Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Dapat Tiket Kereta Api Go Show: Pesan Lewat KAI Access

KOMPAS.com- Calon pelaku perjalanan bisa dapat tiket kereta api secara mendadak atau dalam beberapa jam sebelum keberangkatan. Caranya dengan beli tiket Go Show.

"Tiket Go Show ini berlaku untuk tujuan tertentu saja, yaitu untuk KA (kereta api) relasi jarak pendek dengan menggunakan kereta api jarak jauh," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Supriyanto, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (13/2/2023).

  • Beli Tiket Kereta 2 Jam Sebelum Keberangkatan Bisa Lebih Murah?
  • Bisakah Naik Kereta Api Tanpa KTP?

Untuk diketahui, Go Show adalah penjualan tiket kereta api langsung dengan batas waktu maksimal pemesanan dua jam sebelum jadwal keberangkatan.

Ada dua cara beli tiket kereta api Go Show yang bisa dilakukan oleh calon penumpang. 

Pertama, langsung datang ke loket kereta api. Kedua, pesan tiket Go Show melalui aplikasi KAI Access.

Supriyanto mengatakan, tidak ada syarat khusus berupa berkas yang harus disiapkan oleh calon penumpang jika ingin membeli tiket Go Show.

Seluruh persyaratan berupa kelengkapan identitas diri calon penumpang sama dengan pembelian tiket KAI biasa.

"Kami sarankan untuk (tiket) Go Show ini jangan beli di stasiun, lebih disarankan (memesan tiket) melalui aplikasi KAI Access," terangnya.

  • Cara Beli Tiket Kereta Bandara YIA Lewat Online dan Offline
  • Cara Bayar Tiket Kereta Api Pakai KAIPay di Aplikasi KAI Access

Supriyanto melanjutkan, hadirnya tiket Go Show pada awalnya ditujukan untuk mengisi kursi penumpang yang masih kosong sehingga ketersediaannya pun bisa terbatas.

"Kemungkinan cepat penuh. Oleh karena itu, untuk keberangkatan dari Stasiun Madiun, Yogyakarta, maupun Surabaya pastikan sudah punya tiket," terangnya.

Meskipun durasi pemesanan tiket KAI Go Show termasuk singkat, Supriyanto mengatakan bahwa tidak ada gangguan di sistem KAI Access akibat banyaknya permintaan.

"Tidak overload, malah kebanyakan tidak kebagian tiket. Terutama yang dari Jogja ke Madiun, itu rata-rata beberapa KA sudah langsung diserbu oleh masyarakat," katanya. 

Rute yang dilayani tiket kereta api Go Show

Khusus dari Daop 7 Madiun, rute kereta api yang dilayani dengan tiket Go Show meliputi dari Stasiun Madiun tujuan Solo, Yogyakarta, Purwosari, Lempuyangan, Surabaya, dan Kediri.

Adanya tiket Go Show di beberapa Daop KAI ini, kata dia, mulanya diinisiasi oleh KAI Daop 7 Madiun. Setelahnya, inisiasi tersebut diteruskan ke PT KAI pusat.

Untuk informasi terbaru perihal harga tiket KAI Go Show dapat diakses melalui aplikasi KAI Access.

"Penyesuaian harga tiket sudah dilakukan per Desember 2022 kemarin. Melihat antusias masyarakat untuk bepergan naik KA cukup tinggi, maka tiket kereta beberapa perjalanan KA juga bertahap kita sesuaikan," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/13/171156827/tips-dapat-tiket-kereta-api-go-show-pesan-lewat-kai-access

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke