Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waktu Terbaik Liburan ke Jepang, Tentukan Dulu Mau Lihat Apa

KOMPAS.com - Jepang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup diminati wisatawan seluruh dunia, tak terkecuali dari Indonesia.

Negara dengan julukan matahari terbit ini tidak hanya menarik dari segi suasana, tetapi juga dari kuliner, budaya, sejarah, dan pemandangan alam yang menawarkan lanskap berbeda setiap musimnya.

  • Liburan ke Jepang 2023, Simak Syarat Masker dan Vaksin Terbaru
  • Japan Travel Fair 2023: Tiket Pesawat ke Jepang PP Mulai Rp 5 Jutaan

Usai Jepang membuka kembali negaranya untuk tujuan wisata, tidak sedikit wisatawan asal Indonesia yang merencanakan keberangkatan liburan ke Jepang.

Waktu favorit kebanyakan wisatawan ke Jepang

Executive Director Japan National Tourism Organization (JNTO) Jakarta Tamaki Hatakenaka mengatakan waktu terbaik berkunjung ke Jepang pada dasarnya disesuaikan dengan tujuan kedatangan wisatawan ke Jepang.

"Melihat data analitik, banyak orang yang datang pada saat sakura mekar, itu (waktunya) dari pertengahan Maret hinga April," kata Tamaki kepada Kompas.com di Mall Kota Kasablanka pada Jumat (3/2/2023).

Menurut Tamaki, setiap tujuan wisata yang berbeda tentu punya waktu kunjungan terbaik masing-masing.

Seperti halnya wisatawan yang akan datang untuk melihat salju, maka bisa datang saat musim dingin, yaitu sekitar bulan Desember hingga Januari.

Begitu juga dengan wisatawan yang akan datang untuk menikmati suasana musim gugur bisa datang ke Jepang sekitar bulan Oktober hingga November.

"Saat ini waktu yang tepat berkunjung (ke Jepang) untuk melihat bunga sakura mekar. Waktu ini (saat bunga sakura mekar) yang menjadi promosi di Japan Travel Fair 2023," kata Tamaki.


Sesuaikan dengan tujuan wisata

Sejalan dengan Tamaki, petugas di Hokkaido Government Representative Office (ASEAN) Edmond Leong mengatakan kategori waktu kunjungan terbaik dikembalikan kepada apa yang ingin dilihat oleh wisatawan di Jepang.

Khususnya di Hokkaido, setiap musimnya memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti saat musim salju, wisatawan dapat berkunjung pada awal Februari untuk melihat Sapporo Snow Festival.

"Kalau mau lihat bunga sakura, bisa datang sekitar bulan Mei. Kalau ingin melihat bunga lavender mekar, bisa datang sekitar bulan Juli hingga Agustus saat summer," kata Edmond kepada Kompas.com di Mall Kota Kasablanka pada Jumat (3/2/2023).

Lebih lanjut dikatakan, jika wisatawan ingin melihat daun mapple berguguran, bisa datang sekitar bulan Oktober hingga November.

Serupa halnya jika wisatawan hendak berlibur ke Gifu. Khusus wisatawan yang ingin datang untuk melihat bunga sakura mekar, bisa datang ke Kuil Ganjo-ji sekitar awal hingga pertengahan bulan April.

"Biasanya yang paling sering didatangi oleh wisatawan ke Gifu itu Shirakawago saat musim dingin sekitar bulan November hingga Februari," kata Tourism Promosion Divison Gifu Prefectural Government Okamoto Taku kepada Kompas.com.

Okamoto mengatakan, sulit untuk menentukan destinasi terbaik dan waktu terbaik kunjungan ke Jepang karena setiap musim sepanjang tahun punya daya tarik tersendiri. 

https://travel.kompas.com/read/2023/02/04/180600227/waktu-terbaik-liburan-ke-jepang-tentukan-dulu-mau-lihat-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke