Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Negara Anggota ASEAN, Berikut Daftar Lengkapnya

KOMPAS.com- Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi geopolitik dan ekonomi yang anggotanya adalah negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Saat ini, ASEAN memiliki 11 negara anggota.

Tahun ini, Indonesia terpilih menjadi Ketua ASEAN 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023 pada hari ini, Minggu (29/1/2023).

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia memiliki sejumlah tanggung jawab salah satunya adalah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit, seperti dilansir dari laman ASEAN.

Untuk diketahui, kepemimpinan ASEAN digilir setiap tahun sekali antara negara anggota. Lantas, negara mana saja anggota ASEAN?

Berikut ulasannya seperti dirangkum Kompas.com dari laman ASEAN dan Kementerian Luar Negeri. 

ASEAN dipelopori oleh lima negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Pada 8 Agustus 1967, menteri luar negeri dari lima negara pendiri tersebut bertemu di aula utama gedung Departemen Luar Negeri di Bangkok, Thailand.

Para menteri luar negeri tersebut menandatangani sebuah dokumen yang menjadi cikal bakal lahirnya ASEAN, atau dikenal sebagai Deklarasi ASEAN.

Lima menteri luar negeri tersebut adalah Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Kelimanya dikenal sebagai bapak pendiri ASEAN.

Daftar negara anggota ASEAN 

Berikut daftar 11 negara anggota ASEAN dan sejarah bergabungnya ke dalam organisasi.

1. Indonesia 

Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967. Tak hanya pelopor, Indonesia juga merupakan tuan rumah ASEAN Summit pertama yang digelar di Bali pada 23-24 Februari 1976.

Kantor Sekretariat ASEAN juga berada di Indonesia, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Jakarta Selatan. Sekretariat ASEAN itu, didirikan pada Februari 1976 oleh para Menteri Luar Negeri ASEAN.

Sebelum menempati lokasi saat ini, Sekretariat ASEAN berkantor di Kementerian Luar Negeri.

2. Filipina

Filipina merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967.

Pada KTT ASEAN ke-12 di Cebu, Filipina ditandatangani  Deklarasi Cebu mengenai Percepatan Pembentukan Masyarakat ASEAN pada 2015.

Adapun Masyarakat ASEAN terdiri atas tiga pilar, yaitu Pilar Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN, Pilar Masyarakat Ekonomi ASEAN, dan Pilar Masyarakat Sosial Budaya ASEAN. 

3. Malaysia 

Malaysia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967.

Malaysia menjadi lokasi lahirnya Visi ASEAN yang merupakan cikal bakal dari Masyarakat ASEAN (ASEAN Community), tepatnya di KTT ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia pada 15 Desember 1997

Visi ASEAN yakni membentuk suatu kawasan yang terintegrasi dalam satu masyarakat negara-negara Asia Tenggara yang terbuka, damai, stabil dan sejahtera, saling peduli, dan terikat bersama dalam kemitraan dinamis

4. Singapura

Singapura merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967. Pada KTT ASEAN ke-13 di Singapura disahkan Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN.

5. Thailand

Thailand merupakan salah satu negara pelopor ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967, sekaligus menjadi tempat lahirnya ASEAN.

Berdasarkan informasi dari laman Kementerian Luar Negeri, KTT ASEAN ke-14 Tahun 2009 di Cha Am Hua Hin, Thailand menjadi momentum pengesahan Cetak Biru Masyarakat Politik Keamanan ASEAN dan Cetak Biru Masyarakat Sosial Budaya ASEAN.

Selain itu, pada KTT tersebut para kepala negara anggota ASEAN menandatangani Deklarasi Cha Am Hua Hin mengenai Peta Jalan Pembentukan Masyarakat ASEAN 2009-2011.

6. Brunei Darussalam 

Brunei Darussalam resmi menjadi anggota ke-6 ASEAN pada 7 Januari 1984.

Negara yang memiliki ibu kota di Bandar Seri Begawan ini, disahkan menjadi anggota ASEAN dalam sidang khusus para Menteri Luar Negeri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting (AMM) di Jakarta.

7. Vietnam 

Vietnam merupakan anggota ke-7 ASEAN. Negara yang memiliki ibu kota di Hanoi ini resmi menjadi anggota ASEAN melalui pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN ke-28 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada 29-30 Juli 1995.

8. Laos

Laos merupakan anggota ke-8 ASEAN. Negara ini resmi menjadi anggota ASEAN pada para Menteri Luar Negeri ASEAN ke-30 di Subang Jaya, Malaysia tanggal 23-28 Juli 1997.

9. Myanmar 

Bersama Laos, Myanmar resmi menjadi anggota ke-9 ASEAN. Negara ini resmi menjadi anggota ASEAN pada para Menteri Luar Negeri ASEAN ke-30 di Subang Jaya, Malaysia tanggal 23-28 Juli 1997.

10. Kamboja

Kamboja merupakan negara anggota ASEAN ke-10 yang bergabung pada 30 April 1999. Negara ini resmi menjadi anggota ASEAN dalam upacara khusus penerimaan di Hanoi, Vietnam.

11. Timor Leste

Meskipun belum memiliki kenggotaan penuh, Timor Leste akhirnya diakui sebagai anggota ASEAN ke-11, mengutip dari Kompas.com (11/11/2022).

Pernyataan tersebut dirilis saat para pemimpin negara anggota ASEAN  bertemu dalam KTT di Phnom Penh, Kamboja pada November 2022 lalu.

“Kami pada prinsipnya setuju untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN,” bunyi pernyataan resmi ASEAN tersebut.

Dengan pengakuan itu, Timor Leste memiliki hak untuk mengikuti pertemuan negara-negara ASEAN. Langkah selanjutnya berkaitan dengan Timor Leste adalah  peta jalan untuk keanggotaan penuh, yang akan diajukan pada pertemuan puncak tahun ini.

Timor Leste telah mengajukan permohonan menjadi negara anggota ASEAN sejak 4 Maret 2011. Namun, hingga satu dekade sejak pengajuan resminya, keanggotaan Timor Leste masih dalam pembahasan oleh negara anggota lainnya karena berbagai alasan.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/29/233733227/11-negara-anggota-asean-berikut-daftar-lengkapnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke