. 

Umbul Manten merupakan tempat wisata air yang berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Jarak Munggur Park ke Umbul Ponggok sekitar 9,8 km dengan waktu tempuh 19 menit.

Suasana Umbul Manten masih alami dan asri karena banyak pohon besar di sekitar kolam. Selain itu, air di Umbul Manten sangat jernih sehingga bebatuan di dasar kolam bisa terlihat dengan jelas.

Wisatawan bisa menyelam di kolam Umbul Manten yang memiliki kedalaman hingga 1,5 meter.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp6.000 per orang. Adapun jam operasional wisata Umbul Manten mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Kabupaten Klaten memiliki beragam pilihan wisata air yang berasal dari mata air alami. Selain Umbul Ponggok dan Umbul Manten, wisatawan bisa berkunjung ke Umbul Nilo.

Mengutip Kompas.com (12/6/2022), lokasi Umbul Nilo berada di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Jarak Munggur Park ke Umbul Ponggok sekitar 10,4 km dengan waktu tempuh 20 menit.

Umbul Nilo memiliki satu kolam utama yang luasnya sekitar 700 meter persegi dengan kedalaman 1,6 meter. Air Umbul Nilo sangat jernih sehingga  dasar kolam terlihat dari pinggiran.

Namun, pengunjung harus berhati-hati saat menyelam karena dasar kolam terdiri dari pasir dan bebatuan.

Tarif masuk Umbul Nilo Klaten adalah Rp 8.000 per orang pada weekday dan Rp 10.000 saat weekend. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Taman Wisata Omah Trasan adalah sebuah penginapan sekaligus tempat wisata dengan nuansa khas Jawa yang kental, seperti dikutip dari Tribun Travel (22/1/2023).

Lokasinya berada di Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Jarak Munggur Park ke Omah Trasan sekitar 4,2 km dengan waktu tempuh 9 menit.

Lokasi Omah Trasan berada di tengah pemukiman penduduk. Pengunjung bisa menikmarti penginapan unik yang berhias ornamen dan interior tradisional Jawa.

Selain itu, ada gamelan Jawa yang bisa dimainkan oleh wisatawan maupun tamu yang menginap.

Lokasi Bale Rantjah Park di luar Kabupaten Klaten, yakni Kabupaten Boyolali. Namun, bisa ditempuh dengan berkendara selama sekitar 16 menit dari Munggur Park Klaten.

Mengutip Kompas.com (19/5/2022), Bale Rantjah Park adalah wisata air dan kuliner kekinian dengan konsep beach club di Bali. Kolam di obyek wisata ini dibuat menyerupai pantai dengan bagian tepi yang landai.

Obyek wisata ini berlokasi di depan Bank BRI Gombang, atau tepatnya Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali

Bale Rantjah Park buka setiap hari, termasuk hari libur mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. Harga tiket masuk  Bale Rantjah Park mulai dari Rp 20.000 per orang hingga Rp 25.000 per orang.

Namun, harga tiket belum termasuk tarif wahana, parkir kendaraan, dan fasilitas berbayar lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/22/220200227/6-wisata-dekat-munggur-park-klaten-ada-beach-club-ala-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke