Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Masjid Jadi Fokus Pariwisata Halal Indonesia 2023

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pihaknya tengah mengembangkan wisata minat khusus berbasis masjid.

Hal ini menjadi salah satu fokus dari pariwisata halal atau ramah muslim tahun 2023.

  • Virtual Tourism Diperlukan untuk Gaet Pasar Wisata Halal di Indonesia
  • Wisata Halal Indonesia Bisa Jadi yang Terbaik di Dunia

“Kami sudah membentuk tim kecil bersama para stakeholders (pemangku kepentingan), kami ingin mengembangkan wisata minat khusus berbasis masjid,” ujar Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (30/1/2023).

Ia melanjutkan, wisata minat khusus ini akan menjual pengalaman unik (unique experience) bagi wisatawan karena aktivitasnya berupa mengunjungi masjid-masjid di Indonesia. 

"Aktivitas wisata mengunjungi masjid-masjid di Indonesia diharapkan tidak hanya dinikmati oleh wisatawan muslim saja, namun juga seluruh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara," imbuhnya. 

Apalagi, kata dia, pariwisata seharusnya memang bersifat inklusif, bukan eksklusif.

Tahun ini, Menparekraf juga menyampaikan, fokus dari pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) adalah untuk meningkatkan rating pariwisata halal Indonesia di mata dunia.

Salah satu caranya dengan memberikan tambahan layanan atau extension of service. 

Menurutnya, destinasi wisata halal di Indonesia bisa terus ditingkatkan dari segi kesiapan layanan kuliner, tempat ibadah, akomodasi, dan sistem ekonomi syariah. 

"Jadi extendend service ini misalnya ada halal tour package (paket wisata halal), halal food (makanan halal), halal hotel, halal finance (platform keuangan halal), dan halal-halal lainnya," tutur dia. 

Sandiaga menyebutkan, hal ini patut dihadirkan sebagai upaya penyediaan atau pelayanan bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan ibadah maupun kebutuhan sehari-hari.

  • Indonesia Peringkat 2 Wisata Halal Dunia, Tertinggi di Kategori Komunikasi
  • 3 Konsep yang Harus Dimiliki Wisata Halal di Indonesia dan Potensinya

Adapun hingga saat ini, sudah ada beberapa provinsi unggulan yang mengembangkan wisata halal, antara lain Sumatera Barat, Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, dan Madura. 

Selain beberapa destinasi tersebut, daerah lainnya juga akan terus dikembangkan, kata Sandiaga.

Tujuannya, agar target Indonesia dari peringkat dua pada 2022, tahun ini bisa menjadi peringkat pertama wisata halal di dunia versi The Global Muslim Travel Index (GMTI). 

https://travel.kompas.com/read/2023/01/31/110628427/wisata-masjid-jadi-fokus-pariwisata-halal-indonesia-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke