Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Wisatawan Dilarang Berenang di 3 Pantai Nusa Penida

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, melarang wisatawan berenang di tiga pantai di Nusa Penida yakni Pantai Kelingking, Pantai Atuh atau Diamond Beach, dan Angel Billabong.

Larangan ini disampaikan akibat terjadinya cuaca ekstrem, sebagaimana dimuat dalam Surat Edaran (SE) No. 556/028/DISPAR tentang Keselamatan dan Keamanan di Kawasan Pariwisata Nusa Penida pada Senin (23/1/2023).

  • 6 Wisata Dekat Munggur Park Klaten, Ada Beach Club ala Bali
  • 3 Tips ke Oculus Bali, Bawa Drone dan Baju Renang

"Mencermati cuaca ekstrem akhir-akhir ini dan terjadi beberapa kecelakaan di Nusa Penida, yang mana ada wisatawan yang terseret ombak, di Pantai Kelingking dan Diamond, jadi kami mengantisipasi peristiwa tersebut agar tidak terulang lagi," tutur Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Adapun poin yang tercantum dalam SE tersebut mencakup:

Sulis menyebutkan, imbauan di poin pertama ini juga berlaku bagi seluruh pelaku usaha pariwisata, termasuk pengusaha jasa transportasi seperti fast boat.

"Ini juga termasuk bagi pengusaha yang melayani jasa transportasi ke Nusa Penida, agar mengutamakan keselamatan wisatawan dan penduduk lokal kami yang menggunakan transportasi tersebut," ujarnya.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke tiga pantai tersebut juga diminta tetap waspada serta memperhatikan keselamatan diri dan keluarganya.

  • Kapan Waktu Terbaik ke Nusa Penida? Catat untuk Hindari Cuaca Buruk
  • Syarat Melihat Ikan Mola-mola di Nusa Penida Bali, Jangan Sentuh

https://travel.kompas.com/read/2023/01/25/170522527/cuaca-ekstrem-wisatawan-dilarang-berenang-di-3-pantai-nusa-penida

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke