Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aktivitas di Lapangan Sempur Bogor, Panjat Tebing dan Main Basket

KOMPAS.com - Lapangan Sempur di Kota Bogor, Jawa Barat, sudah sering dimanfaatkan sebagai area olahraga oleh masyarakat. Lapangan ini sempat ditutup dua tahun akibat pandemi, namun telah dibuka kembali sejak Maret 2023.

Lapangan Sempur terletak di sekitar Kebun Raya Bogor, tepatnya di sisi bagian utara setelah Jalan Si Jalak Harupat.

  • Asyiknya Olahraga Sambil Nongkrong di Lapangan Sempur Bogor
  • Sensasi Makan Dimsum di Balik Kulkas, Hidden Gem Unik Kota Bogor

"Di sini sudah disediakan pemerintah Kota Bogor, ada tempat main skate, panjat tebing, lain-lain bisa dipakai siapa saja bebas,” ujar pengelola Bogor Skate School, Andri Tawaqil Jabar, kepada Kompas.com, Sabtu (4/2/2023).

Jika ingin berkunjung ke Lapangan Sempur dan penasaran apa saja yang bisa dilakukan di tempat itu, berikut Kompas.com rangkum informasinya. 

Aktivitas utama yang jamak dilakukan masyarakat di Lapangan Sempur, terutama pagi hari, adalah berlari atau joging. Lintasan jogging track di Lapngan Sempur cukup luas dan nyaman untuk dipakai berlari. 

Saat Kompas.com berkunjung sekitar pukul 10.30 WIB, lintasan ini tampak ramai digunakan oleh pengunjung berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. 

Selain berlari, area di dalam lintasan juga digunakan untuk bermain sepak bola, sedangkan area di luarnya banyak dipakai untuk senam hingga latihan pengibaran bendera. 

Satu deret dengan lapangan basket, terdapat area untuk panjat tebing yang cukup luas di bagian belakang Lapangan Sempur. 

Dinding panjat tebingnya memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Perlengkapan memanjat, seperti tali dan harness, juga tampak tersedia di area tersebut. 

Pengunjung bisa menjajal panjat tebing, dengan izin dan menanyakan perihal syarat ketentuannya kepada pengelola yang berjaga.

Di bagian belakang Lapangan Sempur terdapat lapangan untuk bermain basket yang cukup luas. 

Kamu dan teman-teman bisa menggunakan lapangan basket ini secara gratis.

Apalagi, tempatnya sudah diberi pembatas dinding berjaring sehingga aman untuk dipakai bermain basket. 

Persis di sebelah area kiri panjat tebing, terdapat tempat atau lintasan yang cukup besar untuk bermain skateboard (papan seluncur).

Tempat ini bisa digunakan untuk umum, seperti dikatakan Jabar, meski sebenarnya olahraga skateboard dikatakan cukup ekstrem dan sebaiknya dilakukan bagi yang sudah menguasainya. 

Adapun di tempat ini terdapat komunitas Bogor Skate School yang sehari-hari berada area tersebut.

Menurut Jabar, pengunjung yang tertarik dan ingin mencoba bermain skateboard di lintasan, bisa menanyakan informasi soal biaya dan kursus skateboard.

Bagi yang mencari alternatif kegiatan lain, terutama anak-anak, bisa melukis di sebelah area skateboard. Sayangnya, pemilik usaha bernama Yoga mengatakan ia hanya membawa lukisan saat akhir pekan.  

Selain murah, kanvas dan peralatan melukisnya pun sudah tersedia. Biayanya mulai Rp 10.000 untuk satu lukisan. 

"Bayar Rp 10.000 per gambar, alat sama kanvasnya dari saya, pakai cat air biasa. Hasilnya bisa dibawa pulang, tapi cat sama kuasnya enggak. Tapi kalau mau dibeli bisa juga jadi Rp 15.000," tutur Yoga. 

Menurut dia, aktivitas melukis ini biasanya ramai didatangi anak-anak terutama pada hari Minggu, sekitar pukul 08.00 - 10.00 WIB.

Lapangan Sempur dilengkapi sejumlah tanaman yang asri dan pepohonan di sekitar sehingga suasananya sejuk. 

Jika lelah berolahraga atau hanya ingin bersantai, kamu bisa duduk-duduk di pinggir taman yang dilengkapi kursi-kursi.

Area ini sangat nyaman dijadikan lokasi ngobrol atau nongkrong bersama keluarga, sahabat, ataupun pasanganmu. Pengunjung juga bisa membuat konten karena tempatnya cukup estetis.

Awalnya, gerai jajanan ada di pinggir Lapangan Sempur. Namun, saat ini Lapangan Sempur memiliki area kuliner atau food court yang terintegrasi di belakang lapangan basket.

Beberapa makanan dan minuman yang bisa ditemukan mulai dari bakso, mi ayam, soto mi, kopi, teh, hingga minuman rasa lainnya.

Seorang penjual di area food court mengatakan, harga minuman mulai Rp 5.000 - Rp 7.000, sedangkan makanannya mulai Rp 15.000 - Rp 20.000-an. 

  • 20 Wisata Tahun Baru di Bogor yang Cocok untuk Keluarga 
  • Kebun Raya Bogor Buka Lagi Taman Tumbuhan Pemakan Serangga

https://travel.kompas.com/read/2023/02/16/193600927/7-aktivitas-di-lapangan-sempur-bogor-panjat-tebing-dan-main-basket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke