Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Situ Cipondoh, Sydney Opera House-nya Tangerang yang Harus Dijaga

KOMPAS.com - Situ Cipondoh termasuk tempat wisata baru di Tangerang. Tempat ini dibuka pada Januari 2023, tepatnya Sabtu (14/1/2023), setelah ditata oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten.

"Kami ingin Situ Cipondoh nantinya bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat tidak mengenal strata sosial, dan tidak dipungut biaya sehingga betul-betul menjadi ruang terbuka publik," terang Kepala DPUPR Provinsi Banten Arlan Marzan, dikutip dari laman resminya, Senin (4/4/2022).

  • Situ Cipondoh Tangerang: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Aktivitas
  • 6 Tips ke Situ Cipondoh Tangerang, Bawa Kantong Sampah dan Uang Tunai

Adapun proses penataan berdurasi sekitar enam bulan, dari Juni 2022 hingga Desember 2022. Fasilitas yang dibangun, antara lain pasar terapung dan jogging track sepanjang 350 meter.

Namun, sebelum penataan ini, sesungguhnya Situ Cipondoh atau Danau Cipondoh telah menjadi tempat wisata masyarakat sejak dulu.

Pada waktu itu, mereka bisa bersantap di gazebo bambu sambil menikmati panorama danau, memancing, dan menaiki perahu bebek. Tanpa ada jogging track, tanpa ada pembatas.

Situ Cipondoh menawarkan pemandangan danau dengan siluet permukiman warga dan gedung-gedung bertingkat. 

Secara garis besar, Situ Cipondoh terdiri dari beberapa area yakni area conblock, jembatan sekaligus jogging track bercat biru-kuning, dan area wisata kuliner. 

Area wisata kuliner inilah yang kerap dijuluki mirip Sydney Opera House di Australia berkat bentuknya yang bergelombang dan warnanya yang putih.

  • 7 Tempat Wisata yang Dilewati Bus Tayo Tangerang, Ada Situ Cipondoh
  • Cara ke Situ Cipondoh Naik Bus Tayo Tangerang dan Tarifnya

Sayangnya, sejak pembukaan hingga saat ini, pengunjung belum bisa memasuki area tersebut karena masih dipagari seng.

Kompas.com pernah melihat bagian dalam area wisata kuliner ini pada Senin (16/1/2023). Isinya beberapa meja yang kemungkinan diperuntukkan bagi tenant-tenant nantinya.

Suasana Situ Cipondoh bisa dinikmati dalam dua waktu berbeda yakni pada sore dan pagi hari.

Pada sore hari, baik ketika hari kerja maupun akhir pekan, umumnya Situ Cipondoh akan ramai pengunjung. 

Area conblock yang biasanya kosong, akan diisi oleh penjual makanan dan minuman. Mereka menggelar tikar agar pembeli bisa berlesehan sambil menikmati suasana.

Selain berwisata kuliner murah meriah seharga mulai Rp 5.000, pengunjung pada sore hari bisa menaiki perahu bermesin dan menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) sekitar pukul 17.00-an WIB. 

Jika mencari ketenangan, berkunjunglah saat pagi hari pada hari biasa. Meski ada pengunjung yang berolahraga dan berfoto-foto, namun tidak seramai ketika sore hari. 

Pada waktu ini, pengunjung masih bisa menikmati embusan angin dan kicauan burung dari pepohonan.

Namun, penjual makanan dan minuman tidak sebanyak sore hari. Mereka juga baru menjajakan dagangannya sekitar pukul 08.00 WIB ke atas.

Wajah baru Situ Cipondoh membuat pengunjung berdecak kagum, salah satunya Fauzi yang merupakan warga asli Cipondoh.

Ia berpendapat, tempat wisata ini terlihat lebih indah dibandingkan dengan sebelum penataan.

"Menurut saya enak diginiin (dibangun jembatan), buat nongkrong sehabis pulang kerja," kata Fauzi kepada Kompas.com, Senin (16/1/2023) pagi.

  • Cara ke Situ Cipondoh di Tangerang Naik Kendaraan Pribadi
  • 5 Tempat Wisata Dekat Situ Cipondoh, Ada Taman Gratis dan Museum

Meski desainnya simpel, lanjut Fauzi, namun Situ Cipondoh akan terlihat bagus saat malam hari berkat lampu-lampu yang ada. 

Kendati demikian, menurut pengunjung lainnya bernama Yanti, kebersihan Situ Cipondoh masih harus dijaga. 

"Kalau dari saya dari sisi kebersihannya ya, kebersihannya harus dijaga," tuturnya, Senin (16/1/2023).

Saat berkunjung ke tempat ini pada Senin (16/1/2023) dan Jumat (27/1/2023), Kompas.com melihat sampah sisa makanan berserakan di bawah lampu di jembatan dan di bawah tempat duduk. 

Pada waktu itu, kantong sampah baru bisa ditemukan di area conblock dekat lahan parkir.

Akan tetapi, menurut pengamatan Kompas.com pada Kamis (2/2/2023), kantong-kantong sampah sudah bisa dijumpai baik di area conblock maupun di beberapa sudut jembatan.

Pengunjung bisa membawa kantong sampah sendiri atau berjalan sedikit guna membuang sampah sisa makanan mereka agar tidak mengotori tempat wisata ini.

Dari sisi fasilitas, berdasarkan pantauan Kompas.com sejak pembukaan hingga Kamis (2/2/2023), ada lebih dari satu lampu taman yang patah atau rusak. 

Meski lampu tersebut kemudian diperbaiki, namun fasilitas yang ada tetaplah wajib dijaga agar tidak mengurangi keindahan wajah baru Situ Cipondoh.

Sebagai informasi, Situ Cipondoh beralamat di Jalan KH. Hasyim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Tidak ada tiket masuk ke tempat wisata ini alias bisa dikunjungi gratis, tapi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa membayar parkir mulai Rp 3.000 untuk motor dan mulai Rp 5.000 untuk mobil.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/04/223600827/situ-cipondoh-sydney-opera-house-nya-tangerang-yang-harus-dijaga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke