Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemkot Yogyakarta Gelar Sport Tourism dengan Suasana Premium Belanda di Kotabaru

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kota Yogyakarta tak memiliki objek wisata dengan pemandangan alam seperti pantai di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul, atau Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berinovasi dengan mengembangkan potensi wisata dengan tema sport tourism.

Pada Sabtu (11/2/2023) Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengenalkan rute lari di daerah Kotabaru Kota Yogyakarta.

Event bertajuk Tour de Kotabaru 2023 ini dapat menyedot sebanyak 300 peserta night fun run dengan rute sepanjang 7 kilometer (km) mengelilingi Kawasan Kotabaru, Kota Yogyakarta.

Sekretaris Dinas Pariwista Kota Yogyakarta Muhammad Zandaru menjelaskan, kawasan Kotabaru memiiki potensi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat.

Kotabaru, dulunya kawasan premium Belanda

Menurut dia, kawasan Kotabaru pada zaman dahulu merupakan wilayah premium orang Belanda.

"Kawasan ini dilengkapi berbagai macam fasilitas, mulai dari sekolah, tempat olahraga, rumah sakit, tempat peribadatan, hingga stasiun Lempuyangan," kata dia melalui keterangan tertulis , Minggu (12/2/2023).

Ia menambahkan Dinas Pariwisata Yogyakarta telah memetakan potensi wisata yang ada  di Kotabaru menjadi lima bagian yakni wisata kuliner, belanja, estetik, sejarah, dan budaya.

Menurutnya keragaman potensi Kotabaru tersebut tak lepas dari warisan sejarah yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Ia menyebutkan bahwa dalam gelaran event ini, ratusan peserta dari berbagai daerah datang untuk memeriahkan event Tour de Kotabaru.

"Acara utamanya yakni night fun run yang diikuti oleh 300 peserta dari berbagai daerah, seperti dari Klaten, Magelang, Wonosobo, Kendal, dan Jakarta," jelasnya.

Dalam night fun run itu, para peserta berlari menempuh jarak 7 km mengitari Kota Yogyakarta dengan lokasi start dan finish di Kotabaru.

Ada pula berbagai stan UMKM, termasuk beberapa kampung wisata di Kota Yogyakarta yang menawarkan kekhasannya masing-masing.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogykarta Kadri Renggono mengatakan, kawasan Kotabaru yang berada di jantung Kota Yogyakarta tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang di masa lampau.

Kadri berharap dengan adanya acara tersebut dapat menjadi motor penggerak pemberdayaan masyarakat dalam sektor pariwisata, khususnya di kawasan Kotabaru.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/12/180600827/pemkot-yogyakarta-gelar-sport-tourism-dengan-suasana-premium-belanda-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke