Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat ke Jepang per Januari 2023, Wajib Vaksin Dosis Ketiga

KOMPAS.com - Mengetahui syarat ke Jepang terbaru menjadi hal penting jika ingin melancong ke Negeri Sakura.

Setelah melalui pembukaan perbatasan secara bertahap pasca pandemi Covid-19, Jepang kini sudah benar-benar membuka negaranya.

  • April Jadi Bulan Favorit Turis Asing ke Jepang, Apa Alasannya?
  • Kafe Bertema Anime Chainsaw Man Akan Dibuka di Jepang mulai Februari

Namun, masih ada syarat tertentu, yaitu bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jepang harus sudah vaksin tiga dosis.

"Kalau sudah tiga kali vaksin sudah boleh masuk tidak dipermasalahkan lagi," kata Executiver Director Japan National Tourism Organization (JNTO) Tamaki Hatakenaka saat dikonfirmasi, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Adapun aturan ini telah berlaku sejak Selasa (11/10/2022), setelah sebelumnya dilakukan beberapa pelonggaran masuk secara bertahap.

Wisatawan tidak perlu lagi menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan, jika memiliki surat keterangan vaksinasi (tiga dosis) dengan jenis vaksin yang disetujui.

Jenis vaksin tersebut mencakup Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Janssen, Bharat Biotech, Covovax, Covishield, Novavax, Sinopharm, Sinovac, dan Convidecia.

Belum vaksin tiga dosis masih harus tes

Hasil tes negatif sudah tidak lagi menjadi syarat ke Jepang.

Namun, dikutip dari Inside Kyoto (23/1/2023), pelaku perjalanan yang belum divaksinasi tiga dosis masih wajib menyerahkan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Informasi soal ketentuan data diri dalam tes negatif Covid-19 bisa dilihat di sini. 

Adapun untuk anak-anak usia di bawah 18 tahun yang sudah divaksin maupun belum, jika bepergian dengan wali yang sudah memenuhi syarat vaksin tiga dosis, dibebaskan dari aturan tes negatif Covid-19 dalam kurun waktu 72 jam. 

Jepang juga tidak lagi mewajibkan kepemilikan asuransi kesehatan sebagai syarat masuk ke negaranya.

"Kemudian juga kalau asuransi tidak wajib sebenarnya, tapi disarankan kalau memiliki asuransi lebih baik karena tidak ada yang tahu ke depannya," tutur Tamaki.

Japan Travel Fair 2023

Sebagai informasi, JNTO akan menggelar Japan Travel Fair (JTF) pada 3-5 Februari 2023 mendatang, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Bagi kamu yang tertarik berlibur ke Jepang, bisa memanfaatkan pameran perjalanan tersebut untuk memesan tiket promo maupun mencari informasi seputar pariwisata di Negeri Sakura. 

Tidak hanya itu, pengunjung dapat menemukan booth yang memberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan visa untuk bepergian ke Jepang. 

"Pengunjung nantinya dapat menemukan berbagai informasi wisata Jepang dari masing-masing eksibitor, termasuk visa di booth Japan Visa Aplication Center (JVAC) untuk membantu memberikan informasi mengenai visa ke Jepang," tuturnya.

  • Jepang Wajibkan Tes Covid-19 bagi Semua Pendatang dari China
  • Mau Liburan ke Jepang, Segini Kisaran Biayanya

Tamaki mengatakan bahwa pihaknya sudah mengkoordinasikan pembuatan visa kepada perusahaan ketiga.

Selain itu, semua proses pembuatan visa juga sudah dimudahkan.

Sehingga, bagi pengunjung yang selama ini masih bingung untuk prosedur visa dan lainnya, bisa mendapat penjelasan di booth JVAC.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/27/152613727/syarat-ke-jepang-per-januari-2023-wajib-vaksin-dosis-ketiga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke