Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Festival Unggulan Jatim 2023, Tak Cuma Jember Fashion Carnaval

KOMPAS.com - Delapan festival kebudayaan di Jawa Timur masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Dikutip dari situs Indonesia Travel yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), KEN -dulu disebut Calendar of Events, bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata melalui event, demi mendongkrak kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. 

  • Kharisma Event Nusantara dan Sportive 2023 Resmi Diluncurkan Hari Ini
  • 4 Kota di Indonesia yang Gelar Festival Layang-layang Internasional

Dikutip dari Antara, Jatim menjadi provinsi penyumbang festival terbanyak dalam KEN 2023.

"Semoga ini membawa kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat Jatim karena mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Minggu, (29/1/2023) seperti dikutip Antara. 

Adapun delapan festival yang telah diumumkan oleh Kemenparekraf tersebut antara lain Jember Fashion Carnaval, Festival Reog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmony, Festival Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

Khofifah meyakini, sektor pariwisata Jatim akan menunjukkan pertumbuhan positif tahun ini.

Salah satu faktor pendukungnya adalah karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia sudah dicabut.

"Ditambah, secara psikologis, masyarakat pun sangat haus untuk berwisata usai dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19," sambung mantan Menteri Sosial RI itu.

Ia berharap para wisata dan ekonomi kreatif dapat memanfaatkan secara maksimal momentum ini agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Termasuk dengan menyediakan fasilitas yang baik.

"Fasilitas makan cuci kakus atau MCK, hotel, tempat ibadah, restoran, tempat oleh-oleh, hingga sarana transportasi juga harus diperhatikan agar dapat memenangkan pasar," tuturnya.

Ada 254 kegiatan lainnya

Selain delapan agenda pariwisata yang masuk KEN 2023, Jatim juga memiliki 254 kegiatan berskala regional, nasional, hingga internasional dari sejumlah kabupaten/ kota.

Khofifah berpendapat, pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi tumpuan ekonomi daerah mauoun nasional yang memiliki peranan penting di tengah situasi ketidakpastian global saat ini.

https://travel.kompas.com/read/2023/01/30/073100927/8-festival-unggulan-jatim-2023-tak-cuma-jember-fashion-carnaval

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke