Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Car Free Night di Klaten Digelar Sebulan Sekali Mulai 11 Februari 2023

KOMPAS.com - Gelaran Car Free Night (CFN) di Jalan Pemuda, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, akan digelar secara rutin sebulan sekali, mulai Sabtu (11/2/2023). 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mengurangi polusi udara, sekaligus pemberdayaan produk-produk ekonomi kreatif masyarakat Kabupaten Klaten kepada pengunjung. 

"Tujuannya mengurangi polusi udara di malam hari dan pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas Dishub Klaten Nunung Wahyu Dwiningsih kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2023). 

  • Munggur Park Klaten, Pasar Malam Modern dengan Beragam Wahana
  • 5 Aktivitas di Munggur Park Klaten, Lihat Sunset hingga Uji Nyali

Ia menambahkan, lokasi Klaten Car Free Night akan dilangsungkan di Jalan Pemuda, tepatnya dari Simpang Lima Matahari sampai dengan Simpang Empat Toko HP Wijaya Kusuma.

"Dilaksanakan sebulan sekali setiap malam minggu kedua," sambungnya. 

Nunung menjelaskan, Klaten CFN akan berlangsung pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Adapun penutupan jalan dan sterilisasi parkir sudah dimulai sejak pukul 18.00 WIB. 

Selama gelaran Car Free Night, Jalan Pemuda harus steril dari kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. 

Rencana pembukaan Klaten Car Free Night

Nunung menjelaskan, gelaran rutin Klaten Car Free Night akan dibuka dan diresmikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani pada Sabtu (11/2/2023). 

"Rencananya dibuka dan diresmikan Ibu Bupati pada Sabtu 11 Februari 2023," ujar Nunung. 

Nantinya, kata Nunung, direncanakan ada panggung hiburan di depan RSPD atau Gedung Sunan Pandanaran yang menghadap ke timur. 

Oleh karena itu, tamu undangan akan diletakkan di sebelah kiri panggung, tepatnya di sepanjang jalur lambat. 

Adapun untuk pedagang kaki lima (PKL), Nunung menjelaskan, terbagi menjadi dua area. Untuk PKL lama, akan berada di trotoar sepanjang Jalan Pemuda.

"Lalu jalur lambat kanan dan kiri sepanjang Jalan Pemuda untuk PKL baru, khusus Car Free Night," pungkasnya. 

Sebagai informasi, CFN merupakan salah satu kegiatan yang baru pertama kali akan diadakan rutin. Sebelumnya, CFN diadakan hanya pada momen tertentu, seperti perayaan tahun baru.

Menurut Bupati Klaten Sri Mulyani, wacana berlanjutnya pelaksanaan CFN di Jalan Pemuda itu juga tak terlepas dari telah rampungnya renovasi Alun-alun Klaten, seperti dikutip Tribun Jogja (5/2/2023). 

Kendati Car Free Night digelar secara rutin, Mulyani menegaskan bahwa Alun-alun Klaten harus tetap steril dari PKL.

"Soalnya itu masuk sebagai zona merah untuk PKL. Nanti hanya diperbolehkan berjualan di jalur lambat Jalan Pemuda saja," ujarnya, dilansir dari Tribun Jogja (5/2/2023). 

https://travel.kompas.com/read/2023/02/10/200800727/car-free-night-di-klaten-digelar-sebulan-sekali-mulai-11-februari-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke