Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Akan Kirim 2 Wakil ke Jejaring Kota Kreatif UNESCO

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menetapkan dua kota/kabupaten sebagai nominasi kota kreatif dari Indonesia untuk mengikuti Jejaring Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative City Network (UCCN) 2023.

Dua kabupaten/kota tersebut akan diambil dari dua bidang yang berbeda dari total tujuh bidang kreativitas yang ada.

"Akan ditetapkan dua kota dari dua bidang yang berbeda sebagai nominasi kota kreatif dari Indonesia yang akan diajukan ke UNESCO untuk menjadi anggota UCCN”.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Fransiskus Xaverius Teguh dalam acara FGD Pendampingan Usulan Nominasi Kota Kreatif UNESCO 2023 di Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Adapun pada periode pengusulan nominasi UCCN tahun 2023, Kemenparekraf sebagai focal point program UNESCO telah menerima usulan dari lima kota untuk dipilih sebagai kota yang akan diusulkan tahun ini.

Kelimanya yaitu:

Agar dapat lolos seleksi hingga tahap akhir nanti, kelima kabupaten/kota mendapatkan pendampingan dari Kemenparekraf.

"Kemenparekraf akan memberikan pendampingan kepada kelima kabupaten/kota dalam mempersiapkan naskah pengusulan ke UNESCO," ujar Fransiskus.

  • Bantul Menuju Kota Kreatif Dunia UNESCO
  • Phetchaburi di Thailand Jadi Kota Kreatif Gastronomi UNESCO

Ia menjelaskan, setelah diberi pendampingan, pada Mei 2023, akan ditetapkan dua kota terpilih dari lima kabupaten/kota yang diseleksi oleh Panitia Seleksi Nasional Pengusulan Nominasi Anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO Tahun 2023.

"Dari tim kami finalisasi bulan Mei untuk mengajukan dua kota. Lalu finalisasi ke UCCN sekitar bulan Juni/Juli tahun ini juga,” jelas Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Itje Chodidjah.

Diperkirakan, pada Oktober atau November akan dilakukan pengumuman penetapan UCCN.

“Selanjutnya, akan dilakukan penilaian oleh UNESCO hingga akhirnya pengumuman penetapan UCCN pada November 2023," imbuhnya. 

Sebagai informasi, Jejaring Kota Kreatif UNESCO atau UCNN merupakan program yang diluncurkan di bawah mandat UNESCO pada 2004, untuk membangun budaya perdamaian dan pembangunan berkelanjutan.

Dengan menciptakan jejaring ini, UNESCO mempromosikan pentingnya industri budaya dan kreatif untuk pembangunan kota yang berkelanjutan.

“Tujuan dari program UCCN adalah untuk mempromosikan dan memperkuat kerjasama internasional antara kota-kota di dunia,” tutur Itje.

  • Ikut Seleksi Kota Kreatif Gastronomi UNESCO, Salatiga Perlu Tingkatkan Komunikasi Digital
  • Bermodal Sejarah Kuliner dan Akulturasi, Salatiga Menuju Kota Kreatif Gastronomi UNESCO

Selain itu, kata dia, UCCN juga menjadikan kreativitas sebagai faktor strategis dalam upaya menuju pembangunan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan kota yang berkelanjutan.

Sampai saat ini, UNESCO telah menjalin lebih dari 295 kota dari 90 negara di dunia yang meliputi tujuh bidang kreativitas.

Ketujuhnya yaitu bidang Kerajinan dan Seni Rakyat, Desain, Film, Gastronomi, Literatur, Seni Media, dan Musik.

Sejauh ini, Indonesia sendiri telah memiliki empat kota yang terdaftar dalam UCCN.

Ada Kota Pekalongan (2014), Kota Bandung (2015), Kota Ambon (2019), dan Kota Jakarta (2021).

https://travel.kompas.com/read/2023/02/14/170400027/indonesia-akan-kirim-2-wakil-ke-jejaring-kota-kreatif-unesco

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke