Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cap Go Meh Bogor 2023, Pengunjung Bisa Temukan 5 Hal Ini 

KOMPAS.com - Perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor 2023 atau dikenal sebagai Cap Go Meh-Bogor Street Festival (CGM-BSF) akan digelar secara terbuka untuk umum, pada Minggu (5/2/2023). 

Seperti biasanya, perayaan Cap Go Meh Bogor akan digelar sepanjang  Jalan Suryakencana hingga jalan Siliwangi, Kota Bogor. Selama dua tahun terakhir, perayaan tersebut digelar secara tertutup karena pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Cap Go Meh-Bogor Street Festival 2023, Arifin Himawan mengatakan, tema tahun ini adalah Unity In Diversity.

“Kami berharap, agar semua masyarakat kota Bogor dan sekitarnya, pada 5 Februari nanti dapat bergembira bersama. Menyaksikan dan menikmati keindahan keberagaman budaya kita, yang kami rangkai dalam tema Unity In Diversity,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Cap Go Meh merupakan akhir perayaan Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada tanggal 15 kalender lunar.

Namun, di Kota Bogor, tradisi ini telah berkembang menjadi pesta rakyat. Bahkan, Cap Go Meh Bogor Street Festival masuk dalam daftar 110 acara unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023.

Berikut lima hal yang bisa ditemui pada perayaan Cap Go Meh-Bogor Street Festival 2023, seperti dikutip dari siaran resminya.

Parade Pawai Budaya akan digelar sepanjang  Jalan Suryakencana hingga jalan Siliwangi, Kota Bogor. Parade budaya nusantara ini akan diikuti oleh ribuan pelaku seni.

Menariknya, parade yang menampilkan beragam budaya nusantara itu, akan digelar selama delapan jam.

Ada beragam atraksi menarik dalam Parade Pawai Budaya itu, antara lain Ogoh-ogoh Bali, Kendang Beleq Lombok, dan Bouraq Cirebon, Ondel-ondel Betawi, dan Reog Ponorogo.

Kemudian, belasan Sanggar Kesenian yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya juga akan mengikuti Parade Pawai Budaya ini.

2. Doa bersama perwakilan enam agama

Sebelum Parade Pawai Budaya dimulai, akan digelar doa bersama dari perwakilan enam agama di Kota Bogor, sebagai simbol harmonisme  hubungan antar umat beragama di Kota Bogor.

Selain itu, ada atraksi Lodong dan Goong khas Sunda untuk menyambut para tamu VIP pada acara pembukaan Cap Go Meh-Bogor Street Festival 2023.

Pada tahun ini, Cap Go Meh Bogor Street Festtival 2023, secara resmi akan memperkenalkan theme song dengan judul Dari Kita Untuk Bogor, Dari Bogor Untuk Indonesia.

Usai Parade Pawai Budaya dan Sholat Maghrib sekitar pukul 19:00 WIB, acara dilanjutkan dengan atraksi barongsai dan liong.

Ratusan pemain Liong dan Barongsai serta puluhan tandu akan melanjutkan kemeriahan acara Cap Go Meh Bogor 2023.

Rangkaian atraksi ini diawali dengan ratusan lampion gemerlap berwarna merah. Para peserta atraksi berasal dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi.

4. Pameran UMKM 

Salah satu rangkaian acara Cap Go Meh Bogor Street Festival 2023 adalah bazar UMKM yang dilangsungkan pada 26 Januari sampai 2 Februari 2023.

Kemudian, pada puncak acara 5 Februari 2023 mendatang, sebanyak 80 UMKM terpilih akan disediakan tenda guna menampilkan produknya.

Sekitar 80 UMKM tersebut, akan menempati 40 tenda di sekitar lokasi pawai sepanjang Jalan Suryakencana hingga Jalan Siliwangi, Kota Bogor.

“Disiapkan tenda supaya lebih tertib dan rapi, terkonsentrasi agar memudahkan baik untuk pengunjung maupun bagi UMKM itu sendiri mendapat konsumen, bagi 80 UMKM terpilih akan menempati tenda dan fasilitasnya secara gratis," tutur Sekretaris Panitia Cap Go Meh Bogor Street Festival 2023, Yandi.

5. Kuliner 

Para pengunjung. Cap Go Meh Bogor Street Festival 2023, bisa menemukan aneka kuliner khas Bogor pada festival rakyat tersebut.

Walikota Bogor Bima Arya berharap perayaan Cap Go Meh Bogor 2023 mendapatkan antusiame masyarakat Bogor dan sekitarnya.

"Dengan puluhan ribu yang hadir menyaksikannya nanti, kami tentu berharap, secara keseluruhan acara ini akan berdampak positif bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya. Terutama dampak ekonomi pada pelaku UMKM,” ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/01/153500027/cap-go-meh-bogor-2023-pengunjung-bisa-temukan-5-hal-ini-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke