Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Destinasi Super Prioritas Baru Indonesia, Ada Bromo dan Raja Ampat

KOMPAS.com – Salah satu strategi pemerintah Indonesia untuk memulihkan sektor pariwisata pascapandemi Covid-19 adalah pengembangan lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Adapun kelima DSP itu adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Lombok atau Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Hal itu disampaikan Direktur Pemasaran Reg 1 Asia-Pasifik Kementerian Pariwisata danEkonomi Kreatif (Kemenparekraf) Raden Wisnu Sindhutrisno.

Wisnu menjelaskan seputar pengembangan DSP itu saat National Tourism Organization (NTO)s Press Briefing pada ASEAN Tourism Forum di Hotel Marriot Yogyakarta, Kamis (2/2/2023).

5 Destinasi Super Prioritas yang baru

Wisnu pun menjelaskan bahwa pemerintah akan lanjut mengembangkan 5 DSP lagi selain yang sudah dikembangkan sekarang.

“Kami terus mengembangkan 5 DSP yang sebelumnya, sampai nanti total ada 10 DSP,” sambung Wisnu.

Ia melanjutkan, kelima DSP baru itu adalah Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, dan Raja Ampat di Papua Barat.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, Kamis (29/4/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, tujuan pengembangan DSP adalah agar kualitas kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional bisa lebih lama tinggal.

Pengembangan dilakukan mulai dari infrastruktur, kualitas jaringan telekomunikasi, produk ekonomi kreatif, hingga mempersiapkan SDM yang unggul, agar DSP jadi level dunia.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/04/210100927/5-destinasi-super-prioritas-baru-indonesia-ada-bromo-dan-raja-ampat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke