Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Boleh Check In Hotel Pukul 07.00? Siapkan Biaya Tambahan

KOMPAS.com - Waktu check in hotel pada umumnya adalah pukul 14.00 waktu setempat. Namun, tidak sedikit tamu hotel yang membutuhkan check in hotel lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan atau early check in.

Biasanya, kondisi tersebut dialami oleh tamu dari luar kota yang sampai di hotel sebelum pukul 14.00 waktu setempat.

Lantas, apakah boleh tamu melakukan early check in? Misalnya, apakah boleh check in hotel pukul 07.00?

Berikut jawabannya seperti dihimpun Kompas.com dari sejumlah manajemen hotel.

Apakah boleh check in hotel pukul 07.00? 

Tamu hotel diperbolehkan melakukan early check in termasuk check in pukul 07.00 waktu setempat, berdasarkan informasi dari beberapa manajemen hotel yang dihimpun Kompas.com. 

Marketing Communication Manager Artotel Thamrin Jakarta Pusat, Nova Myheart mengatakan, tamu yang hendak melakukan early check in wajib melakukan konfirmasi kepada pihak hotel.

Konfirmasi early check in hendaknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum jadwal menginap. Sebab, layanan early check in hanya bisa diberikan jika kamar tersedia.

“Harus menyesuaikan juga dengan ketersediaan kamar,” ujar Nova kepada Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Senada, Executive Secretary and Public Relations Hotel Santika Bogor, Rina Dian Sakinah juga menuturkan bahwa tamu hotel bisa early check in pukul 07.00. Namun, tamu wajib konfirmasi kepada pihak resepsionis.

“Ketentuan di atas (early check in pukul 07.00) harus direservasikan pada pihak resepsionis, karena base on availability (berdasarkan ketersediaan) pada saat itu,” jelasnya kepada Kompas.com.

Siapkan biaya tambahan

Tamu yang melakukan early check in, harus mempersiapkan biaya tambahan. Sebab, pada umumnya pihak hotel mengenakan tambahan biaya untuk early check in.

Besaran biaya early check in berbeda-beda tiap hotel. Jadi, tamu harus melakukan konfirmasi kepada pihak hotel.

“Untuk yang (early check in) pukul 07.00 pagi itu dikenakan early check in charge sebesar 50 persen dari harga kamar,” ujar Nova.

Nova melanjutkan, early check in dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan 09.00. Jadi, apabila tamu melakukan early check in pada waktu tersebut akan dikenai biaya tambahan. 

Serupa, Rina menuturkan tamu di Hotel Santika Bogor juga dikenai biaya tambahan untuk early check in.

“Misal, tamu check in pukul 07.00 pada tanggal 2 Februari 2023, maka tamu akan dikenakan charge early check in di tanggal 2 Februari 2023 dan check out di tanggal 3 Februari 2023 pukul 12.00,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (27/1/2020), pada umumnya hotel mengenakan biaya early check in minimal 50 persen dari biaya menginap per malam.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/16/220800727/apakah-boleh-check-in-hotel-pukul-0700-siapkan-biaya-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke