Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Indonesia, Negara Anggota ASEAN 

KOMPAS.com - Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi geopolitik dan ekonomi yang anggotanya adalah negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Saat ini, ASEAN memiliki 11 negara anggota, namun satu anggota belum masuk secara resmi yakni Timor Leste. 

Indonesia merupakan salah satu pelopor lahirnya ASEAN, bersama Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Indonesia resemi bergabung menjadi negara anggota ASEAN pada  8 Agustus 1967. Tak hanya pelopor, Indonesia juga merupakan tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit pertama yang digelar di Bali pada 23-24 Februari 1976.

Tahun ini, Indonesia terpilih menjadi Ketua ASEAN 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023 pada hari ini, Minggu (29/1/2023).

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia memiliki sejumlah tanggung jawab salah satunya adalah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit, seperti dilansir dari laman ASEAN.

Untuk diketahui, kepemimpinan ASEAN digilir setiap tahun sekali antara negara anggota. Berikut profil lengkap Indonesia, seperti dihimpun Kompas.com.

Ibu kota Indonesia adalah Jakarta. Namun, negara ini tengah memulai megaproyek pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru, yaitu Nusantara yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bentuk negara Indonesia adalah republik, dengan presiden sebagai kepala negara didampingi oleh wakil presiden. Saat ini, Presiden RI adalah Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024.

Lagu kebangsaan 

Lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya karangan Wage Rudolf (WR) Soepratman pada 1924. Lagu Indonesia Raya pertama kali diperkenalkan di depan umum pada 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda II di Batavia (kini Jakarta).

Setelah mengalami beberapa kali perubahan, lagu Indonesia Raya akhirnya diputar dalam upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setelah pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno, seperti dikutip dari Kompas.com (9/9/2022).

Bahasa nasional dan budaya 

Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan sejumlah pulau besarnya antara lain Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Bali.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak suku yang tersebar di pelosok Nusantara. Setiap suku memiliki adat istiadat,  budaya, dan bahasa masing-masing.

Namun, bahasa nasional Indonesia adalah bahasa Indonesia.

Dalam laporan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Indonesia berada di peringkat keempat negara penduduk terbanyak di dunia, seperti dikutip dari Kompas.com (16/11/2022). Jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 275 juta jiwa pada 2022. 

Perekonomian 

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hasil bumi Indonesia berupa minyak bumi, gas alam, berbagai jenis mineral, rotan, kayu, palawija, dan lainnya.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, serta anggota dari G20. Mata uang Indonesia adalah rupiah.

Julukan negara 

Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa karena wilayahnya dilalui  garis khatulistiwa, persisnya adalah Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Indonesia memiliki banyak potensi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata sejarah, dan wisata buatan. Bahkan, salah satu magnet wisata di Indonesia yakni Pulau Bali tercatat sebagai destinasi terpopuler di Asia pada 2023 versi TripAdvisor.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia berada di peringkat kedua negara dengan garis terpanjang di dunia, seperti dikutip dari Tribun Travel (30/11/2022). 

Tak heran, Indonesia memiliki banyak gugusan pantai indah yang menarik banyak wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Sejumlah pantai di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara adalah pantai-pantai di Bali, Raja Ampat di Papua Barat, pantai selatan di Yogyakarta, pantai-pantai di Nusa Tenggara, dan masih banyak lagi. 

https://travel.kompas.com/read/2023/02/02/104800427/profil-indonesia-negara-anggota-asean-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke